Danny Awali Kampanye dengan Ziarah ke Makam Ulama dan Raja-Raja

Mulai bergerak ke daerah pekan depan

Makassar, IDN Times - Calon Gubernur nomor urut 1, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, baru akan memulai kampanyenya ke daerah-daerah pekan depan. Namun sebelum memulai giat kampanyenya, dia terlebih dahulu berziarah ke makam ulama dan raja-raja.

Dia memulai kampanye perdana di Kabupaten Takalar dengan berkunjung ke Masjid Tua Baitul Muqaddis, Sanrobone, Jumat (27/9/2024). Kunjungan ini sekaligus menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid kuno nan bersejarah itu.

Dalam lawatannya, Danny berziarah ke sejumlah makam raja-raja yang berada di kompleks masjid. Juru Bicara Danny-Azhar, Asri Tadda, mengatakan, Danny akan selalu menyempatkan diri berziarah ke makam-makan tokoh bersejarah yang ada di daerah yang dikunjunginya.

"Danny juga selalu antusias menyambangi bangunan bersejarah yang menjadi peninggalan leluhur, seperti masjid, petilasan ataupun makam-makam kuno para leluhur yang dihormati masyarakat setempat," kata Asri.

Baca Juga: Danny-Azhar Mulai Kampanye di Tanah Kelahiran

1. Bentuk penghargaan terhadap kekayaan budaya dan kearifan lokal di daerah

Danny Awali Kampanye dengan Ziarah ke Makam Ulama dan Raja-RajaCalon Gubernur Sulawesi Selatan nomor urut 1, Moh Ramdhan Pomanto, ziarah ke makam raja-raja di kompleks Masjid Tua Baitul Muqaddis, Sanrobone, Takalar, Jumat (27/9/2024). (Dok. Istimewa)

Asri mengatakan ziarah makam itu juga sebagai wujud perhatian dan kepedulian Danny Pomanto terhadap kekayaan budaya dan kearifan lokal yang ada di daerah. Bagi Danny, kebudayaan adalah kekayaan daerah yang harus terus dilestarikan dan perlu dimajukan mengikuti perkembangan zaman.

"Dan hal ini termasuk dalam program strategis yang diusung DiA untuk Sulsel yang lebih baik," kata Asri.

2. Danny ziarah ke makam ulama dan raja-raja

Danny Awali Kampanye dengan Ziarah ke Makam Ulama dan Raja-RajaCalon Gubernur Sulawesi Selatan nomor urut 1, Moh Ramdhan Pomanto, ziarah ke makam ulama besar Syekh Yusuf di Makassar, Sabtu (28/9/2024). (Dok. Istimewa)

Hari ini, Sabtu (28/9/2024), Danny kembali berziarah makam. Kali ini, dia berziarah ke makam ulama besar Syekh Yusuf, yang berlokasi di Jalan Syekh Yusuf Kota Makassar. Syekh Yusuf adalah pahlawan nasional Indonesia yang diberi gelar 'Tuanta Salamaka ri Gowa' yang berarti Tuan Guru Penyelamat Kita dari Gowa.

Kemudian, Danny bertolak ke Kompleks Makam Sultan Hasanuddin di Katangka, Kabupaten Gowa. Sultan Hasanuddin merupakan Raja Gowa ke-16 setelah ayahnya wafat 1652. 

Sultan Hasanuddin memimpin Kerajaan Gowa untuk menentang dan berperang melawan VOC Belanda yang ingin monopoli perdagangan di Indonesia Timur. Kegigihan dan sikap pantang menyerah yang ditunjukkan Sultan Hasanuddin saat bertempur melawan VOC membuatnya dijuluki dijuluki Ayam Jantan dari Timur.

Setelah itu, Danny melanjutkan berziarah ke Kompleks Makam Arung Palakka yang juga berlokasi di Katangka, Kabupaten Gowa. Arung Palakka merupakan Raja Bone ke-15. Di masa pemerintahannya, Kerajaan Bone mencapai puncak kejayaan. 

3. Danny ingin berguru pada sejarah

Danny Awali Kampanye dengan Ziarah ke Makam Ulama dan Raja-RajaCalon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Moh Ramdhan Pomanto (kiri) dan Azhar Arsyad (kanan) saat penetapan nomor urut di Hotel Claro, Makassar, Senin (23/9/2024). (Dok. Istimewa)

Danny menjelaskan alasanya berziarah ke makam ulama dan raja-raja itu. Rupanya, dia hendak memetik pelajaran dari sejarah yang pernah ada. 

"Sebelum saya jalan menuju masa depan dalam Pilgub ini maka seharusnya kita mengambil atau berguru dari sejarah, belajar dari budaya karena dengan bekal budaya dan bekal sejarah Insyaallah masa depan tidak akan kehilangan arah," kata Danny.

Baca Juga: Ini Tim Pemenangan Danny-Azhar di Pilgub Sulsel, Ada Dua Eks Rektor

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya