Resep Niku Soba, Mi Populer dari Jepang dengan Topping Daging Sapi 

Yuk, manjakan perut dengan hidangan Jepang ini!

Pernahkah kamu menyantap hidangan bernama niku soba? Hidangan ini merupakan mi populer dari Jepang dengan topping daging sapi. Kombinasi mi soba yang lezat, kuah hangat yang beraroma, dan irisan daging sapi yang lembut dijamin mampu menghangatkan perutmu.

Bagi kamu yang memiliki stok mi soba, kamu bisa membuat varian berikut karena proses persiapannya yang mudah. Tentu saja, kamu bisa mengkreasikan hidangan ini dengan mi jenis lain. Kamu bisa mengikuti resep berikut untuk mencapai mi soba autentik!

Baca Juga: Resep Tempura Soba, Hidangan Mi Kuah Populer dari Jepang 

1. Bahan-bahan membuat niku soba

Resep Niku Soba, Mi Populer dari Jepang dengan Topping Daging Sapi ilustrasi membuat kaldu niku (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. 100 gr mi soba kering
  2. 200 ml air mendidih
  3. 1 sdm kecap asin
  4. 1 sdm mirin
  5. 1 sdt gula
  6. 2/3 sdt bubuk dashi
  7. 80 gr daging sapi iris tipis
  8. 50 gr bawang bombai
  9. 2 sdm air
  10. 2 sdt kecap asin
  11. 2 sdt sake
  12. 2 sdt mirin
  13. 1 sdt gula
  14. Bawang hijau cincang, untuk topping

2. Cara membuat niku soba

Resep Niku Soba, Mi Populer dari Jepang dengan Topping Daging Sapi ilustrasi pembuatan niku soba (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. Iris tipis bawang bombai untuk memberikan aroma dan rasa yang lezat pada hidangan. Letakkan irisan bawang bombai ke dalam panci bersama dengan air, kecap asin, sake, mirin, dan gula. Panaskan campuran ini dan biarkan mendidih hingga bawang bombai menjadi agak lunak, menyerap semua cita rasa.
  2. Setelah bawang bombai mulai agak lunak dan aromatik, tambahkan irisan daging sapi tipis ke dalam panci. Biarkan daging sapi mendidih bersama bawang bombai dan campuran bumbu lainnya sampai matang sepenuhnya dan bawang bombai cukup lunak.
  3. Selanjutnya, siapkan mi soba dengan cara memasaknya dalam air yang cukup banyak. Mi soba harus dimasak hingga al dente untuk mendapatkan tekstur yang tepat. Setelah matang, tiriskan mi dan bilas dengan air dingin untuk menghentikan proses memasak.
  4. Langkah terakhir, sajikan hidangan dengan menyatukan semua komponennya. Campurkan air mendidih, kecap asin, mirin, gula, dan dashi powder, dalam sebuah mangkuk.
  5. Setelah itu, tambahkan mi soba yang telah dimasak ke dalam mangkuk dan siram dengan kuah. Untuk sentuhan terakhir, hiasi hidangan dengan bawang hijau cincang halus untuk memberikan aroma segar dan tambahan rasa. Niku soba siap dinikmati.

3. Tips membuat niku soba

Resep Niku Soba, Mi Populer dari Jepang dengan Topping Daging Sapi ilustrasi niku soba (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. Pilih daging sapi berkualitas bagus, mi soba yang segar, dan kaldu dashi yang autentik untuk memastikan rasa yang lezat.
  2. Iris daging sapi sesuai dengan ketebalan yang diinginkan, namun lebih tipis lebih baik. Daging yang tipis akan lebih mudah dimasak dan memungkinkan bumbu meresap. Hasilnya daging akan lebih lezat dan empuk.
  3. Kuah adalah kunci untuk hidangan yang lezat. Pastikan untuk memasak kuah dengan bumbu yang tepat, seperti kecap asin, mirin, sake, dan dashi powder, untuk mendapatkan rasa yang kaya dan seimbang. Kamu juga dapat menyesuaikan rasio bumbu sesuai dengan preferensi.
  4. Mi soba harus dimasak hingga al dente, namun jangan terlalu matang. Gunakan air mendidih yang banyak dan ikuti petunjuk pada kemasan mi untuk waktu memasak yang tepat. Setelah dimasak, segera tiriskan dan bilas mi dengan air dingin untuk menghentikan proses memasak dan mencegah menjadi terlalu lembek.
  5. Tambahkan topping sesuai dengan selera untuk meningkatkan rasa dan tampilan hidangan. Bawang hijau cincang, nori iris, dan telur rebus adalah pilihan topping yang umum untuk niku soba. Namun, kamu juga bisa menambahkan topping lain seperti menma (rebung bambu fermentasi), jamur, hingga sayuran sesuai keinginan.

Kini, kamu bisa membuat niku soba yang autentik dan lezat di rumah. Hidangan ini akan memanjakan perut dengan cita rasa Jepang yang khas. Yuk, bawa budaya kuliner Jepang ini ke meja makanmu hari ini!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Tempura ala Jepang yang Renyahnya Tahan Lama

Porcelain Photo Community Writer Porcelain

Member IDN Times Community ini masih gamau menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya