Comscore Tracker

Resep Sambal Ijo yang Cocok untuk Semua Makanan, Pedasnya Bikin Nagih!

Siapa nih yang doyan makanan pedas?

Resep sambal ijo banyak dicari oleh para pencinta makanan pedas. Bagi mereka, makan kalo gak pedas bukan ciri khasnya orang Indonesia, ya gak sih? Nah buat kalian yang suka pedas wajib coba sambal ijo yang bisa jadi teman semua makanan, dari gorengan sampai nasi! 

Apalagi sama Sambal ijo kayak gini. The most favorite deh, resepnya ga pakai takaran ya. Semua sesuai selera saja. Ikuti resep sambal ijo berikut ini, yuk! 

1. Blender bahan

Resep Sambal Ijo yang Cocok untuk Semua Makanan, Pedasnya Bikin Nagih!ilustrasi bahan (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Pertama-tama tentu saja menyiapkan seluruh bahan untuk membuat sambal ijo. Bahan tersebut dibersihkan terlebih dahulu, ya. Kemudian dihaluskan menggunakan mesin chopper atau diulek juga bisa. Jangan terlalu halus. Kalau menggunakan blender/chopper makan Anda tidak perlu menambahkan air atau minyak.
Bahan yang harus diblender atau diulek:

  • Lombok hijau besar / Cabai hijau keriting
  • Cabai rawit hijau
  • Bawang merah
  • Bawang putih

2. Bahan pelengkap

Resep Sambal Ijo yang Cocok untuk Semua Makanan, Pedasnya Bikin Nagih!ilustrasi bahan (pexels.com/@Maarten van den Heuvel)

Selain itu, ada juga bahan-bahan pelengkap yang dibutuhkan untuk membuat sambal ijo yang enak. Siapkan bahan pelengkap berikut ini:

  • Petai
  • Tomat hijau, potong sesuai selera
  • Serai digeprek
  • Laos diiris
  • Garam
  • Gula pasir
  • Bubuk penyedap
  • Saus tiram

3. Tumis bahan

Resep Sambal Ijo yang Cocok untuk Semua Makanan, Pedasnya Bikin Nagih!ilustrasi menumis (pexels.com/Clem Onojeghuo)

Selanjutnya, bahan yang telah dihaluskan kemudian ditumis sampai harum, lalu tambahkan bahan pelengkap yang telah disediakan sebelumnya. Tumis sampai mendidih dan mengeluarkan minyak. 

4. Tambahkan garam dan penyedap masakan

Resep Sambal Ijo yang Cocok untuk Semua Makanan, Pedasnya Bikin Nagih!masak sambel ijo (instagram.com/mamaktripel_z)

Setelah bahan sambal ijo mendidih, beri garam secukupnya, gula dan bumbu penyedap. Jangan lupa masukkan juga saus tiram kemudian aduk rata agar bahan tercampur sempurna.

Setelah itu, tumis kembali sampai seluruh bahan mengeluarkan minyak.

Baca Juga: Resep Buras dan Coto Makassar untuk Menu Lebaran Berkesan 

5. Sajikan

Resep Sambal Ijo yang Cocok untuk Semua Makanan, Pedasnya Bikin Nagih!Ayam Penyet Cabe Ijo Mas Suryo (instagram.com/ayampenyetcabeijomassuryo)

Nah, langkah terakhir membuat sambel ijo yang enak dan lezat yaitu, Anda harus mencicipi rasanya agar sesuai dengan selera. Setelah itu, masukkan bahan seperti ikan, cumi, ayam, atau bahan lain yang Anda sukai.

Sambal ijo juga bisa dicampur dengan tempe, udang, ati ampela, ikan asin, dan masih banyak lagi, ya. Pokoknya mantul deh! Selamat mencoba, Happy cooking! 

Baca Juga: Resep Burasa Khas Bugis, si Gurih Pengganti Ketupat

pratiwi wii Photo Community Writer pratiwi wii

"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain" Instagram @hestiprtiwi_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya