Warga Gowa Temukan Tanaman Ganja di Alang-alang

Tanaman itu tergeletak di tanah dengan media karung

Makassar, IDN Times - Warga Jalan HM Yasin Limpo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, melaporkan penemuan tanaman mencurigakan diduga ganja, Selasa petang (8/2/2022).

Tanaman setinggi satu meter itu ditemukan seorang ibu rumah tangga berinisial IR. Wanita berusia 32 tahun itu mendapati tanaman teronggok di tanah di sekitar kawasan rumahnya.

"Temuan berawal saksi ingin mencari buah jambu di lokasi yang mana jarak rumah saksi dengan lokasi sekitar 50 meter," kata Kasat Narkoba Polres Gowa AKP Syaharuddin, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Pria di Gowa Palsukan Data Kematian demi Santunan Rp42 Juta dari BPJS

1. Temuan tanaman ganja dilaporkan ke anggota TNI

Warga Gowa Temukan Tanaman Ganja di Alang-alangEkspos temuan tanaman diduga pohon ganja di Polres Gowa. / Dok. Polres Gowa

Syaharuddin mengatakan, IR curiga karena melihat tanaman itu menjulang tinggi di sekitar alang-alang. Saat ditemukan, tanaman itu teronggok dengan media karung berisi tanah.

IR awalnya menginformasikan temuan itu kepada salah seorang keluarga, anggota TNI. Sebelum akhirnya penemuan itu dilaporkan ke polisi.

2. Tanaman dibawa ke Labfor untuk diteliti

Warga Gowa Temukan Tanaman Ganja di Alang-alangEkspos temuan tanaman diduga pohon ganja di Polres Gowa. / Dok. Polres Gowa

Tanaman yang dicurigai ganja itu sudah dibawa dan diserahkan kepada petugas Satuan Reserse Narkoba ke Polres Gowa, Selasa malam. Petugas kepolisian juga langsung mendatangi lokasi penemuan tanaman itu.

"Kita menyisir untuk mencari barang bukti lainnya. Selanjutnya tanaman yang diduga pohon ganja akan dibawa ke Labfor Polda Sulsel untuk diteliti guna memastikan apakah tanaman tersebut berupa ganja atau tidak," ujar Syaharuddin.

3. Tanaman bukan ditemukan di sekitar kampus

Warga Gowa Temukan Tanaman Ganja di Alang-alangIlustrasi daun ganja (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Gowa AKP M Tambunan mengoreksi informasi yang beredar bahwa tanaman ganja ditemukan di sekitar kawasan kampus negeri di Gowa. Dia menyatakan tanaman itu ditemukan di lahan warga berjarak dua kilometer dari kampus tersebut.

"Tanaman ini ditemukan saksi di atas lahan dan dalam kondisi tidak tertanam, lalu pada bagian bawah tanaman dibungkus dengan karung," ucap Tambunan.

Baca Juga: Polisi Tangkap Geng Motor di Gowa yang Tebar Ancaman

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya