Satu Lagi Jasad Tertimbun Runtuhan Masjid di Mamuju Ditemukan

Dua pekerja tertimbun saat hendak merobohkan bangunan

Makassar, IDN Times - Petugas SAR gabungan, Kamis dini hari (23/12/2021) menemukan satu lagi jasad pekerja yang tertimbun reruntuhan bangunan Masjid Su'ada di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

"Pekerja kedua yang bernama Daeng Tobo juga ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju Muhammad Arif Anwar dikutip dari Antara, Kamis.

Sebelumnya satu orang pekerja bernama Hendri ditemukan sudah tak bernyawa pada upaya pencarian dan evakuasi pada Rabu malam (22/12/2021).

Baca Juga: Dua Pekerja Tertimbun Reruntuhan Masjid di Mamuju, Satu Tewas

1. Jasad Daeng Tobo tertimbun reruntuhan bangunan masjid

Satu Lagi Jasad Tertimbun Runtuhan Masjid di Mamuju DitemukanPetugas SAR gabungan mengevakuasi seorang pekerja yang tertimbun reruntuhan Masjid Raya Su'ada Mamuju, Sulbar, Rabu malam (22/12/2021). (Dok. Basarnas Mamuju)

Arif mengatakan, jasad Daeng Tobo ditemukan pada Kamis sekitar pukul 02.30 Wita. Itu cuma berjarak beberapa jam setelah penemuan jasad satu pekerja lainnya. Jenazah langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Mamuju.

"Dengan ditemukannya kedua korban tersebut, operasi SAR kami nyatakan selesai dan ditutup," ucapnya.

2. Dua pekerja tertimbun pada proses renovasi masjid

Dua orang pekerja tertimbun reruntuhan bangunan Masjid Raya Su'ada Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (22/12/2021). Bangunan Masjid Raya Su'ada sengaja dibongkar untuk renovasi. Bangunan masjid rusak usai diguncang gempa M 6,2 pada 15 Januari 2021.

Upaya pencarian dan evakuasi korban melibatkan berbagai unsur, di antaranya tim Rescue Kansar Mamuju, BPBD Mamuju, Kodim 1418 Mamuju, Polresta Mamuju, PMI Mamuju, Brimob Polda Sulbar, Damkar Mamuju, Tagana Mamuju, Satpol Mamuju, PSC Mamuju, ACT Mamuju, masyarakat, dan keluarga korban.

3. Pekerja sedang memasang tali untuk merobohkan bangunan

Menurut keterangan seorang petugas BPBD Mamuju, kedua pekerja pembangunan Masjid Suada Mamuju tertimpa material bangunan yang hendak dirobohkan. Saat kejadian, para pekerja tengah memasang tali sling untuk merobohkan bangunan masjid yang akan dibangun kembali.

Dalam peristiwa itu, tiga orang berhasil selamat, dua diantaranya menderita luka-luka. Hendri akhirnya berhasil dalam kondisi meninggal dunia sementara pekerja bernama Daeng Tobo masih dalam pencarian.

"Saat itu, ada empat pekerja yang berada di dalam bangunan masjid, dua pekerja berhasil selamat saat gedung bangunan roboh, sementara dua lainnya terjebak di dalam reruntuhan," kata petugas tersebut.

Baca Juga: Polda Sulbar Gagarkan Peredaran Satu Kg Sabu asal Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya