Aliansi Mahasiswa UIN Makassar Unjuk Rasa Menolak UU Omnibus Law

Demonstran protes pengesahan UU Omnibus Law

Makassar, IDN Times - Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Selasa (6/10/2020), menggelar aksi unjuk rasa menolak pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi Undang-Undang.

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa UIN Alauddin Makassar (Al Maun) menyampaikan aspirasi di Jalan Sultan Alauddin, tepatnya di depan Kampus 1 UIN Alauddin Makassar. 

1. Demonstran menuntut DPR dan Pemerintah membatalkan UU Omnibus Law Ciptaker

Aliansi Mahasiswa UIN Makassar Unjuk Rasa Menolak UU Omnibus LawAksi unjuk rasa mahasiswa UIN Alauddin Makassar menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja, Selasa (6/10/2020). Dok. IDN Times/Istimewa

Mahasiswa menahan 6 truk yang melintas di Jalan Sultan Alauddin Makassar. Dari atas truk, mereka menyuarakan penolakan terhadap pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja. 

Dalam orasinya, Takbir, perwakilan mahasiswa meneriakkan kegeraman pada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Pemerintah RI. Dia mengatakan DPR telah melakukan pengkhianatan terhadap rakyat Indonesia. 

"Hari ini menjadi wakil rakyat, nyatanya mengesahkan UU hanya menyengsarakan masyarakat. Ini sudah jelas tidak sesuai dengan apa yang menjadi dasar negara, kawan-kawan sekalian," pekik Takbir.

Baca Juga: Mahasiswa Serukan Mosi Tidak Percaya atas Pengesahan RUU Omnibus Law

2. Demo Omnibus Law diikuti sekitar 200 mahasiswa UIN Alauddin

Aliansi Mahasiswa UIN Makassar Unjuk Rasa Menolak UU Omnibus LawAksi unjuk rasa mahasiswa UIN Alauddin Makassar menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja, Selasa (6/10/2020). Dok. IDN Times/Istimewa

Kurang lebih 200 mahasiswa UIN Alauddin ambil bagian dalam aksi unjuk rasa hari ini. Mereka yang tergabung dalam Al Maun mulai berunjuk rasa sekitar pukul 13.00 WITA, siang tadi. 

Seluruh mahasiswa berkumpul di Kampus 2 UIN Alauddin di Kabupaten Gowa sebelum melakukan aksi unjuk rasa di depan Kampus 1 di Jalan Alauddin Makassar

3. Aksi ini akan terus berlanjut

Aliansi Mahasiswa UIN Makassar Unjuk Rasa Menolak UU Omnibus LawAksi unjuk rasa kelompok mahasiswa di Makassar, Sulawesi Selatan, menolak pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja, Selasa (6/10/2020). IDN Times/Indra Abriyanto/bt

Hasrul, salah satu peserta aksi dari kelompok Al Maun mengatakan, demonstrasi yang dia lakukan bersama rekan-rekannya didasari oleh keprihatinan terhadap pengesahan UU Omnibus Law yang akan merugikan kaum buruh.

"Aksi ini akan berlanjut sampai malam hari," kata Hasrul kepada IDN Times di Makassar.

Baca Juga: Menyoal Larangan Demo Omnibus Law, YLBHI Minta Polisi Netral

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya