Comscore Tracker

5 Resep Smoothie Enak Menyehatkan, Mudah Dibuat di Rumah

Selain enak juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Siapa di antara kamu yang doyan smoothie? Minuman yang terbuat dari buah, biji-bijian atau kacang-kacangan ini menyehatkan sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Kamu juga dapat menambahkan yogurt, susu, atau es krim rendah lemak untuk membuat rasanya lebih enak.

Smoothie dapat dijadikan sebagai sarapan, hidangan penutup, ataucamilan. Minuman yang dibuat dengan cara diblender ini mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Caranya cukup mudah untuk membuat smoothie. Berikut ini 5 resep smoothie sederhana rendah lemak yang dapat dijadikan sebagai camilan yang menyegarkan.

Baca Juga: 5 Kreasi Smoothie Berbahan Susu Almon yang Siap Segarkan Dahaga

1. Smoothie cokelat, pisang dan selai kacang

5 Resep Smoothie Enak Menyehatkan, Mudah Dibuat di Rumahpexels

Cokelat, selai kacang, dan pisang merupakan perpaduan sempurna untuk membuat smoothie. Tak hanya rasanya yang enak, smoothie ini juga padat nutrisi lho.

Bahan-bahan: 1 buah pisang, 1 cangkir susu rendah lemak, 2 sendok makan selai kacang, 2 sendok makan sirup coklat

Cara membuat: Campurkan seluruh bahan ke dalam blender. Kemudian blender hingga halus. Tambahkan susu jika menyukai tekstur yang lebih encer.

2. Smoothie stroberi, bluberi dan jeruk

5 Resep Smoothie Enak Menyehatkan, Mudah Dibuat di Rumahpexels

Stroberi, bluberi, dan jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin, mineral dan serat yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, buah-buah tersebut juga kaya akan zat gizi untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Bahan-bahan: ½ cangkir stroberi segar, ½ cangkir blueberry segar, ½ cangkir jus jeruk. 

Cara membuat: Masukkan seluruh bahan ke dalam blender. Kemudian haluskan dan tambahkan jus jeruk jika menginginkan tekstur yang encer.

3. Smoothie kelapa dan nanas

5 Resep Smoothie Enak Menyehatkan, Mudah Dibuat di Rumahpexels

Santan memiliki manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Sementara nanas mengandung sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan antioksidan. Menggabungkan santan dan nanas dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit lho.

Bahan-bahan: 2 cangkir nanas segar, ½ cangkir santan.

Cara membuat: Blender seluruh bahan hingga halus. Untuk pilihan lain dapat mengganti nanas dengan mangga atau pepaya.

4. Smoothie krim jeruk

5 Resep Smoothie Enak Menyehatkan, Mudah Dibuat di Rumahpexels

Jeruk merupakan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C dan antioksidan. Kandungan itu dapat membantu untuk melawan infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahan-bahan: 6 ons yogurt vanila rendah lemak, ½ cangkir jus jeruk, ½ sendok teh ekstrak vanila dan ½ cangkir es.

Cara membuat: Blender seluruh bahan hingga halus.

5. Smoothie mangga, rasberi dan jeruk nipis

5 Resep Smoothie Enak Menyehatkan, Mudah Dibuat di Rumahpexels

Rasberi dan mangga merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya. Kandungan di dalamnya dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem imun. Dua buah tersebut juga berperan untuk mengatur tekanan darah.

Jeruk nipis juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya mampu menjaga daya tahan tubuh juga kesehatan jantung. Dengan menggabungkan rasberi, mangga dan jeruk nipis tentu akan memberikan efek yang bagus untuk kesehatan.

Bahan-bahan: 1 cangkir mangga potong dadu, 1 cangkir raspberry, 1 sendok makan air jeruk nipis, ½ cangkir jus jeruk, ½ sendok parutan kulit jeruk nipis.

Cara membuat: Masukkan seluruh bahan ke dalam blender. Kemudian haluskan sesuai selera.

Catatan: Tambahkan sedikit es kedalam smoothie untuk membuatnya lebih segar. Atau tambahkan sekitar ½ cangkir es ke dalam blender untuk dihaluskan bersama bahan-bahan lainnya.

Itulah beberapa resep smoothie rendah lemak yang enak, mudah dibuat dan sehat untuk tubuh. Yuk dicoba!

Baca Juga: 5 Resep Smoothie untuk Sarapan, Kenyang dan Sehat di Waktu Bersamaan 

Tiara Merdika Photo Community Writer Tiara Merdika

Because words are energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya