Keluarga Tak Terima DPO MIT Poso Dimakamkan di Palu

Keluarga inginkan mayat Bojes dimakamkan di desanya

Palu, IDN Times - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah memakamkan jasad dua orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, Kamis dini hari (19/11/2020).

Jasad Wahid alias Aan alias Bojes dan Aziz Arifin dikebumikan di taman pemakaman massal Kelurahan Poboya, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Tapi pihak keluarga Bojes berencana membongkar makam dan memindahkan jasad pria itu ke kampung halamannya di Desa Bolano Barat, Kecamatan Bolano, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng.

"Apapun yang terjadi pihak keluarga tetap menginginkan mayatnya dikuburkan di kampung," kata Mahyun, paman dari almarhum Bojes, Kamis.

Baca Juga: Dua Jenazah DPO MIT Disemayamkan Di RS Bhayangkara Palu

1. Keluarga menampik mayat Bojes ditolak warga desa

Keluarga Tak Terima DPO MIT Poso Dimakamkan di PaluIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Mahyun menuturkan, pihak kepolisian sebelumnya menyampaikan bahwa jasad Bojes dimakamkan di Kota Palu karena masyarakat desa Bolano menolak. Mahyun menampik soal itu sebab setelah keluarga mengonfirmasi, tidak ada penolakan dari warga setempat.

"Bahkan dari kepala desa kami memberikan surat persetujuan untuk dimakamkan di desa Bolano," kata Mahyun.

2. Keluarga getol menolak pemakaman Bojes di Palu

Keluarga Tak Terima DPO MIT Poso Dimakamkan di PaluMakam dua anggota MIT, Bojes dan Aziz di TPM Poboya, Kecamatan Mantikulore, Kota PaluIDN Times/M. Faiz Syafar

Pihak keluarga tidak menginginkan mayat almarhum Bojes dikubur di kota Palu. Meski sudah dimakamkan, keluarga ngotot akan menggali makam Bojes.

"Ada keluarga dari desa Bolano dan desa Ongka akan datang untuk mengali kuburnya dan membawa jazadnya," kata Mahyun.

Sementara ibunda alm Bojes, Yuni, berkeinginan mayat anaknya tetap dibawa ke kampung halamannya, di Desa Bolano Barat. Yuni jugamembantah informasi penolakan liang lahat almarhum Bojes dari warga satu desanya.

"Jadi kita akan tetap membawa jenazah Bojes, karena sebelumnya polisi sudah berjanji akan mengembalikan jenazah kepada kami," ujar Yuni.

3. Polisi membantah pengambilan jenazah oleh keluarga

Keluarga Tak Terima DPO MIT Poso Dimakamkan di PaluPolisi berjaga di areal TPM PoboyaIDN Times/M. Faiz Syafar

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto membenarkan jenazah dua DPO MIT Poso dimakamkan pada Kamis sekitar pukul 2.00 dini hari.

Didik membantah bahwa pihak keluarga akan mengambil mayat atau membongkar salah satu makam. Dia menyebut bahwa saat pemakaman, orang tua Bojes turut hadir.

"Tidak ada info itu, sudah saya kroscek tadi ke Poso, ke Kasatgas, belum ada informasi demikian" katanya.

Baca Juga: Polisi Tembak Mati DPO Teroris MIT di Poso

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya