Pemkab Mimika Godok Pemekaran Kabupaten Mimika Timur dan Barat

Mimika dinilai layak dimekarkan

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kabupaten Mimika menggodok pemekaran daerah otonomi baru (DOB) yakni Kabupaten Mimika Timur dan Kabupaten Mimika Barat.
  • Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mimika menggelar seminar tentang studi kelayakan dua daerah yang siap dimekarkan, melibatkan pihak akademisi dari Universitas Papua.
  • Studi kelayakan direncanakan akan dilakukan selama 6 bulan dengan melibatkan beberapa pihak terkait, karena Kabupaten Mimika dinilai layak dimekarkan berdasarkan usia dan aspirasi masyarakat.

Timika, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mulai menggodok pemekaran daerah otonomi baru (DOB) yakni Kabupaten Mimika Timur dan Kabupaten Mimika Barat.

Hal itu ditandai dengan digelarnya seminar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mimika tentang studi kelayakan dua daerah yang siap dimekarkan, Jumat (27/9/2024) di ruang rapat Kantor Bappeda Mimika.

Studi kelayakan itu turut melibatkan pihak akademisi dari Universitas Papua untuk melakukan kajian pada dua daerah yang akan dimekarkan.

"Studi kelayakan untuk mendapatkan gambaran terkait daerah yang akan dimekarkan baik dari sisi sumber daya manusia, ekonomi dan pembangunan berkelanjutan," kata Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Regina Wenda.

Hasil studi kelayakan, kata Regina, akan memberikan gambaran bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan serta untuk mengetahui apa saja yang kurang dalam pembentukan DOB.

Studi kelayakan ini direncakan akan dilakukan selama 6 bulan dengan melibatkan beberapa pihak terkait.

Regina mengatakan, pemerintah menilai Kabupaten Mimika layak dimekarkan. Berdasarkan peraturan, sebuah kabupaten dapat dimekarkan minimal telah mencapai 7 tahun. Kabupaten Mimika sendiri telah menginjak usia 24 tahun.

"Mimika sudah layak untuk dimekarkan. Ini semua juga atas aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada pemerintah, agar pelayanan publik semakin dekat dan pembangunan semakin merata," tuturnya.

Baca Juga: Deklarasi Pilkada Damai Mimika: Beda Pilihan tapi Tetap Jaga Persatuan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya