Comscore Tracker

Resep Spageti Seafood Pedas, Menu Pasta yang Bikin Lapar!

Cocok untuk pencinta menu sajian pedas, nih

Kamu tentunya sudah tak asing lagi dengan menu spageti, bukan? Sajian spageti merupakan pasta khas Italia yang memiliki bentuk mi lurus memanjang. Biasanya spageti banyak dikombinasikan dengan beragam saus sesuai dengan selera.

Memang cukup banyak pilihan menu spageti yang bisa dipilih, apalagi dengan beragam bumbu berbeda. Salah satu menu spageti andalan yang bisa kamu coba selain spaghetti bolognese adalah sajian spaghetti seafood pedas. Menu ini cocok untuk kamu penyuka sajian pedas yang tetap menggugah selera. Jika tertarik membuatnya di rumah, maka resep berikut ini bisa dicoba.

1. Bahan-bahan dalam memasak

Resep Spageti Seafood Pedas, Menu Pasta yang Bikin Lapar!ilustrasi spaghetti (unsplash.com/@darshan394)

Bahan-bahan:

  • 1 sdm minyak zaitun
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 2 cabai merah yang dipisahkan dari bijinya dan dipotong-potong
  • 400 gram tomat (bisa yang ada di kalengan)
  • 175 gram spageti
  • 140 gram kerang yang telah dibersihkan dan direbus (bisa juga dilepaskan dari cangkangnya)
  • 100 gram lobster rebus
  • 100 gram cumi rebus yang sudah diiris-iris
  • Minyak zaitun atau minyak cabai
  • 1/2 pack parsley potong

2. Merebus spageti terlebih dahulu

Resep Spageti Seafood Pedas, Menu Pasta yang Bikin Lapar!ilustrasi spaghetti rebus (lilluna.com)

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan merebus spageti terlebih dahulu. Proses ini bisa kamu ikuti sesuai instruksi yang biasanya telah tertera pada kemasan spageti.

Kamu dapat merebus panci berisi air dengan tambahan sedikit garam di dalamnya. Masukanlah spageti dan biarkan proses ini selama 10-15 menit sesuai instruksi dan selera tingkat kematangannya. Jika sudah, maka kamu dapat meniriskannya sejenak.

3. Menumis semua bahan dan membuat sausnya

Resep Spageti Seafood Pedas, Menu Pasta yang Bikin Lapar!ilustrasi menumis (unsplash.com/@roninfehr)

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan wajan untuk menumis bahan-bahan dalam membuat saus. Kamu dapat terlebih dahulu memanaskan minyak pada wajan, lalu mulai tumislah bawang putih dan cabai selama 1-2 menit pada suhu medium.

Tuangkan sedikit air dan kemudian masukan tomat yang telah dihaluskan ke dalamnya. Kamu dapat membumbuinya dengan garam dan lada hingga rasanya pas. Jika tak ingin repot membuat saus spageti, kamu juga bisa menggunakan bahan instan dan kemudian tinggal memanaskannya. Untuk cita rasa yang lebih pedas, maka tambahkan lebih banyak cabai.

4. Mencampurkan spageti dengan tumisan saus dan aneka seafood

Resep Spageti Seafood Pedas, Menu Pasta yang Bikin Lapar!ilustrasi spaghetti (unsplash.com/@islandsandsunsets)

Spageti yang telah ditiriskan sebelumnya dapat langsung kamu pindahkan pada wajan berisi saus tomat pedas. Kamu dapat mengaduknya hingga saus pun tercampur secara merata pada seluruh bagian dari spageti.

Untuk melengkapinya, tentu kamu dapat memasukkan kerang, potongan lobster, serta irisan cumi-cumi ke dalam wajan. Aduk kembali hingga tercampur merata.

Baca Juga: Resep Ikan Kuah Asam Khas Manado, Penambah Selera Makan

5. Menyajikan menu ini selagi hangat

Resep Spageti Seafood Pedas, Menu Pasta yang Bikin Lapar!ilustrasi spaghetti pedas (unsplash.com/@clark_douglas)

Menu spageti yang telah selesai dibuat dapat langsung kamu pindahkan pada piring saji. Kamu dapat menambahkannya dengan kerang, lobster, dan cumi-cumi yang sudah dipersiapkan.

Penyajian menu ini dapat langsung disajikan selagi hangat untuk menjaga cita rasa dan kelembutan tekstur spagetinya. Dengan demikian, maka kamu dapat menyantapnya langsung.

Menu ini tentunya bisa menjadi sajian makan malam favorit keluarga di rumah. Menyajikan menu lezat yang terkesan mewah ternyata tak musti dilakukan di restoran. Olahan spaghetti seafood pedas favorit, ya!

Baca Juga: Resep Abon Ikan Cakalang Khas Manado, Pedas dan Kaya Rempah

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya