TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Delapan Tim Melaju ke Babak Perempat Final Liga Debat Mahasiswa 2024

Siap berebut empat tiket ke semifinal

Lomba Debat Mahasiswa IDN Times babak penyisihan antara Itera Lampung melawan Universitas Mataram NTB secara daring, Rabu (22/5/2024). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Makassar, IDN Times - Babak penyisihan Liga Debat Mahasiswa IDN Times telah digelar selama dua hari pada 21 dan 22 Mei 2024. Delapan tim telah bertanding di babak tersebut.

Dari delapan tim yang bertanding pada babak penyisihan, empat pemenang berhasil lolos ke perempat final. Masing-masing, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Telkom University, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sumatera (Itera). 

Merujuk hasil technical meeting pada Sabtu, 18 Mei 2024, di babak perempat final ini, ada empat tim yang mendapat bye. Mereka adalah tim Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, IPB University Bogor, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Negeri Medan.

Baca Juga: 12 Perguruan Tinggi Ramaikan Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times

1. Jadwal pertandingan babak perempat final

Babak perempat final akan digelar 24-25 Mei 2024. Masing-masing digelar dua sesi pertandingan per hari. Pada Jumat 24 Mei 2024 sesi 1 pukul 14.00-15.30, ada pertandingan antara Unpad vs UIN Syarif Hidayatullah. Lalu sesi 2 pukul 16.00-17.30 WIB mempertemukan Telkom University vs UGM.

Kemudian, jadwal pertandingan perempat final Sabtu 25 Mei 2024 sesi 1 pukul 14.00-15.30 WIB, ada tim ITB Vs IPB University. Selanjutnya di sesi 2 pukul 16.00-17.30 WIB, ada pertandingan antara Itera Vs Unimed.

Karena jadi pemenang babak penyisihan, maka tim UIN, Telkom, ITB, dan Itera memperoleh keuntungan tetap mempertahankan sisi pro atau kontra sesuai babak penyisihan, yakni UIN Tim Kontra, ITB Kontra, Itera Kontra dan Telkom tim Pro. Sedangkan Unpad, UGM, IPB dan Unimed yang mendapat Bye langsung lolos perempat final dan hanya perlu menyesuaikan yakni Unpad Tim Pro, UGM tim Kontra, IPB Tim Pro dan Unimed tim Pro

Masing-masing pemenang babak perempat final, berhak melaju ke babak semifinal yang digelar 28 Mei 2024. 

2. Mosi debat dan panelis di perempat final

Di perempat final, para peserta akan bertanding dengan membahas topik yang telah ditentukan. Mosi debat kali ini yakni 'Apakah gaya hidup Gen Z harus berubah demi berkontribusi dalam menangani pemanasan global dan perubahan iklim? Perubahan seperti apa yang harus dilakukan?'.

Babak perempat final Liga Debat Mahasiswa ini akan dipandu oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Mereka adalah Prigi Arisandi selaku Founder ECOTON), Kiara Putri Mulia selaku Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) serta George Martin Sirait, Ph. D dan Dr. Satria Kusuma Mahardika selaku Akademisi Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atmajaya Jakarta.

3. Fakta Liga Debat Mahasiswa 2024

Liga Debat Mahasiswa 2024 yang diselenggarakan IDN Times ini diikuti 12 tim universitas. Sebanyak 8 tim bertanding di babak penyisihan dan 4 tim lolos langsung (bye) di perempat final.

Para peserta ini berdasarkan undangan khusus dari IDN Times. Tim yang bertanding dibagi Pro dan Kontra.

Kompetisi debat antar mahasiswa ini merupakan penyemarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 IDN Times yang diperingati pada 8 Juni 2024. Kompetisi berlangsung dari penyisihan mulai 21 Mei hingga babak final 6 Juni 2024. 

Babak penyisihan dan perempat final digelar 21-27 Mei 2024. Semi final pada 28 Mei 2024. Babak penyisihan hingga semi final digelar daring melalui Zoom. Babak final digelar luring di Kantor IDN Media di Jakarta, 6 Juni 2024.

Juara pertama akan mendapatkan Rp10 juta dan sertifikat, juara kedua sebanyak Rp8 juta dan sertifikat, juara ketiga Rp6 juta dan sertifikat, dan juara keempat Rp4 juta dan sertifikat. Pertamina menjadi sponsor utama Liga Debat Mahasiswa ini.

Baca Juga: Cuma 23 Persen Lulusan Perguruan Tinggi Masuk Pasar Kerja, Sad Banget!

Berita Terkini Lainnya