Comscore Tracker

Resep Mango Mille Crepes, Kudapan Manis yang Sering Muncul di Drakor

Segar mangganya kerasa banget

Mille crepes merupakan kue tart dadar lapis yang biasa wara-wiri ketika kamu menonton drama Korea (drakor. Tapi jangan salah, karena ternyata mille crepes ini sebenarnya berasal dari Perancis, lho. Kudapan ini terbuat dari lapisan crepes yang tipis, dengan whipcream di tiap lapisannya. Toppingnya bisa disesuaikan, sesuai selera.

Mumpung lagi musim mangga, kali ini, penulis akan berbagi resep mango mille crepes yang didominasi oleh rasa buah mangga yang manis dan segar. Bagi pemula, jangan khawatir, karena mille crepes ini tidak perlu menggunakan oven untuk membuatnya. Cukup menggunakan teflon, dan kamu dengan mudah bisa mempraktikkannya di rumah. Yuk, simak resep dan cara membuat manggo mille crepes.

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Resep Mango Mille Crepes, Kudapan Manis yang Sering Muncul di Drakorilustrasi menyiapkan bahan (pexels.com/Riki Risnandar)

Sebelum memulai, pastikan semua bahan sudah siap, ya!

Bahan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 4 sendok makan mentega cair
  • 500 ml susu cair
  • 1 sendok makan vanilla
  • 4 sendok makan gula pasir

Bahan cream:

  • 250 gram whipcream cair
  • 4 sendok makan gula bubuk
  • 1 sendok makan agar-agar bubuk plain
  • 5 sendok makan pasta mangga
  • buah mangga matang secukupnya

2. Buat adonan crepes

Resep Mango Mille Crepes, Kudapan Manis yang Sering Muncul di Drakorilustrasi membuat adonan (pexels.com/Gustavo Fring)

Cara membuat:

  • Siapkan wadah, masukkan 150 gram tepung terigu yang telah diayak halus, 4 sendok makan mentega yang sudah dilelehkan, 4 sendok makan gula pasir dan 1 sendok makan vanilla. Aduk hingga rata.
  • Jika semua bahan sudah tercampur rata, tambahkan 500 ml susu cair sedikit demi sedikit. Aduk kembali hingga tidak ada adonan yang bergerindil atau menggumpal, kemudian sisihkan.

3. Cetak crepes dengan teflon

Resep Mango Mille Crepes, Kudapan Manis yang Sering Muncul di Drakorilustrasi mencetak crepes (pexels.com/Elina Fairytale)

Selanjutnya, hidupkan Kompor dengan api kecil, siapkan teflon anti lengket. Ambil satu sendok sayur adonan crepes, dan tuang ke dalam teflon.

Goyang hingga permukaan teflon rata dengan adonan crepes. Masak hingga matang, lalu tiriskan ke dalam piring. Lakukan hingga seluruh adonan habis. 

4. Siapkan krim mangga sebagai isian

Resep Mango Mille Crepes, Kudapan Manis yang Sering Muncul di Drakorilustrasi mencampur bahan (pexels.com/Soana Beatriz)

Siapkan mangkok, masukkan 1 sendok makan agar-agar bubuk plain. Tambahkan air secukupnya ke dalam mangkok tadi, aduk hingga agar-agar larut, sisihkan.

Siapkan wadah, tambahkan 250 gram whipcream cair, 4 sendok makan gula bubuk dan 5 sendok makan pasta rasa mangga. Mixer bahan tadi hingga mengental, sisihkan. 

Baca Juga: Resep Barongko, Kue Pisang Manis Legit Khas Makassar

5. Mango Mille Crepes siap disajikan

Resep Mango Mille Crepes, Kudapan Manis yang Sering Muncul di DrakorMango mille crepes (pexels.com/Cats Coming)

Ambil buah mangga yang telah matang, kupas dan potong kecil-kecil dan sisihkan. Kamu bisa memotongnya sesuai selera, ya.

Siapkan piring saji, ambil satu lembar crepes tadi, olesi dengan krim mangga di tiap lapisnya. Tambahkan potongan buah mangga di tiap 5 lapis crepes yang telah diolesi krim. Lakukan hingga selesai. 

Mango Mille crepes siap disajikan. Kamu bisa memasukkan ke dalam lemari pendingin sesaat sebelum dinikmati, ya. Dijamin manis, lembut dan segar mangganya jadi satu. Yuk, segera eksekusi di dapurmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Resep Olahan Cokelat Oatmeal, Camilan Enak Mudah Dibuat

hayyu wardana Photo Community Writer hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya