Bawaslu Telusuri Dugaan Camat Dukung Bakal Calon di Pilkada Makassar

Beredar foto Grup WA Camat gerakkan lurah dukung kandidat

Intinya Sih...

  • Bawaslu Kota Makassar menelusuri dugaan pelanggaran netralitas ASN oleh camat yang diduga mendukung calon wali kota.
  • Ketua Bawaslu Makassar, Dede Alamsyah, telah memberikan SK penelusuran kepada timnya untuk mencari informasi terkait dugaan pelanggaran tersebut.
  • Dugaan pelanggaran masih bersifat informasi awal, pihak Bawaslu akan mencari tahu identitas kepegawaian oknum camat tersebut dan memastikan identitasnya.

Makassar, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar menelusuri dugaan pelanggaran netralitas ASN oleh salah satu oknum camat. Pasalnya, beberapa hari lalu sempat beredar chat WhatsApp seorang camat yang diduga mendukung salah bakal calon wali kota.

Ketua Bawaslu Makassar, Dede Alamsyah, mengungkapkan pihaknya telah menurunkan tim untuk menelusuri dugaan pelanggaran tersebut. Dia mengaku telah memberikan SK penelusuran kepada timnya untuk mencari informasi terkait dugaan pelanggaran tersebut.

“Tadi saya sudah buat SK penelusuran. Jadi turun penelusuran tim dari Bawaslu kota,” kata Dede, Rabu (7/8/2024).

1. Masih informasi awal

Bawaslu Telusuri Dugaan Camat Dukung Bakal Calon di Pilkada MakassarKantor Bawaslu Makassar, di Jl Letjen Hertasning, Kota Makassar, Sulsel. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dede menjelaskan bahwa dugaan pelanggaran ini masih bersifat informasi awal. Karena itu, pihaknya masih menelusuri pihak-pihak yang terkait.

“Informasi awalnya, ada masuk informasi terkait keterlibatan netralitas Camat nah ini kita telusuri siapa-siapa yang ada dalam percakapan itu,” katanya.

2. Bawaslu telusuri identitas oknum camat

Bawaslu Telusuri Dugaan Camat Dukung Bakal Calon di Pilkada MakassarFoto Grup WhatsApp diduga sekelompok Camat dan Lurah di Kota Makassar/Istimewa

Dede mengatakan pihaknya juga akan mencari tahu terkait identitas kepegawaian oknum camat tersebut. Karena itu, pihaknya masih akan mengonfirmasi pihak-pihak terkait untuk memastikan identitas oknum camat tersebut.

“Nanti, kita konfirmasi dulu pihak yang ada di dalam situ (grup WhatsApp),” katanya.

3. Isi chat dugaan pelanggaran netralitas ASN

Bawaslu Telusuri Dugaan Camat Dukung Bakal Calon di Pilkada MakassarFoto Grup WhatsApp diduga sekelompok Camat dan Lurah di Kota Makassar/Istimewa

Dalam potongan gambar chat WhatsApp yang beredar itu, oknum camat yang bernama kontak Camat Bontoala itu memberikan hashtag terkait dukungan kepada bakal calon Pilwali Makassar. Chat itu dikirim ke sebuah grup WhatsApp.

"Makasih atas kerjasama dgn pergerakan2 yg sangat massif. Ini baru awal perjuangan. Tetap berikhtiar dan berdoa agar kita bisa memenangkan Pilwali dan Pilgub 2024," demikian isi chat tersebut.

Baca Juga: Bawaslu Sulsel Sebut Sosialisasi Penyelenggara Pilkada Belum Maksimal

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya