Comscore Tracker

5 Kebiasaan Orang Jepang yang Layak Ditiru, Teladan!

Aksi bersih-bersih mereka sering ramai dibicarakan

Jepang merupakan salah satu negara maju dengan jumlah penduduk sebanyak 125,7 juta jiwa per tahun 2021. Berbagai hal dari negara dengan ibu kota Tokyo ini menarik untuk diperbincangkan.

Anime, lagu-lagu j-pop, olahraga, fasilitas yang modern dan maju, menjadi daya tarik Jepang. Namun hal tak kalah menarik adalah membahas kebiasaan sehari-hari orang Jepang.

Meskipun memiliki jumlah kepadatan penduduk tinggi, orang-orang Jepang dikenal dengan kebiasaanya yang positif. Berbagai sikap dan prinsip mereka layak jadi inspirasi dan teladan. Berikut ini di antaranya. 

1. Budaya antre

5 Kebiasaan Orang Jepang yang Layak Ditiru, Teladan!ilustrasi mengantri (unsplash.com/renatomarques)

Orang Jepang dikenal sangat disiplin. Salah satu bentuk kedisiplinannya adalah budaya antre. Kamu mungkin tidak akan melihat pemandangan orang menyerobot atau berebutan di tempat umum saat berada di sana.

Kebiasaan antre orang Jepang sangatlah unik. Jika biasanya ketika antre langsung di belakang orang yang ada di depanmu, maka berbeda dengan Jepang. Di sana, kamu mesti antre di belakang agak menyerong ke samping dari orang di depanmu. Jangan khawatir, karena di jepang juga terdapat tanda stiker untuk barisan antri.

Selain itu, meski  Jepang merupakan negara maju dan sibuk, tetapi ketika ingin masuk kendaraan umum, penumpang dilarang untuk berlarian masuk.

2. Budaya bersih-bersih

5 Kebiasaan Orang Jepang yang Layak Ditiru, Teladan!penggemar timnas jepang membersihkan stadion (twitter.com/JacobsBen)

Sudah menjadi rahasia umum ketika pergi ke Jepang kamu akan melihat tempat-tempat dari perkotaan dan pedesaan yang sangat bersih serta asri. Hal tersebut dapat terjadi karena kebiasaan orang Jepang yang bersih dan higienis.

Baru-baru ini di Piala Dunia 2022 di Qatar, Timnas Jepang dan penggemarnya viral dan jadi pembicaraan karena aksinya bersih-bersih usai pertandingan. Meski ada euforia kemenangan atas Jerman di laga pertama, penggemar Timnas Jepang tidak lupa membawa sampah mereka ke luar tribun. 

3. Menjaga sopan santun

5 Kebiasaan Orang Jepang yang Layak Ditiru, Teladan!ilustrasi sopan santun orang jepang membungkuk (pexels.com/kampus)

Orang Asia memang terkenal dengan sopan santunnya, begitu juga orang Jepang. Sejak kecil orang Jepang sudah diajari bagaimana bertindak yang baik di masyarakat supaya tidak menyinggung orang lain.

Bahasa Jepang sendiri juga memiliki tingkatan untuk menunjukkan sopan santun. Misalnya, ketika berbicara dengan orang tua atau atasan harus menggunakan bahasa formal.

Selain itu, ketika mengucapkan terima kasih, orang Jepang harus membungkukan badan dan kepala. Jadi, meskipun menjadi tinggal di negara modern, orang Jepang sudah terbiasa untuk menjaga sopan santun dengan sesama. 

4. Tidak melakukan kejahatan

5 Kebiasaan Orang Jepang yang Layak Ditiru, Teladan!ilustrasi polisi jepang (usnplash.com/chrisfullr)

Jepang merupakan salah satu negara yang paling aman di dunia setalah Islandia dan Kanada. Menjadikannya negara teraman nomor satu di Asia.

Angka kriminalitas di Jepang hanya sebesar 1,4%. Hal ini terjadi karena orang-orang Jepang juga memegang prinsip harmoni, saling berkelompok, dan kontrol diri yang tinggi.

Bukan hanya itu, karena fasilitas dan juga ekonomi warganya yang ikut maju, menjadi salah satu alasan mengapa kriminalitas di Jepang rendah.

5. Tetap mempertahankan warisan budaya

5 Kebiasaan Orang Jepang yang Layak Ditiru, Teladan!ilustrasi orang jepang memakai kimono (pexels.com/satoshi)

Meskipun menjadi negara modern dan maju, ternyata orang-orang Jepang masih tetap mempertahankan warisan budaya mereka loh.

Misalnya, ketika menghadiri upacara minum teh, orang-orang Jepang masih menggunakan pakaian tradisional Kimono. Selain itu, anak-anak di Jepang juga masih diajari kesenian dan kerajinan tradisional di kurikulum sekolah. 

Wah ternyata itu ya lima kebiasaan-kebiasan dari orang Jepang. Pantas saja jika Jepang menjadi salah satu negara maju di dunia dan menjadi panutan negara lain.

Isna Ni’mah Mahmudah Photo Community Writer Isna Ni’mah Mahmudah

Penulis apapun

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya