TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pelantikan Virtual, Anggota PPS Tana Toraja Cari Sinyal di Kaki Bukit

Koneksi internet di daerah itu belum memadai

Pelantikan anggota PPS di Tana Toraja, Sulsel. IDN Times/KPUD Tana Toraja

Makassar, IDN Times - Cara berbeda dilakukan jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, saat melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Jika biasanya pelantikan digelar di dalam ruangan, kali ini anggota PPS Tana Toraja dilantik secara virtual. Pelantikan tiga anggota PPS dilakukan di kaki bukit kawasan Lembang Salu, Kecamatan Saluputti, Tana Toraja.

"Jadi pelantikan itu dilaksanakan dalam bentuk virtual, bisa juga tatap muka langsung, bisa juga langsung saja," kata Ketua Ketua KPU Tana Toraja Rizal Randa kepada sejumlah jurnalis saat dikonfirmasi, Senin (15/6).

1. Tiga anggota PPS Tana Toraja dilantik berseragam formal dan duduk di tepian jalan di kaki bukit

Pelantikan anggota PPS di Tana Toraja, Sulsel. IDN Times/KPUD Tana Toraja

Laiknya pelantikan pada umumnya, tiga anggota PPS yang dilantik mengenakan pakaian formal. Ketiganya menggunakan baju kemeja batik, duduk di tepi jalan tepat di kaki bukit daerah setempat dikawal anggota PPK yang bertugas.

Bermodalkan satu unit telepon genggam yang disimpan di atas batang pohon, ketiganya mengikuti proses pelantikan dengan khidmat. Rizal mengungkapkan, pelantikan virtual dilakukan untuk mengefektifkan jarak tempuh ke lokasi pelantikan umum.

Ditambah akses internet yang belum begitu memadai di lokasi asal ketiganya. Untuk itu ketiganya mencari tempat cukup tinggi agar bisa menjangkau jaringan internet. "Kami mengambil dua opsi, melakukan pelantikan PPS melalui virtual mengunakan jaringan internet, dan tatap muka tidak ada jaringan internet," jelas Rizal. 

Baca Juga: Wabup Toraja, Kepala Daerah Pertama di Sulsel Umumkan Positif Corona

2. 19 kecamatan di Tana Toraja serentak menggelar pelantikan PPS hari ini

Pelantikan PPS di Kecamatan Panakkukang, Makassar, Senin (15/6). KPU Makassar

Rizal mengatakan, hari ini ada 19 kecamatan di Tana Toraja yang menggelar pelantikan untuk anggota PPS. Tiga kecamatan di antaranya, menggelar pelantikan dengan metode virtual. Langkah ini, kata Rizal, dilakukan atas pertimbangan tim Gugus Tugas COVID-19.

Salah satunya, larangan untuk berkumpul lebih dari 5 orang dalam sebuah kegiatan. "Begini, dari instruksi Satgas COVID-19, ternyata kalau kita lantik langsung tatap muka, maksimal dalam ruangan 20 orang. Mau tidak mau ada dilantik secara virtual saja," ujar Rizal.

Baca Juga: 3 Perawat di Toraja Utara Diusir dari Kosan, Begini Klarifikasi PPNI

Berita Terkini Lainnya