Ini Empat Pimpinan DPRD Makassar, Supratman Ketua

Empat parpol berhak atas kursi pimpinan DPRD Makassar

Makassar, IDN Times - Empat partai politik dengan raihan kursi tertinggi di DPRD Makassar mulai mengajukan nama-nama calon pimpinan definitif. Pimpinan DPRD Makassar terdiri dari empat orang, yaitu satu ketua dan tiga wakil ketua.

Pimpinan berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak. Hal itu merujuk Pasal 376 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Jabatan Ketua DPRD Makassar akan diisi oleh legislator NasDem karena parpol ini menjadi pemenang sebagai pemenang Pemilihan Legislatif 2024 dengan meraih 8 kursi dan 94.756 suara.

Untuk tiga wakil ketua, masing-masing ditempati Golkar, PKS, dan Gerindra. Ketiga parpol itu menempati peringkat kedua, ketiga, dan keempat perolehan kursi dengan sama-sama meraih 6 kursi.

Untuk perolehan suara, Golkar meraih peringkat tertinggi dengan 97.209 suara. Kemudian, PKS meraih 79.670 suara, dan Gerindra meraih 75.758 suara.

Baca Juga: Dilantik, Ini 50 Anggota DPRD Makassar 2024-2029

1. NasDem tunjuk Supratman

Ini Empat Pimpinan DPRD Makassar, Supratman KetuaKetua DPRD Makassar Supratman. (Dok. Istimewa)

Partai NasDem menunjuk Supratman sebagai Ketua DPRD Makassar definitif. Saat ini, Supratman juga masih sementara menjabat Ketua DPRD Makassar sementara yang ditunjuk saat pelantikan pada Jumat 9 September 2024 lalu. 

Dia merupakan legislator petahana dari Dapil Makassar IV yang meliputi Kecamatan Panakkukang dan Manggala dengan perolehan 8.786 suara. Supratman telah memasuki periode ketiganya di DPRD Makassar. 

"Iya betul Supratman. Untuk penilaian dan sebagainya itu oleh DPP," kata Sekretaris NasDem Makassar, Ari Ashari Ilham saat dikonfirmasi IDN Times, Jumat (27/9/2024).

2. Golkar tunjuk Andi Suharmika

Kemudian, Partai Golkar juga untuk mengusulkan Andi Suharmika sebagai Wakil Ketua DPRD definitif. Sebagaimana dengan Supratman, Andi Suharmika juga sedang memegang posisi Wakil Ketua DPRD Makassar sementara.

Suharmika juga merupakan legislator petahana dari Dapil Makassar III yang meliputi Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya. Pada Pileg lalu, dia memperoleh 7.691 suara.

"Pak Suharmika karena beliau merupakan petahana jadi tidak perlu lagi beradaptasi. Kami anggap beliau punya kapasitas. Dari awal saya katakan kita butuh yang berpengalaman," kata Ketua Golkar Makassar, Munafri Arifuddin.

3. PKS tunjuk Anwar Faruk

Ini Empat Pimpinan DPRD Makassar, Supratman KetuaKetua PKS Makassar, Anwar Faruk. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan Anwar Faruq sebagai Wakil Ketua DPRD Makassar. Dia juga merupakan legislator petahana dari periode 2019-2024 lalu.

Dia merupakan legislator dari Dapil Makassar I yang meliputi Kecamatan Ujung Pandang dan Rappocini. Di dapilnya, dia berhasil meraup 3.203 suara.

"Iya alhamdulillah. Ini adalah amanah yang harus diemban sebagai wakil rakyat," kata Anwar Faruq yang juga Ketua PKS Makassar.

4. Gerindra tunjuk Eric Horas

Terakhir, ada Partai Gerindra yang mengusulkan Eric Horas. Dia juga merupakan legislator dari Dapil Makassar I dengan raihan 7.536 suara. Eric Horas juga tak lain adalah Ketua Partai Gerindra Makassar.

Eric Horas sudah pernah punya pengalaman duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Makassar pada periode 2014-2019. Namun pada periode 2019-2024, dia gagal mempertahankan posisinya lantaran Gerindra tidak masuk jajaran parpol pemenang.

"Pak Eric Horas yang ditunjuk jadi wakil ketua," kata Ketua OKK Gerindra Makassar, Kasrudi.

Baca Juga: 84 Anggota DPRD Sulsel Dilantik, Cicu Ketua Sementara

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya