Comscore Tracker

Mencicipi Jagung Rebus Pulut Khas Kabupaten Takalar, Enak & Gurih!

Jagung pulut lebih cepat bikin kenyang

Melintasi wilayah selatan Sulawesi Selatan, jangan sungkan mampir di sekitar daerah Patalassang, Kabupaten Takalar. Belum mantap rasanya jika tanpa menyantap jagung rebus pulut khas Patallassang. Jagung rebus Patalassang karena jagung yang direbus jenis jagung pulut berwarna putih atau biasa disebut jagung ketan yang pulen dan bergizi tinggi. 

Bentuk jagung pulut berbeda dengan jagung yang biasa dijumpai yang berwarna kuning dan ukurannya lebih kecil dari ukuran jagung manis atau jagung mutiara. 

Terdapat puluhan penjual jagung yang berderetan, yang kerap disinggahi pengendara motor atau mobil yang hendak menuju wilayah Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Selayar atau jalur sebaliknya menuju Makassar. Lokasinya hanya sekitar 1 kilometer dari kota Takalar atau sekitar 39 kilometer dari Makassar.

1. Jagung Rebus Pulut Takalar dicocol garam halus dicampur cabe rawit dan jeruk nipis

Mencicipi Jagung Rebus Pulut Khas Kabupaten Takalar, Enak & Gurih!IDN Times/Muhammad Nur Abdurrahman

Menikmati jagung rebus pulut khas Takalar, kurang lengkap tanpa mencocol atau menaburinya dengan garam halus yang sudah dicampur cabe rawit dan jeruk nipis. Jagung yang disajikan masih dalam kondisi hangat atau baru diangkat dari panci. 

Baca Juga: Yuk, Memasak Pallu Mara! Kuliner Makassar yang Kuahnya Segar Banget

2. Harga jagung rebus ramah di kantong

Mencicipi Jagung Rebus Pulut Khas Kabupaten Takalar, Enak & Gurih!IDN Times/Muhammad Nur Abdurrahman

Jangan takut bokek kalau hanya ingin menikmati jagung rebus khas Patalassang. Cukup merogoh kocek Rp 20 ribu saja, kita akan mendapat 12 buah jagung rebus yang masih segar lengkap dengan garam halus dan cabe rawitnya. Jagung rebus yang disajikan sudah dibersihkan dari daun dan rambutnya.

3. Kawasan penjual jagung di Patalassang jadi ‘Rest Area’ dadakan

Mencicipi Jagung Rebus Pulut Khas Kabupaten Takalar, Enak & Gurih!IDN Times/Muhammad Nur Abdurrahman

Pengendara yang mampir biasanya menikmati jagung rebus sambil beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanannya. Di sekitar penjual jagung juga terdapat masjid, SPBU dan mini market. Posisi Kabupaten Takalar kurang lebih berada di tengah-tengah rute perjalanan dari Makassar menuju Kabupaten Bulukumba, sehingga menjadi tempat favorit komunitas bikers atau traveller yang melintasi Takalar. Para penjual jagung rebus ini memiliki nomor tertentu dan dilengkapi gambar wajah pemiliknya.

4. Selain jagung rebus, ada menu pilihan lain

Mencicipi Jagung Rebus Pulut Khas Kabupaten Takalar, Enak & Gurih!IDN Times/Muhammad Nur Abdurrahman

Selain jagung pulut rebus, ada beberapa menu pilihan lainnya yang bisa disantap, seperti mi instan atau minuman khas Makassar, Sarabba, terbuat dari jahe yang bisa menghangatkan tubuh, khususnya di musim hujan saat ini. Selain jagung rebus, ada juga penjual jagung marning yang menjajakan jualannya ke pengendara yang mampir. 

Baca Juga: Rasanya Ngangenin, 10 Kuliner Makassar yang Harus Banget Dicobain

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Muhammad Nur Abdurrahman di IDN Times Community dengan judul Mencicipi Jagung Rebus Pulut Khas Kabupaten Takalar, Enak dan Gurih!

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya