Penataan Pulau Karampuang di Mamuju, Destinasi Wisata Unggulan Sulbar

Pulau Karampuang miliki potensi wisata bawah laut yang indah

Makassar, IDN Times - Sejumlah destinasi wisata menarik dimiliki Sulawesi Barat (Sulbar). Salah satunya yaitu Pulau Karampuang yang terletak di Kabupaten Mamuju. Namun, pengelolaan destinasi wisata itu belum maksimal mendatangkan wisatawan.

Untuk memaksimalkan daya tarik Pulau Karampuang, Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik akan menata ulang objek wisata Pulau Karampuang. Akmal mengajak sejumlah pihak untuk hadir guna melihat langsung potensi yang dimiliki Pulau Karampung.

"Pagi ini kita melaksanakan pertemuan dengan Bupati Mamuju dan perbankan, sekalian olahraga. Kita mendiskusikan langkah-langkah mendorong pertumbuhan aktivitas ekonomi di Sulbar," kata Akmal kepada wartawan, Minggu (3/07/2022).

Pulau Karampuang atau dalam bahasa Indonesia bermakna Rembulan itu, dikenal sebagai salah satu pulau dengan keberagaman biota laut yang mampu dipertahankan oleh masyarakat lokal. Di pulau ini, kita juga dapat menemukan keindahan pantai dan hutan mangrove.

1. Ruang terbuka publik di Pulau Karampuang

Penataan Pulau Karampuang di Mamuju, Destinasi Wisata Unggulan SulbarPj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik (kiri). Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Salah satu yang akan dibenahi di Pulau Karampuang, kata Akmal, yaitu ketersediaan ruang terbuka untuk publik. Ruang terbuka di kawasan wisata disebut akan meningkatkan daya tarik dan citra lokasi wisata. Menurutnya ruang terbuka publik juga harus ditunjang fasilitas yang baik sehingga pengunjung merasa nyaman saat berwisata di Pulau Karampuang.

"Kita buat ruang publik dulu, ini warung-warung kita dorong ke belakang sekira 50 meter, di sini ada ruang publik untuk berolahraga dan lainnya," Akmal menerangkan.

2. Menumbuhkan perekonomian daerah

Penataan Pulau Karampuang di Mamuju, Destinasi Wisata Unggulan SulbarPj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik (kanan). Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Selain jadi sarana pariwisata, menurut Akmal, penataan Pulau Karampuang juga dapat membantu pertumbuhan perekonomian daerah. Dia berharap Pemerintah Kabupaten Mamuju dan pihak perbankan membantu meningkatkan UMKM di Pulau Karmpuang.

"Jadi bantuan pihak bank ini, apakah dalam bentuk bantuan pendanaan atau membantu membangun pertokoannya," ujar Akmal.

Baca Juga: PSGS Desak Pemerintah Perkuat Mitigasi Gempa di Mamuju

3. Dukungan Pemkab Mamuju dan Bank Indonesia

Penataan Pulau Karampuang di Mamuju, Destinasi Wisata Unggulan SulbarPihak perbankan yang hadir dalam pertemuan membahas pariwisata di Karampuang, Minggu (3/7/2022). Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi berharap apa yang diinisiasi oleh Penjabat Gunerur Sulawesi Barat, Akmal Malik, dapat diimplementasikan dengan baik. Dengan bantuan pihak perbankan dan pemprov, dia meyakini geliat pariwisata di Pulau Karampuang akan meningkat.

"Pulau karampuang dengan intervensi semua pihak bisa jadi destinasi wisata yang menarik banyak minat wisatawan," ucap Sutinah.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulbar, Ahmad menegaskan komitmen pihak perbankan dalam penataan dan pengelolaan Pulau Karampuang. Dia berharap langkah ini segera ditindaklanjuti sehingga membawa kemajuan ekonomi bagi masyarakat.

"Kami dari perbankan siap untuk mendukung apa yang diinisiasi oleh gubernur dan bupati," katanya.

Baca Juga: Dijuluki Pulau Buaya, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau Karampuang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya