Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Asal Sinjai Pakai Jubah ala Raja Arab

Tak hanya pria, beberapa jemaah wanita juga tampil beda

Makassar, IDN Times - Jemaah haji mulai kembali ke Tanah Air, termasuk Makassar. Salah satu rombongan yang menarik perhatian adalah jemaah haji kloter 3 Debarkasi Makassar, asal Kabupaten Sinjai.

Jemaah tampil beda ketika beberapa pria mengenakan jubah kebesaran ala Raja Arab. Tak heran, mereka nampak mencolok dari jemaah lainnya.

Baca Juga: Usai Puncak Haji, Total 13 Haji Asal Embarkasi Makassar Meninggal  

1. Jarang ada jemaah haji mengenakan jubah kebesaran ala Raja Arab

Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Asal Sinjai Pakai Jubah ala Raja ArabRaja Salman dan Presiden Joko Widodo (www.twitter.com/setkabgoid)

Dikutip dari Antara, PPIH Bagian Informasi Debarkasi Haji Makassar, Mawardy Siradj menuturkan jemaah haji menggunakan pakaian kebesaran haji Bugis Makassar sudah biasa. Namun, jemaah haji laki-laki berbusana menggunakan pakaian Arab atau gamis mirip pakaian Raja Salman masih jarang. 

"Selamat datang Pak Haji, Bu Haji. Semoga menjadi haji yang mabrur," ucapnya Mawardy, menyambut jemaah haji tersebut.

Rombongan haji asal Sinjai itu tiba di Tanah Air menggunakan pesawat Garuda Indonesia Air Lines dengan nomor penerbangan GA 1203 Boeing 747 4H6 pada pukul 02.27 Wita, Selasa dini hari (20/8).

2. Sejumlah jemaah haji perempuan pakaian kebesaran haji khas Bugis Makassar

Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Asal Sinjai Pakai Jubah ala Raja ArabJamaah Haji asal Kabupaten Sinjai (ANTARA Foto/HO/Humas)

Keunikan juga ditampilkan oleh beberapa jemaah wanita. Mereka tampak mengenakan pakaian kebesaran haji khas Bugis Makassar, seperti Cipo Cipo dipadu dengan Madawara (Parampa).

"Inilah ciri khas pakaian seorang perempuan suku Bugis yang telah berstatus Hajja. Pakaian ini mendominasi model busana para Hajja baru tetapi ada juga yang tetap menggunakan busana muslim modern," ujarnya.

3. Kedatangan jemaah haji Kloter 3 Debarkasi Makassar terlambat sekitar satu jam.

Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Asal Sinjai Pakai Jubah ala Raja ArabANTARA FOTO/Arnas Padda

Jemaah Kloter tiga merupakan gabungan  jemaah haji dari tiga daerah, yaitu Kota Makassar (73 orang), Kabupaten Sinjai (242 orang), Kota Pare-pare (135 orang). Selain itu, turut dalam romongan ini juga lima petugas haji sehingga total seluruhnya mencapai 455 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Mawardy juga menyampaikan, kedatangan jemaah haji Kloter 3 Debarkasi Makassar mengalami keterlambatan sekitar satu jam. Hal ini disebabkan karena padatnya penerbangan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

"Dijadwalkan jemaah Kloter tiga ini tiba pada 01.55 Wita. Namun baru mendarat pukul 02.31 Wita. Alhamdulillah mereka telah tiba kembali di tanah air dengan selamat setelah melaksanakan rukun Islam yang kelima di Tanah Suci Makkah dan Madinah sekitar 40 hari," ucapnya.

Baca Juga: Kabar Hujan Es dan Banjir Landa Jemaah Haji di Makkah, Ini 5 Faktanya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya