Comscore Tracker

Selesai UNBK, Ratusan Pelajar SMK di Makassar Konvoi di Jalan 

Konvoi bikin macet dan mengancam keselamatan di jalan

Makassar, IDN Times - Ratusan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Makassar berkonvoi menggunakan sepeda motor, Kamis (28/3), setelah selesai melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sebelum berkonvoi, siswa SMK dari beberapa sekolah kejuruan di Makassar merayakan hari terakhir ujiannya dengan aksi corat-coret seragam menggunakan cat semprot dan spidol beragam warna.

“Kapan lagi kita bisa ramai-ramai merayakan hari terakhir kami di sekolah, nanti akan susah berkumpul kembali dengan teman-teman sekolah,” tutur Sahrul, salah satu siswa. 

Adapun jumlah pelajar SMK se-Sulawesi Selatan (Sulsel) yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer sebanyak 40.250 siswa. 

1. Konvoi pelajar timbulkan kemacetan lalu lintas

Selesai UNBK, Ratusan Pelajar SMK di Makassar Konvoi di Jalan IDN Times/Abdurrahman

Konvoi pelajar SMK yang bergerombol menguasai lajur jalan, menimbulkan kemacetan lalu lintas jalan yang dilaluinya, seperti di sekitar Jalan AP Pettarani dan Jalan Andi Djemma. Para pelajar mengendarai sepeda motor dengan knalpot bersuara bising.

Sejumlah siswa itu bahkan tidak menggunakan helm. Kemacetan diperparah dari adanya proyek jalan tol layang di Jalan AP Pettarani. 

2.

Selesai UNBK, Ratusan Pelajar SMK di Makassar Konvoi di Jalan IDN Times/Abdurrahman

Meski konvoi disertai suara bising, tidak satu pun terlihat ada petugas Polisi Lalu-lintas (Polantas) yang berupaya menghentikan pawai pelajar SMK yang melanggar aturan berlalu lintas dan berpotensi mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya. Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo, telah meminta polisi menertibkan pelajar yang ugal-ugalan di jalan usai ujian. 

Baca Juga: 1 April, Seluruh Pegawai di Makassar Diminta Pakai Baju Adat

3. Dinas Pendidikan Sulsel sudah mengimbau pelajar tidak berkonvoi usai ujian nasional

Selesai UNBK, Ratusan Pelajar SMK di Makassar Konvoi di Jalan IDN Times/Abdurrahman

Irman juga sudah mengimbau agar para pelajar SMA-SMK se-Sulsel agar tidak lagi menggelar pawai di jalan yang membuat resah pengguna jalan lain. Irman berharap aparat kepolisian tidak segan menindak pelajar yang melanggar lalu lintas usai UNBK. Setelah pekan ini pelajar SMK mengikuti UNBK, pekan depan giliran pelajar SMA dan Madrasah Aliyah yang mengikuti UNBK. 


“Sebagai orang berpendidikan kita harus membuat sesuatu yang bisa membanggakan orangtua di rumah dan guru-guru di sekolah, setelah ujian harusnya pelajar pulang ke rumahnya dengan tertib,” ujar Irman dalam keterangannya beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Peserta UNBK Keluhkan Kendala "Log Out"

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya