Malam ini Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Bisa Digunakan, Gas!

Pengelola belum menerapkan tarif bagi pengguna tol layang

Makassar, IDN Times - Direktur Utama Makassar Metro Network selaku pengelola tol layang AP Pettarani Makassar, Anwar Toha, mengatakan jalan tol sepanjang 4,3 kilometer itu sudah bisa dimanfaatkan mulai Kamis (18/3/2021) malam ini secara gratis.

Anwar mengatakan pihaknya belum bisa memberlakukan tarif sebab Surat Ketetapan terkait penyesuaian tarif untuk tol layang Pettarani belum dia terima. Tarif baru akan diberlakukan pada awal April 2021 nanti.

"Jadi sebentar malam ini adalah bagaimana menggratiskan dulu sampai kira-kira tanggal 2 April. Tanggal 3 sudah berlaku penyesuaian tarif baru. Itu kira-kira yang bisa kita lakukan," ujarnya saat peresmian tol layang AP Pettarani, Kamis siang.

1. Menteri PUPR meresmikan tol layang AP Pettarani

Malam ini Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Bisa Digunakan, Gas!Penandatanganan prasasti tol layang Pettarani Makassar oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis (18/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, hadir meresmikan tol layang AP Pettarani.

Basuki menyampaikan pidatonya mewakili Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang urung hadir langsung karena meresmikan Bandara Buntu Kunik di Kabupaten Tana Toraja.

"Mohon maaf atas keterlambatan peresmian ini karena memang sudah lama direncanakan oleh beliau (presiden) sendiri untuk meresmikan. Tapi sekarang kami mewakili Bapak Presiden," kata Basuki.

2. Jalan tol bisa dimanfaatkan secara gratis

Malam ini Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Bisa Digunakan, Gas!Penandatanganan prasasti tol layang Pettarani Makassar oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis (18/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Setelah diresmikan, jalan tol sudah bisa langsung digunakan oleh masyarakat. Sebab jalan ini sudah lama rampung tapi harus menunggu waktu peresmian.

Jalan ini sudah rampung sejak Oktober 2020 lalu. Sejak saat itu, tol layang AP Pettarani sudah beberapa kali dijadwalkan akan diresmikan namun berkali-kali batal.

"Jadi kita tidak ada sosialisasi, mungkin biasanya seminggu free lalu nanti dioperasikan dengan baik. Semuanya sudah ada SK-nya," kata Basuki.

Baca Juga: Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Rampung, Tunggu Diresmikan Jokowi

3. Basuki akui kerap terjadi kemacetan dalam proses pembangunan tol layang

Malam ini Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Bisa Digunakan, Gas!Jalan tol layang Pettarani di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Ruas jalan tol layang yang mulai dibangun sejak April 2018 ini diharapkan menjadi solusi kemacetan di Kota Makassar. Masyarakat yang datang dari arah Bandara Sultan Hasanuddin menuju arah Selatan Kota Makassar bisa menggunakan jalan ini.

Basuki mengakui bahwa pembangunan tol layang kerap menimbulkan kemacetan. Namun itu semua akan terbayarkan dengan rampungnya tol layang tersebut.

"Pada saat pembangunan pasti ada penderitaan, apakah debunya, kemacetannya tapi sekarang kalau sudah jadi pasti kenikmatan. Jadi memang di balik penderitaan pasti ada kenikmatan. Ini salah satu contoh," ujar Basuki.

Baca Juga: Diresmikan, Tol Layang Pettarani Makassar Masih Gratis

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya