Comscore Tracker

Kekurangan Vitamin B12 Ternyata Bisa Diketahui dari Kondisi Mata

Salah satu vitamin penting untuk asupan energi manusia

Makassar, IDN Times - Ternyata, gejala seseorang kekurangan asupan vitamin B12 bisa terlihat dari kondisi mata yang bersangkutan. Menurut Medical News Today, salah satu tandanya adalah warna mata yang menguning sedikit demi sedikit.

Gejala mata kemudian berlanjut dengan kelopak dan mata yang kejang. Dalam beberapa kasus, hal tersebut kemudian berakhir menjadi rusaknya saraf optik dan hilangnya penglihatan. Tetapi itu termasuk kasus yang sangat jarang terjadi.

1. Kekurangan vitamin B12 bisa berakibat gawat bagi tubuh manusia

Kekurangan Vitamin B12 Ternyata Bisa Diketahui dari Kondisi Mataunsplash/Olga Kononenko

Jika mata Anda mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan tadi, segera datangi dokter untuk melakukan konsultasi lebih lanjut sekaligus demi mendapat langkah pemulihan.

Vitamin B12 sendiri dikenal sebagai salah satu vitamin yang sangat penting. Fungsinya yakni menjaga kesehatan saraf serta sel-sel darah. Kekurangan B12 pun bisa dipastikan akan memiliki implikasi gawat untuk tubuh.

2. Jika diderita oleh ibu hamil, bayi berisiko lahir dengan masalah pada sistem syaraf

Kekurangan Vitamin B12 Ternyata Bisa Diketahui dari Kondisi Mataunsplash/ Mel Elias

Salah satu artikel WebMD.com menjelaskan bahwa produksi DNA dan RNA --dua molekul yang sangat penting dalam pengkodean, decoding, regulasi, dan ekspresi gen-- sangat membutuhkan peran vitamin B12. Tak sampai di situ, B12 turut mengubah karbohidrat menjadi energi.

Kekurangan vitamin B12 pun bisa membahayakan kesehatan. Jika terjadi pada perempuan hamil, risiko bayi lahir dengan masalah pada sistem saraf melonjak tinggi. Sedang untuk kebanyakan orang, risikonya adalah terkena diabetes tipe 2 serta penyakit lainnya.

Baca Juga: Hindari Sekarang Juga, Ini 7 Penyebab Otak Kamu Mulai Lemot

3. Keju jadi salah satu sumber makanan dengan kandungan vitamin B12

Kekurangan Vitamin B12 Ternyata Bisa Diketahui dari Kondisi MataPexels.com/Irita Antonevica

Kekurangan vitamin B12 bisa diatasi lewat obat-obatan atau injeksi intravena alias disuntik. Namun, disarankan untuk tidak langsung buru-buru memilih obat sebagai jalan keluar.

Menurut Healthline, kandungan vitamin B12 bisa didapatkan dengan mengonsumsi hati hewan, kerang, ikan sarden, daging sapi, salmon dan tuna. Bagi orang vegetarian, B12 datang dari yogurt, susu rendah lemak, keju, telur, sereal yang diperkaya serta yeast.

Baca Juga: Bisa Fatal, 7 Penyebab Rasa Sakit di Ketiak yang Harus Kamu Waspadai

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya