Speedboat Cawabup Banggai Laut Tenggelam, 4 Korban Belum Ditemukan

Hari kedua Tim SAR gabungan menyisir sekitar TKP

Palu, IDN Times – Upaya lanjutan pencarian korban hilang dalam kecelakaan perahu cepat atau speedboat yang ditumpangi rombongan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, masih terus dilakukan.

Paslon nomor urut 2, Rusli Banun – Asgar B. Badalia dan tim kampanye mengalami kecelakaan saat speedboat yang ditumpangi terbalik setelah dihantam ombak, Senin, 2 November kemarin. Dalam persitiwa nahas itu, Asgar ditemukan meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Kota Palu, Andreas Johanes mengatakan pencarian lanjutan pada hari
kedua, Selasa (3/11/2020), mulai dilakukan sejak pulul 04.30 WITA dini hari.

“Tim (SAR Gabungan) tadi memutuskan untuk mengakhiri operasi pencarian pada pukul 17.30 WITA,” kata Andreas kepada IDN Times, Selasa (3/11/2020).

1. Melibatkan banyak pihak, personel dibagi jadi dua tim pencari

Speedboat Cawabup Banggai Laut Tenggelam, 4 Korban Belum DitemukanOperasi pencarian korban yang hilang setelah speedboat rombongan Paslon Pilkada Banggai Laut tenggelem. Dok IDN Times/Basarnas Kota Palu

Dalam pencarian itu, Andreas menjelaskan, tim SAR gabungan dibagi dua antara KN SAR Bisma dan speedboat milik BPBD Banggai Laut.

Adapun unsur yang terlibat dalam operasi tersebut antara lain Pos SAR Luwuk, ABK KN Bisma, BPBD Banggai Laut, Polres Banggai Laut, TNI AL, Polairud, KP3, Syabandar Banggai Laut, Koramil Banggai Laut, Potensi SAR, serta keluarga korban dan masyarakat setempat.

“Untuk kapal Bisma kembali ke Banggai Laut, sementara pihak BPBD Balut dan lainnya berjaga di pulau Sonit,” ucap Andreas.

2. Bukan 10, penumpang speedboat sebanyak 11 orang

Speedboat Cawabup Banggai Laut Tenggelam, 4 Korban Belum DitemukanOperasi pencarian korban yang hilang setelah speedboat rombongan Paslon Pilkada Banggai Laut tenggelem. Dok IDN Times/Basarnas Kota Palu

Andreas menambahkan, berdasar data terbaru yang diperoleh pihaknya, ada sebanyak 11 orang yang ikut dalam rombongan kampanye paslon Pilkada Banggai Laut nomor urut 2 tersebut. Dengan begitu, kata Andreas, korban hilang pun bertambah menjadi empat orang. Satu korban tambahan bernama Robert (38).

“Yang bersangkutan merupakan anggota atau tim sukses Cabup Rusli Banun dan almarhum Asgar Badalia,” ungkap pria asal NTT ini.

Baca Juga: Perahu yang Ditumpangi Terbalik, Cawabup Banggai Laut Tewas Tenggelam

3. Identitas korban speedboat rombongan Paslon Pilkada Banggai Laut

Speedboat Cawabup Banggai Laut Tenggelam, 4 Korban Belum DitemukanSalah satu korban tewas dievakuasi ke salah satu masjid di sekitar lokasi kejadianIDN Times/Istimewa

Identitas seluruh korban speedboat tenggelam masing-masing, Rusly Banun (Cabup Balut), Syamsu Lambelu, Lambri, dan Haji Basri yang ditemukan selamat. Sementara korban meninggal dunia yaitu Asgar Badalia (Cawabup Balut), Ahmad Yusuf, dan Nursan.

Sedangkan empat orang yang dipastikan hilang adalah Asis Pataboga, Ilham, dan Taqwa merupakan anggota kepolisian, dan Robert Lakis anggota tim kampanye.

Andreas lebih jauh menjelaskan, kondisi angin kencang dengan awan tebal menghalangi jarak pandang yang hanya berkisar 200-300 meter. Operasi pencarian pun akan kembali dilakukan besok dengan mengubah titik pencarian ke arah Kepulauan Banggai Laut dan arus laut versi BMKG dari Tenggara Ke Barat Laut. Sebelumnya, titik pencarian hanya dilakukan di sekitar pesisir pantai Pulau Sonit.

“Waktunya kami belum tentukan pukul berapa. Hanya saja menyesuaikan situasi kondisi khususnya cuaca,” pungkas Andreas.

Baca Juga: Kapal Dihantam Ombak, Cawabup Banggai Laut dan 2 Orang Tewas Tenggelam

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya