Comscore Tracker

Kesaksian Bek PSM Makassar yang Selamat dari Ledakan di Beirut Lebanon

Rumah Hussein El-Dor tak jauh dari lokasi ledakan di Beirut

Makassar, IDN Times - Sebuah ledakan dahsyat meluluhlantakkan area pelabuhan Beirut, ibu kota Lebanon, pada Rabu (5/8/2020) dini hari. Radius dan efek ledakan yang dilaporkan mencapai beberapa kilometer mengagetkan penduduk kota dengan populasi mencapai lebih dari 1 juta jiwa tersebut.

Salah satu pemain PSM Makassar, Hussein El-Dor, tinggal dekat dari titik ledakan. Beruntung ia dan keluarga selamat dari persitiwa nahas tersebut. "Alhamdulillah kami semua selamat. Kami sangat dekat (dari titik ledakan) waktu itu," tulisnya dalam percakapan WhatsApp pada Rabu siang, sesuai tangkapan layar yang dibagikan Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim.

1. Hussein El-Dor dan keluarga selamat dari ledakan di kota Beirut

Kesaksian Bek PSM Makassar yang Selamat dari Ledakan di Beirut LebanonInstagram.com/psm_makassar

Hussein pun tak henti-hentinya mengucap syukur usai lolos dari maut. "Hanya Tuhan yang tahu bagaimana cara hingga kami bisa kembali ke rumah (tepat waktu)," ungkapnya.

Dengan jarak yang cukup dekat dari pusat ledakan, sang palang pintu anyar Juku Eja melihat langsung kerusakan yang ditimbulkan dengan mata kepala sendiri. "(Kondisi terkini di sekitar lokasi ledakan) benar-benar porak-poranda. Sungguh tak bisa dipercaya," lanjut sosok 26 tahun tersebut.

Menutup percakapan, ia meminta semua orang mendoakan keluarga dan seluruh penduduk Beirut. "Terima kasih banyak atas perhatiannya. Kami membutuhkan banyak doa dari kalian semua."

2. Rasa duka turut ditunjukkan sang palang pintu di sejumlah akun media sosial miliknya

Kesaksian Bek PSM Makassar yang Selamat dari Ledakan di Beirut LebanonInstagram.com/psm_makassar

Lebih jauh, eks punggawa klub Perak FA itu turut menumpahkan rasa duka mendalam atas musibah yang menimpa Beirut di Twitter. "Oh Tuhan, tak ada selain engkau. Lebanon," cuit Hussein pada Rabu dinihari di akun @Husseineldor27, yang ditutup dengan emoji hati yang retak.

Sementara itu melalui akun Instagram-nya, Hussein menjelaskan secara singkat situasi genting yang dihadapi seluruh rumah sakit di sana. "Darah dengan tipe apapun dibutuhkan oleh seluruh rumah sakit di Beirut. Harap sebar permintaan ini dan tetap menjaga diri," tulisnya.

Baca Juga: Satu WNI Alami Luka Ringan Akibat Ledakan di Beirut

3. Jumlah korban jiwa akibat ledakan dashsyat pada Selasa (4/8/2020) sore waktu setempat telah mencapai 100 orang

Kesaksian Bek PSM Makassar yang Selamat dari Ledakan di Beirut LebanonAsap mengepul ke udara dari lokasi ledakan di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Azakir)

El-Dor sendiri sudah berada di Beirut, Lebanon, setelah Liga 1 2020 dihentikan untuk sementara sejak Maret akibat pandemik COVID-19.

Menurut kantor berita Reuters, jumlah korban jiwa akibat ledakan mencapai 100 orang dan lebih dari 4.000 lainnya mengalami cedera serius. 

Sementara itu, Presiden Lebanon, Michel Aoun menyebut bahwa ledakan berasal dari gudang berisi 2.750 ton amonium nitrat (bahan kimia untuk pupuk dan bom). Gudang ini rupanya tak memiliki standar keamanan, meski sudah menyimpan bahan berbahaya tersebut selama enam tahun.

Baca Juga: PM Lebanon akan Proses Hukum Pihak yang Sebabkan Ledakan di Beirut

https://www.youtube.com/embed/0UDx4gbcXuc

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya