Bupati Luwu Utara Minta Pusat Beri Jatah Vaksin Booster untuk Pejabat

Bupati Lutra Indah Putri usulkan vaksin booster bagi pejabat

Makassar, IDN Times - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyampaikan sejumlah usulan dalam Rapat Koordinasi Penanganan Pandemik COVID-19, Vaksinasi, dan Pemulihan Ekonomi di Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar daring bersama para bupati dan Plt Gubernur Sulsel, Jumat (6/8/2021).

Usulan Indah antara lain, meminta pemerintah pusat memberikan obat gratis bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri. Selain itu, dia juga berharap para pejabat diberi suntikan dosis ketiga atau booster dengan vaksin Moderna. 

"Kami berharap juga ada dukungan obat gratis untuk warga kami yang menjalani isoman," kata Indah dikutip ANTARA, Jumat.

1. Obat gratis untuk membantu pemulihan kondisi pasien isoman

Bupati Luwu Utara Minta Pusat Beri Jatah Vaksin Booster untuk PejabatIDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Indah, cukup banyak warga di daerahnya menjalani isolasi mandiri karena positif COVID-19. Baik tanpa gejala maupun dengan gejala ringan.

Obat gratis tersebut, kata Indah, sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk membantu proses pemulihan kondisi pasien. Serta, membantu menambah imun tubuh bagi warga terkonfirmasi positif, utamanya bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi.

2. Bupati Indah minta vaksin booster dosis ketiga disuntikkan juga ke pejabat

Bupati Luwu Utara Minta Pusat Beri Jatah Vaksin Booster untuk PejabatInstagram/indahnyalutra

Selain mengusulkan obat gratis, Indah juga meminta pemerintah pusat memberi jatah vaksin Moderna untuk booster dosis ketiga bagi para pejabat pemerintah daerah.

"Apa yang diusulkan itu penting untuk membantu mereka yang menjalani isoman, juga pentingnya booster vaksin ketiga untuk Forkopimda karena mobilitas tinggi, namun semua itu akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan," kata Indah.

Baca Juga: Viral Naik Trail, 10 Momen Bupati Lutra Indah Putri Bareng Putrinya

3. Anggota DPR minta pejabat tidak paksakan kehendak minta vaksin booster

Bupati Luwu Utara Minta Pusat Beri Jatah Vaksin Booster untuk PejabatAnggota DPR RI Komisi IX, Aliyah Mustika Ilham, memberi sambutan saat vaksinasi dosis ketiga di RSKD Dadi Makassar, Senin (2/8/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang memimpin rapat koordinasi tersebut, menanggapi usulan Bupati Indah. Menurutnya, realisasi usulan dari Indah butuh waktu. Sebab, saat ini obat dan vaksin COVID-19 masih terbatas.

Sebelumnya, anggota DPR RI Komisi IX, Aliyah Mustika Ilham, menegaskan saat ini vaksinasi dosis ketiga atau booster hanya diberikan ke tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang pelayanan kesehatan yang telah mendapatkan dosis pertama dan kedua vaksin COVID-19.

Aliyah meminta kelompok lain, terutama pejabat maupun keluarga pejabat, tak memaksakan kehendak untuk diberikan vaksin dosis ketiga. Hal itu disampaikanya saat memberi sambutan pada vaksinasi dosis ketiga di RSKD Dadi Makassar, Senin, 2 Agustus 2021.

"Mohon dengan sangat dimanfaatkan sebaik-baiknya kepada para nakes. Mohon maaf, saya tidak menyetujui kalau ada keluarga pejabat yang divaksin booster," kata Aliyah.

Baca Juga: Anggota Komisi IX DPR: Vaksin Booster Dosis Ketiga Bukan untuk Pejabat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya