10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapan

Duh jadi ngiler pagi-pagi!

Kalau ke Makassar kalian gak perlu bingung mau sarapan pakai apa. Di sini banyak banget pilihan kuliner pagi yang siap manjakan perut. Semua ada, mulai yang ringan seperti jajanan ataupun hidangan berat.

Untuk lidah lokal tentunya nasi jadi komposisi paling dicari untuk meredam perut yang lagi keroncongan. Biar tidak bosan, nasi yang hambar bisa divariasikan dengan sensasi gurih lho!

Untuk mendapatkan citarasa tersebut pilihan yang tepat adalah dengan menyantap nasi kuning. Nasi kuning khas Makassar ini sangat menggoda selera makan berkat warna kuning alaminya yang cantik. Cukup dari aroma sedapnya saja, kalian sudah bisa membayangkan betapa gurihnya setiap butiran nasi ini.

Dengan tekstur nasi yang pera sekaligus pulen sangat cocok jika dikombinasikan dengan aneka topping lauk pauk. Ada abon, telur, ayam, dendeng, dangkot bebek dan masih banyak lagi. Kalau gak suka makan kering, nasi kuning di Makassar punya ciri khas yang jadi pembeda dengan yang versi Jawa yakni makannya pakai kuah sayur labu.

Nah, biar gak tambah lapar berikut 10 nasi kuning paling endes yang wajib kalian cicipi satu persatu di Makassar.

1. Nasi Kuning Bau Mangga

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/makassargoeat

Kedai yang mulai buka dari jam delapan pagi ini sangat terkenal berkat olahan nasi pulen dengan tingkat kematangannya yang perfect. Disajikan bersama pelengkap seperti mie, sayur labu siam, acar, sambal goreng dan tambahan lauk sesuai selera.

Lauknya ada banyak macam antara lain paru masak basah, ayam kecap, rendang daging dan masih banyak lagi. Kalau mau lebih nendang jangan lewatkan dangkot bebek yang jadi lauk andalan di sini. Daging bebeknya lembut banget dikombinasikan bumbu yang pedasnya jempolan. Biar ada penawar rasa pedas pesan kerupuk kulitnya sekalian ya.

Pokoknya kalian gak bakal rugi buat bersantap disini karena enak dan harganya cukup terjangkau yakni Rp25 ribu dengan dua lauk tambahan per porsinya. Untuk mampir kalian bisa datang di Jalan Bau Mangga No 12, Masale, Panakkukang, Makassar.

2. Nasi Kuning Ny.Liem

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/mksfoodbang

Bertempat di Jalan Lamadukeleng dan Jalan Herstasning Raya No 52, Makassar. Pastikan kalau kesini kalian pesan nasi kuning pakai lauk ayam rempah khas Ambon, paru goreng, telur, ikan tuna atau cakalang kalau pas musim. Ditambah bihun, sambal goreng, serundeng dan acar. Biar makin nyoss tak ketinggalan sambalnya yang pedas sekaligus sedap. Untuk menyantap seporsi paket komplit dibanderol Rp27 ribu saja kok!

3. Nasi Kuning Bu Eko

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/simply_culinary

Berlokasi di Jalan Latimojong No 103A, Maradekaya, Makassar. Nasi kuning komplit di sini murah banget, dibanderol Rp15 ribu saja per porsi. Meski murah porsinya banyak banget. Sepiringnya terdiri dari nasi kuning dengan lauk seperti ayam, telur, daging, mie, sayur nangka dan sambal.

4. Nasi Kuning Timor

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/simply_culinary

Ada di Persimpangan Jalan Jend.M.Jusuf No 113, Gaddong, Bontoala, Makassar. Mulai jam tujuh pagi kalian bisa memanjakan lidah dengan nasi kuning yang dibanderol Rp30 ribu seporsinya. Isinya ada nasi kuning, telur, daging, abon, mie dan kering ubi.

5. Nasi Kuning Popsa

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/enak_tawwa

Beralamat di Parkiran Gudang Popsa, Jalan Riburane, Makassar. Nasi kuningnya kalau di sini disajikan bersama paru goreng, kering ubi, abon, daging dan telur balado.

Khasnya di sini, ada tambahan sayur labu siam yang disajikan dalam mangkuk terpisah. Kuah santannya mantap banget. Kalau gak suka nasi kuning ada lontong sayur yang tak kalah endes. Biar sesuai sama kapasitas perut porsinya bisa minta kecil yang dibanderol Rp20 ribu sedangkan porsi besarnya Rp35 ribu.

Baca Juga: 6 Hidangan Berkuah Khas Makassar yang Enak Disantap Saat Hujan

6. Nasi Kuning Bambapuang

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/Mythazakawa

Beralamat di Jalan Gunung Salahutu, Lariang Bangi, Makassar. Kedai yang buka sejak pukul enam pagi ini menawarkan tiga pilihan porsi mulai dari porsi kecil seharga Rp20 ribu, sedang Rp25 ribu hingga yang paling mahal Rp30 ribu untuk porsi besar. Makan nasi kuning di sini wajib pakai topping telur, paru, sayur labu siam dan tak ketinggalan ubi kering yang menjadi ciri khas kedai ini.

7. Nasi Kuning Riburane

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/kuliner_makassar

Ada di Jalan Riburane Pattunuang, Wajo, Makassar. Kedai legendaris ini telah ada sejak tahun 1980 lalu. Kedai ini biasanya buka mulai pagi sekitar jam lima pagi. Ada dua pilihan porsi yang ditawarkan yakni kecil dan besar. Dibanderol kisaran Rp35 ribu sampai Rp40 ribu per porsi. Kalau mau kenyang seharian, pesan yang porsinya besar. Meski relatif lebih mahal tapi begitu lihat isiannya kalian bakal merasa beruntung.

Nasinya pulen ditambah dengan lauknya yang komplit mulai dari rendang sapi, telur, paru, sambal goreng kentang, abon, labu siam dan sambal. Kalau dibawa pulang, bungkusnya masih pakai daun pisang jadi wanginya makin mantap!.

8. Nasi Kuning Wokpan Makassar

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/nomnomz.id

Mau makan nasi kuning di tempat kekinian super kece, langsung deh meluncur ke Wokpan Makassar. Alamatnya ada di Jalan Lanto Daeng Pasewang 18-25, Maricaya Sel., Makassar. Tempat ini selalu ramai pengunjung sejak buka pada jam sepuluh pagi sampai sepuluh malam. Makan nasi kuning di sini memang nagih, udah tempatnya nyaman porsinya yang besar bikin perut bahagia. Tampilannya yang menggoda selera sebanding dengan rasa nasi kuningnya yang nikmat.

Kalian bisa bersantap nasi kuning pakai lauk komplit. Antara lain ada daging, ayam, telur rebus, perkedel kentang, tumis buncis wortel, orek tempe, lalapan dan tak ketinggalan sambal yang pedasnya mantap. Untuk tekstur kriuk wajib makan sama kerupuk.

Untuk mencicipinya kalian wajib merogoh saku Rp42 ribu seporsi. Tak cukup nasi kuning, masih ada hidangan berkomposisi nasi lainnya antara lain nasi ayam telur asin, nasi rempah ayam goreng, nasi goreng ikan asin dan masih banyak lagi.

9. Nasi Kuning Bagan Sari

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/bagansari_kiosnasikuning

Berlokasi di Jalan Tentara Pelajar No 99, Makassar. Nasi kuning di sini dibanderol kisaran Rp22 ribu sampai Rp50 ribu seporsi. Bisa pilih mulai porsi biasa, spesial dan lengkap. Nasi kuning lengkap berisi nasi kuning, daging, paru, ayam kampung, ubi goreng dan sayur. Nasinya sedap dan lauknya enak semua. Ubi yang digoreng kering ini wanginya sedap dan menambah tekstur kriuk pada nasi kuning, mantap banget pokoknya. Kalau mau menu lain tersedia nasi campur juga.

10. Nasi Kuning Careta

10 Nasi Kuning Paling Enak Di Makassar, Paling Pas Jadi Menu Sarapaninstagram.com/jajanan_makassar

Nasi kuning disediakan mulai porsi biasa sampai komplit. Biar puas wajib dong nyoba yang versi komplit. Makan nasi kuningnya pakai ayam palekko, daging toppa lada, paru, telur rebus, tahu, abon, mie goreng, acar, kerupuk dan sambal goreng.

Aroma daun pandan pada racikan nasi kuningnya sangat terasa, wangi banget. Komposisi bumbu lauknya juga pas. Ditambah dengan tekstur dagingnya yang empuk saat digigit. Untuk mencoba datang saja ke Jalan Daeng Tata Raya No 61C, Tamalate, Makassar.

Nah, itu tadi pilihan nasi kuning yang recommended buat dicoba di Makassar. Kalian mau coba sarapan di mana dulu nih?

Baca Juga: 7 Menu Sarapan Khas yang Wajib Kamu Coba Bila Sedang di Makassar

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Fatiya di IDN Times Community dengan judul 10 Nasi Kuning Paling Endes Di Makassar, Gurihnya Susah Ditolak!

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Just For You