Banjir Bandang Kembali Melanda Sigi, Batangan Kayu Berserakan

Diperkirakan air disertai material lumpur merendam tiga desa

Sigi, IDN Times - Bencana banjir bandang menerjang wilayah Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Minggu (29/8/2021) sekitar pukul 19.30 WITA. Terjangan air disertai batang kayu dan lumpur merusak sejumlah rumah warga.

Kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes mengatakan, saat ini timnya sudah berangkat ke lokasi banjir untuk mengevakuasi warga. Belum diketahui pasti jumlah desa yang direndam banjir, namun telah dilaporkan Desa Rogo terdampak paling parah.

“Laporan kami terima awal dari kepala dusun di Desa Rogo sekitar pukul 21.00 Wita dan kami langsung persiapan ke TKP dan langsung berangkat,” jelasnya, Minggu (29/8/2021).

1. Banjir bandang kesekian kalinya di Sigi

Banjir Bandang Kembali Melanda Sigi, Batangan Kayu BerserakanLokasi banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah/IDN Times/Istimewa

Banjir terjadi karena sungai di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, meluap usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan setempat pada hari ini. Luapan air pun mengalir deras ke pemukiman penduduk.

“Tempat ini adalah lokasi yang pernah diterjang banjir bandang,” tutur Kepala Desa Rogo, Fuad Hudin kepada jurnalis, Minggu (29/8/2021).

Belum ditahu pasti jumlah KK yang terdampak banjir, namun puluhan warga sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman. “Yang luka-luka juga sudah dibawa untuk mendapat pertolongan,” katanya.

2. Ketinggian air diperkirakan capai sekitar 5 meter

Banjir Bandang Kembali Melanda Sigi, Batangan Kayu BerserakanBasarnas Palu menuju ke lokasi banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah/IDN Times/Istimewa

Fuad menambahkan, belum ada warga yang berani mengecek lokasi banjir bandang mengingat ketinggian air diperkirakan mencapai 5 meter.

Meskipun begitu, tidak ada korban jiwa dan belum dipastikan jumlah rumah yang mengalami rusak parah.

“Kita belum bisa menyeberang ke sana karena masih dalam keadaan darurat,” jelas Fuad.

Baca Juga: Alat Pendeteksi Likuefaksi akan Dipasang di Palu dan Sigi Sulteng 

3. Warga sebut banjir bandang kedua terbesar

Banjir Bandang Kembali Melanda Sigi, Batangan Kayu BerserakanWarga mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan di pemukiman warga di kawasan Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah/IDN Times/Istimewa

Desa Rogo sudah dua kali diterjang banjir bandang. Salah seorang warga setempat, Wangsa (24), mengatakan banjir bandang seperti ini sudah dua kali terjadi di desanya. Sebelumnya bencana serupa terjadi pada September 2020.

Saat ini Kecamatan Dolo Selatan masih dilanda hujan dengan intensitas sedang.

“Air dari atas Desa Rogo, ada kaya kubangan yang meluap. Ini paling besar dari sebelumnya,” jelasnya.

Baca Juga: Sebagian Pengungsi Banjir di Sigi Sulteng Masih Enggan Pulang ke Rumah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya