Aksi Bela Palestina, Warga Palu Bakar Bendera Israel

Pengunjuk rasa membentangkan bendera Palestina raksasa

Palu, IDN Times – Sekelompok organisasi di Palu, Sulawesi Tengah, menggelar unjuk rasa membela Palestina dalam konfilk di Jalur Gaza yang melibatkan militer Israel. Aksi ditandai dengan pembakaran bendera Israel di depan kantor DPRD Sulteng, Jumat (21/5/2021).

Organisasi yang turut serta dalam aksi ini menamakan diri Aliansi Sulawesi Tengah Peduli Palestina. Mereka yang tergabung antara lain, Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi, Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII), Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Tengah, (BKPRMI) Sulawesi Tengah, dan HMI Cabang Palu.

Selain itu, turut hadir tokoh DPP HPA, Dedy Irawan, Sekjend DPP HPA, Taufiq Lasenggo dan Tokoh Alkhairaat, Habib Hasan Bin Idrus Alhabdyi.

1. Anak dan kaum perempuan ikut aksi bela Palestina

Aksi Bela Palestina, Warga Palu Bakar Bendera IsraelKaum perempuan di Kota Palu ikut pada aksi bela Palestina Jumat, (21/5/2021). IDN Times/Kristina Natalia

Dalam unjuk rasa tersebut, ratusan orang, termasuk kaum perempuan tampak membawa atribut berupa bendera Palestina sebagai bentuk solidaritas kepada para perempuan Palestina yang menjadi korban serangan militer Israel.

Di tengah unjuk rasa, salah seorang anak bernama Zainab membacakan puisi tentang kondisi anak dan kaum perempuan Palestina.

“Banyak anak-anak dan kaum perempuan yang menjadi korban. Kami ikut aksi bela Palestina hari ini sebagai dukungan keprihatinan kami untuk mereka,” ucap Zainab.

2. Pengunjuk rasa menggelar long march sembari membentangkan bendera Palestina

Aksi Bela Palestina, Warga Palu Bakar Bendera IsraelPengunjuk rasa di Palu, Sulawesi Tengah, menggelar long march sembari membentangkan bendera Palestina. IDN Times/Kristina Natalia

Pengunjuk rasa bela Palestina berjalan kaki dari Masjid Agung di Kecamatan Palu Barat menuju kantor DPRD Sulteng. Massa juga membentangkan bendera Palestina yang panjangnya sekitar 15 meter.

Di depan kantor DPRD Sulawesi Tengah, Tokoh Alkhairaat, Habib Hasan Bin Idrus Alhabdyi, mengatakan akan terus membela kaum muslim yang ada di Palestina. Kata dia, aksi kali ini juga sebagai bentuk kebersamaan umat muslim di Kota Palu dalam mengecam serangan militer Israel.

“Bila umat muslim tidak membela atau melakukan perlawanan maka Israel akan semena-mena,” kata Habib Hasan.

Baca Juga: FUIB Sulsel: Gencatan Senjata Bukti Kekalahan Israel

3. Massa mendatangi gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat

Aksi Bela Palestina, Warga Palu Bakar Bendera IsraelMassa aksi bela Palestina di Kota Palu, Sulawesi Tengah, saat hendak membakar bendera Israel, Jumat (21/5/2021), di depan kantor DPRD Sulawesi Tengah. IDN Times/Kristina Natalia

Tak hanya membakar bendera Israel, pengunjuk rasa juga mendatangi salah satu gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin di Kecamatan Palu Timur.

Unjuk rasa diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan rakyat Palestina. “Kita punya tanggung jawab bersama untuk Palestina dan kita mendoakan untuk kaum muslim yang ada di Palestina,” sebut Habib Hasan.

Baca Juga: FUIB Sulsel Siapkan Aksi Solidaritas Membela Rakyat Palestina

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya