Comscore Tracker

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui Fungsinya

Ruang kosong pada kemasan mi gelas ada fungsinya lho!

Pernahkah kamu merasa terganggu karena pintu toilet umum tidak tertutup sepenuhnya? Meski menjengkelkan, ternyata pintunya memang dibuat begitu karena alasan tertentu.

Hal yang sama pada mi instan dalam gelas yang menyisakan banyak ruang kosong pada kemasannya. Dikutip dari Bright Side, Berikut ini 13 fungsi tak terduga dari barang sehari-hari yang mungkin sering kamu gunakan.

Baca Juga: 10 Cropping Foto Kocak yang Tak Disangka-sangka

1. Ruang kosong di bagian bawah kemasan mi gelas

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui FungsinyaKemasan mi gelas. Imgur/Unknown

Kamu mungkin mengira itu trik menipu dari produsen pembuat mi. Tapi sebenarnya ruang itu sengaja dikosongkan untuk menjaga mi tetap aman selama dikirim. Tidak peduli seberapa sering atau seberapa keras kemasan jatuh, mi di dalamnya tetap utuh.

Selain itu, dengan cara ini air panas dapat bersirkulasi lebih baik saat kamu menuangkannya ke mi.

2. Bentuk V pada kaus

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui FungsinyaKerah V pada kaos. Depositphotos.com

Pada awalnya, bentuk V pada kaus bertujuan membantu mempertahankan bentuknya selama bertahun-tahun. Selain itu juga menyerap keringat, terutama yang terkumpul di sekitar area tersebut saat seseorang berolahraga.

Saat ini, banyak perusahaan telah berhenti menggunakan detail ini, tapi ada juga yang mempertahankan dengan alasan dekoratif.

3. Celah kecil di bawah cangkir

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui FungsinyaCelah pada bagian bawah cangkir. Depositphotos.com

Sepintas ini seperti produk gagal, tapi ternyata fungsinya sangat berguna. Menurut situs web IKEA, celah itu ada di sana untuk membantu mengalirkan air lebih mudah setelah dicuci.

Saat kamu mencuci cangkir dan membiarkannya terbalik, selalu ada air yang terkonsentrasi di bagian bawah cangkir. Jadi, dengan kepingan kecil di sisinya, air bisa keluar dengan mudah dan cepat.

4. Label plastik warna pada roti

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui FungsinyaLabel plastik untuk roti. Shutterstock

Twist ties atau tag plastik tersedia dalam lima warna berbeda yang mewakili 5 dari 7 hari dalam seminggu. Biru untuk Senin, hijau untuk Selasa, merah untuk Kamis, putih untuk Jumat, dan kuning untuk Sabtu.

Alasan Rabu dan Minggu tidak termasuk adalah karena sebagian besar toko tidak menerima pengiriman pada 2 hari tersebut. Warna yang berbeda memberi konsumen gambaran yang jelas tentang seberapa segar roti itu sehingga mereka tahu mana yang harus dibeli.

5. Tali di bahu jaket kulit

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui FungsinyaTali pada jaket. Shutterstock

Tali pengikat ini tidak hanya ada untuk dekorasi, tetapi untuk sesuatu yang jauh lebih praktis. Tali dirancang untuk menahan dan mengamankan tas Anda agar tidak jatuh dan tidak ada yang bisa mengambilnya dari bahu Anda. Itu juga tetap di satu tempat dan Anda tidak perlu menyesuaikannya setiap saat.

Dulu orang-orang menggunakan tali ini setiap hari, tapi seiring waktu, orang berhenti memanfaatkannya.

6. Margin pada buku catatan

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui Fungsinyapexels/suzyhazelwood

Dahulu, penulis menggunakan setiap inci pada kertas untuk menulis. Tapi mereka menyadari bahwa tikus akan mengunyah ujung-ujung kertas dan menggerogoti informasi berharga.

Makanya muncul ide membuat margin sehingga bagian utama tulisan tetap aman, bahkan jika tikus memutuskan untuk mengemil di atas kertas. Sedangkan saat ini margin ini sering digunakan oleh guru untuk menambahkan catatan kaki.

7. Pintu jaring pada microwave

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui FungsinyaUnsplash/Erik Mclean

Gelombang mikro dapat memanaskan makanan dengan sangat cepat karena mereka memusatkan semua panasnya pada makanan menggunakan radiasi. Layar jala yang ada di dalam pintunya memantulkan energi gelombang mikro dan mencegahnya melewati jendela. Ini juga menawarkan visibilitas di dalam microwave sehingga kamu tahu jika masakanmu tak sesuai rencana.

8. Bubble wrap

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui FungsinyaBubblewrap. Depositphotos.com

Bubble wrap pertama kali dirancang pada tahun 1957 oleh dua insinyur yang ingin membuat wallpaper bertekstur unik. Ide pertama ini gagal, jadi mereka berpikir untuk menggunakan produk mereka untuk isolasi rumah kaca.

Ketika alternatif gagal juga, mereka memutuskan untuk mempromosikan bubble wrap sebagai bahan kemasan. Produk yang akhirnya menghasilkan banyak uang di kemudian hari.

9. Play-doh

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui FungsinyaPlay-doh. Depositphotos.com

Pada tahun 1920-an, orang mencari alat untuk membantu mereka membersihkan jelaga yang ditinggalkan tungku pembakaran batu bara di wallpaper mereka. Dan play-doh hadir untuk itu. Hingga akhirnya pada 1949 produk ini mulai dipasarkan untuk mainan anak-anak karena sudah bermunculan banyak produk baru yang lebih mudah digunakan untuk membersihkan wallpaper.

10. bagian biru pada penghapus

13 Barang Sehari-hari Ini Belum Tentu Kamu Ketahui FungsinyaPixabay/MasterTux

Sebagian dari kita mungkin mengira bahwa ujung biru pada penghapus dipakai untuk menghapus pena. Namun itu bukan sesuatu yang akurat.

Kenyataannya, sisi biru yang keras digunakan pada kertas dengan grade yang berat sedangkan sisi yang berwarna oranye muda digunakan pada kertas dengan grade yang ringan.

Baca Juga: 10 Tulisan Stok Barang Kosong yang Bikin Pembeli Putar Balik, Kocak!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya