Comscore Tracker

Artmosphere Day 2022, Selebrasi Pelaku Industri Kreatif di Parepare

Turut mengangkat isu kepedulian ke lingkungan

Makassar, IDN Times - Setelah dua tahun tiarap akibat pandemik COVID-19, para pekerja industri kreatif Parepare ingin kembali merayakan kesenian dan meneguhkan eksistensi. Untuk itu, acara bertajuk "Artmosphere Day"  pada Jumat (30/9/2022) hingga Sabtu (1/10/2022) jadi ajang mereka bersenang-senang.

"Arthmosphere Day merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Parepare Indie untuk mempertemukan para pekerja kreatif di Sulawesi Selatan khususnya di Ajattappareng yang dilaksanakan tiap tahun dengan berbagai bentuk kegiatan," kata Axo Palintan, Direktur Festival Artmosphere Day, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Taman Mario Parepare, Spot Baru untuk Bersantai di Kota Bandar Madani

1. Jadi perayaan industi kreatif Parepare yang kembali menggeliat

Artmosphere Day 2022, Selebrasi Pelaku Industri Kreatif di ParepareSuasana acara festival Artmosphere Day Parepare 2022 yang berlangsung di Bukit Marezo, 30 September - 1 Oktober 2022. (Instagram.com/artmosphereday)

Tema "Long Life, Good Things" disebut menggambarkan secara tepat Artmosphere Day 2022. Dengan ancaman pandemik yang mulai melandai, semuanya kembali bergerak menuju normal. Pemulihan tak sekadar tentang kondisi terkini masyarakat, tapi juga industri kreatif yang sempat tiarap akhirnya menggeliat.

"Kami juga ingin mengembalikan euforia pelaku industri kreatif atau masyarakat umum setelah berhadapan langsung dengan pandemik yang mengancam. Sekaligus memulai kembali aktivitas dengan menyadarkan sesama tentang pentingnya peduli terhadap hal-hal baik," ungkap Axo.

2. Bukit Marezo dipilih agar pengunjung bisa lebih dekat ke alam

Artmosphere Day 2022, Selebrasi Pelaku Industri Kreatif di ParepareSuasana di Bukit Marezo, salah satu lokasi perkemahan di Kota Parepare. (Instagram.com/parepareupdate)

Bukit Marezo, yang berjarak 7 kilometer atau 15 menit perjalanan darat dari pusat Kota Parepare, juga bertujuan mengajak para pengunjung lebih peduli pada lingkungan. "Arthmosphere Day juga menghadirkan kegiatan edukasi dan sosial, guna meningkatkan kepedulian terhadap ekonomi kreatif dan lingkungan," papar Axo.

Tak cuma datang menonton, area perkemahan pun disiapkan bagi para pengunjung yang ingin merasakan dua hari festival secara utuh. Terlebih rangkaian acara sudah dimulai sejak pagi hari. Mereka juga bisa berpartisipasi dalam acara penanaman bibit pohon, serta dialog edukasi dengan komunitas lingkungan setempat.

3. Pusakata didapuk sebagai salah satu penampil utama

Artmosphere Day 2022, Selebrasi Pelaku Industri Kreatif di ParepareMuhammad Istiqamah Djamad (Pusakata), salah satu musisi asal Makassar. (Instagram.com/pusakata)

Pusakata --moniker musisi Istiqamah Madjid--, band folk Kapal Udara, dan solois muda Fais Palintan didapuk sebagai penampil utama. Selain itu, belasan musisi lokal Parepare dari beragam genre siap menghibur pengunjung Artmosphere Day 2022. Mulai dari Senin Monday, Bhavana, Akar Langit, 4 Sekawan hingga Karaoke Ulang Alik.

Beberapa item acara juga disiapkan selama dua hari penyelenggaraan. Mulai dari bincang wicara bersama pelaku industri kreatif seantero Sulsel membahas musik hingga fesyen, live painting, games, kuliner dan clothing tenant lokal.

Baca Juga: 5 Hotel Berkualitas di Parepare yang Layak Kamu Jajal saat Liburan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya