TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sukriansyah, Putra Makassar: dari Jurnalis hingga Stafsus Wapres  

Tercatat sebagai ketua pertama AJI Kota Makassar

Sukriansyah S Latief. Dok. Facebook

Makassar, IDN Times - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, Senin (25/11) menunjuk delapan orang staf khusus. Mereka akan membantu Ma’ruf menjalankan tugas dalam lima tahun periode pemerintahan bersama Presiden Joko Widodo.

Dari delapan orang stafsus, terdapat satu nama putra Makassar, Sulawesi Selatan. Dia adalah Sukriansah S Latief, yang ditunjuk sebagai Staf Khusus bidang Infrastruktur dan Investasi.

Siapakah Sukriansah? Berikut rekam jejaknya yang dirangkum IDN Times dari laman pribadinya di sukriansyahlatief.com dan sumber lain.

1. Alumni Unhas bergelar doktor

Instagram.com/hasanuddin_univ

Sukriansyah S Latief, yang akrab disapa UQ lahir di Ujung Pandang -sekarang Makassar-, pada 30 Agustus 1969. Pada tahun 1998 dia menamatkan studi Hukum di Universitas Hasanuddin.

Dia pernah meraih gelar Magister Hukum di Universitas Indonesia. Gelar terakhirnya adalah Doktor bidang Hukum dari Universitas Hasanuddin. Dia tercatat sebagai pengajar di Universitas Fajar.

2. Pernah jadi jurnalis hingga menjabat pemred

Instagram.com/jurnal_prasetya

Sukriansyah merupakan eks jurnalis senior. Dia pernah bekerja di koran Harian Fajar, Makassar, hingga mencapai puncak karier sebagai pemimpin redaksi di sana. UQ juga pernah jadi koresponden Tempo di Makassar, sebelum majalah itu diberedel pemerintah di tahun 1994.

Sukriansyah pernah menjabat Direktur Produksi dan SDM di Harian Fajar, Direktur Umum, hingga kini tercatat sebagai Komisaris Fajar Group. Dia juga aktif dalam organisasi jurnalis, dan merupakan ketua pertama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar.

Baca Juga: Jadi Stafsus Jokowi, Andi Taufan Entrepreneur Muda Berdarah Bugis

3. Staf khusus eks Mentan Amran Sulaiman

ANTARA FOTO/Jojon

Pada pemerintahan Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla tahun 2014-2019, Sukriansyah S Latief juga ambil bagian. Dia dipercaya Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sebagai Staf Khusus Bidang Kebijakan Publik.

Di sisi lain, UQ menjabat Komisaris PT Pupuk Indonesia Holding Company, perusahaan BUMN yang membawahi produsen-produsen pupuk.

4. Kandidat Wali Kota Makassar 2020

Ilustrasi bakal calon wakil bupati perempuan.IDN Times/Sukma Shakti

Jelang pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020, Sukriansah masuk dalam bursa kandidat Wali Kota Makassar. Namanya ramai disebut sebagai salah satu bakal calon, karena ikut dalam penjaringan kandidat di sejumlah partai politik.

Dalam beberapa bulan terakhir, UQ gencar bersosialisasi di masyarakat. Fotonya terpampang pada poster-poster yang mengatasnamakan calon wali kota Makassar. Dia pun telah mendirikan posko pemenangan. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Tunjuk 8 Staf Khusus, Ini Daftar Nama dan Tugasnya

Berita Terkini Lainnya