YOSS-Menpora Bertemu Bahas Pembangunan Kembali Stadion Mattoanging

Andi Ilhamsyah Mattalatta ungkap polemik Mattoanging

Makassar, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, menerima audiensi Ketua Badan Pembina Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS), Andi Ilhamsyah Mattalatta, di Kantor Kemenpora Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Dalam pertemuan itu, Ilhamsyah menceritakan pangkal persoalan Stadion Mattoanging Andi Mattalatta di Kota Makassar, yang hingga kini belum juga dibangun kembali.

"Kami dari YOSS, pertama-tama tentu sangat berterima kasih atas kesediaan Pak Menpora yang menerima kami beraudiensi pada kesempatan ini," kata Andi Ilhamsyah, dikutip dari situs resmi Kemenpora.

1. Andi Ilhamsyah laporkan kondisi terkini Mattoanging

YOSS-Menpora Bertemu Bahas Pembangunan Kembali Stadion MattoangingPengurus Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo di Jakarta, Rabu (13/9/2023)/Istimewa

Ilhamsyah Mattalatta mengatakan, pihaknya sengaja menemui Menpora Dito untuk melaporkan kondisi Kompleks Stadion Mattoanging, yang telah mereka kelola sejak 1957.

"Kami melaporkan kondisi apa yang menjadi tanggungjawab dari yayasan selama ini dalam hal pengelolaan Kompleks Stadion yang dulu namanya Mattoangin," kata Andi Ilhamsyah.

2. Musibah Stadion Mattoanging yang dibongkar Pemprov Sulsel

YOSS-Menpora Bertemu Bahas Pembangunan Kembali Stadion MattoangingGubernur Sulsel Nurdin Abdullah memimpin langsung pembongkaran bangunan Stadion Mattoanging, Rabu (21/10/2020). Humas Pemprov Sulsel

Kepada Dito, Andi Ilhamsyah menceritakan kronologi hingga Stadion Mattoanging Andi Mattalatta dibongkar oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) saat Nurdin Abdullah menjabat sebagai gubernur.

"Tapi di tahun 2006 Pemprov Sulsel diminta untuk dirubah untuk mengapresiasi nama dari Pak Andi Mattalatta sebagai tokoh dan sebagai pendiri stadion tahun 1957. Tapi pada 2020-2021 mengalami musibah karena dibongkar oleh pemprov," Andi Ilhamsyah menerangkan.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Ilhamsyah Mattalatta Ungkap Masalah Mattoanging: Beringas!

3. Menpora pastikan pembangunan Mattoanging

YOSS-Menpora Bertemu Bahas Pembangunan Kembali Stadion MattoangingMenpora Dito di GBK. (Dok. Kemenpora)

Menpora Dito dalam pertemuan itu mengatakan, Pemerintah Pusat memang sedang mendorong pembangunan atau renovasi 23 stadion sepak bola di seluruh Indonesia, termasuk Sulawesi Selatan.

"Jika berkenan peluang opsi kerjasama lebih baik, karena dari awal komitmen dari Pak Jokowi yakni merenovasi 23 stadion di Indonesia dan saya meminta khusus terkait di Sulsel dan Makassar yang paling memungkinkan, dan Pak Presiden setuju," ucap Dito.

Namun, Dito menambahkan, polemik kepemilikan lahan Stadion Mattoanging di Kota Makassar, harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum pembangunan kembali stadion bersejarah tersebut kembali dilakukan.

"Tapi karena adanya polemik status tanahnya ini dan masukan dari PSSI untuk sementara fokus membangun di Pare-Pare, tapi untuk Sulsel saya minta ke Kementerian PUPR untuk dipending dulu karena untuk menyelesaikan masalah hukumnya dan jika sudah clear mungkin di tahun depan untuk Sulsel jalan lagi," ucap Dito.

Turut hadir dalam pertemuan itu, antara lain Ketua Umum YOSS, Andi Karim Beso Manggabarani, Wakil Ketua II YOSS Bidang Hukum Hasan, serta Anggota Badan Pengawas YOSS Andi Muh. Rahmat Ilhamsyah.

Baca Juga: Soal Stadion Mattoanging, Menteri PUPR: Selesaikan Dulu Masalah Tanah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya