Pecah 3 Rekor SEA Games, Rahmat Lifter Sulsel Bidik Emas Olimpiade

tes

Makassar, IDN Times - Lifter asal Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di cabang olahraga angkat besi SEA Games 2023 Kamboja. Rahmat tampil apik di kelas 81 kg putra sekaligus memecahkan tiga rekor di ajang pesta olahraga dua tahunan Asia Tenggara.

Bertanding di Olympic Complex: Taekwondo Hall, Phnom Penh, Senin (15/5/230), Rahmat Erwin mencatatkan total angkatan 359 kg. Catatan itu melampaui sekor sebelumnya milik Suepsuan Natthawut di SEA Games 2021 dengan 355kg. 

Rahmat Erwin mengulangi prestasinya di SEA Games 2021 lalu. Saat itu dia meraih medali emas lewat kelas andalannya 73 kg.

Baca Juga: Rahmat Erwin Raih Emas dan Pecahkan 3 Rekor SEA Games, Keren!

1. Rahmat pecahkan tiga rekor sekaligus

Pecah 3 Rekor SEA Games, Rahmat Lifter Sulsel Bidik Emas OlimpiadeLifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah berjalan usai melakukan angkatan snatch pada kelas 81 kg putra SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023).(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Tahun ini Rahmat Erwin mencatatkan angkatan snatch 158 kg. Catatan itu memecahkan rekor sebelumnya kolega Rahmat, yakni Rizki Juniansyah dengan angkatan 157 kg di SEA Games 2021.

Di clean and jerk, Rahmat Erwin mencatatkan angkatan 201 kg. Torehan itu memecahkan rekor 200 kg milik lifter Thailand Suepsuan Natthawut di SEA Games 2021.

2. Tidak kaget bisa pecahkan rekor

Pecah 3 Rekor SEA Games, Rahmat Lifter Sulsel Bidik Emas OlimpiadeLifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan selebrasi setelah berhasil melakukan angkatan pada kelas 81 kg putra SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dikutip dari laman Kemenpora, Rahmat Erwin mengatakan tidak mengalami masalah saat mengangkat beban hingga berhasil memecahkan rekor. Dia merasa lebih enteng mengangkat beban karena naik kelas dari 73 kg ke 81 kg.

"Karena berat badan saya naik, jadi lebih enteng saja mengangkat beban di kelas ini (81kg)," kata Rahmat Erwin. 

Selain itu, Rahmat Erwin juga membeberkan alasan mengapa dirinya tidak melakukan angkatan ketiga snacth serta clean and jerk. "Untuk kejuaraan-kejuaraan berikutnya. Kita sudah biasa dalam memecahkan rekor (SEA Games)," ujarnya. 

3. Emas Olimpiade 2024 jadi target selanjutnya

Pecah 3 Rekor SEA Games, Rahmat Lifter Sulsel Bidik Emas OlimpiadeLifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menunjukkan medali emas yang berhasil diraihnya dari kelas 81 kg putra SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, mengatakan bahwa keberhasilan Rahmat Erwin meraih emas dan memecahkan rekor di SEA Games 2023 bukan tujuan utama. Okto menyebut target utama Rahmat Erwin adalah Olimpiade Paris. 

"Rahmat harus fokus terus, dan fokus selanjutnya ke Olimpiade Paris 2024. Kita akan komunikasi dengan PABSI dan semua stakeholder agar Rahmat potensi medali emas di Paris 2024," ungkap Okto. 

Baca Juga: Indonesia Tembus Target 60 Emas di SEA Games 2023

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya