Comscore Tracker

Jangan Cuma Taunya Makan, Ini Loh Sejarah Coto yang Perlu Kamu Ketahui

Ternyata santapan raja dan bangsawan Gowa

Warung Coto Makassar tidak saja mudah dijumpai di kota Makassar, tempat makanan ini berasal. Tapi juga di kota-kota lain di Indonesia. Ini karena penyuka kuliner berbahan daging dan jeroan semakin bertambah. Begitu pula perantau-perantau asal Makassar, mereka singgah di warung coto untuk mengobati kangen atas kampung halamannya, selain karena rasa dan aroma rempahnya yang nikmat.

Nah, di balik kenikmatan coto Makassar ternyata menyimpan kisah sejarah yang menarik. Dahulu makanan ini adalah makanan favorit para bangsawan. Cita rasanya dijaga, sebagai penghormatan terhadap penguasa.

Nah, berikut ini 5 fakta dari seluruh kisah sejarah coto makassar yang wajib kalian tahu. Supaya makin nikmat makannya...

1. Coto Makassar adalah masakan kuah tertua di persada nusantara sejak tahun 1538.

Jangan Cuma Taunya Makan, Ini Loh Sejarah Coto yang Perlu Kamu Ketahuikebudayaan.kemdikbud.go.id

Dilihat tahunnya, coto Makassar sudah sangat lama ada di Makassar. Banyak versi tentang awal mula masakan ini. Ada yang mengatakan berawal dari racikan koki kerajaan untuk disajikan kepada keluarga bangsawan kerajaan Gowa, dan di saat upacara adat. 

Namun ada pula yang beranggapan bahwa coto ini pertama kali dibuat oleh rakyat jelata, yang dibuat khusus untuk pengawal kerajaan, dan disajikan di kala pagi hari.

 



 

2. Disempurnakan dengan perpaduan tradisi makanan Cina yang sudah hadir pada abad ke-16.

Jangan Cuma Taunya Makan, Ini Loh Sejarah Coto yang Perlu Kamu Ketahuichinesetimeschool.com

Cita rasa dari coto makassar sebenarnya tidak seperti yang bisa kita rasakan saat ini. Namun, perpaduan dari sambal tao-co membuat soto ini menjadi sempurna. 

Kehadiran pedagang-pedagang cina, membuat mereka memadukan makanan lokal dengan bumbu yang mereka bawa dari negerinya. Juga disesuaikan dengan bumbu rempah yang mudah mereka dapatkan di Makassar.

3. 40 Macam rempah digunakan demi mendapatkan cita rasa sempurna.

Jangan Cuma Taunya Makan, Ini Loh Sejarah Coto yang Perlu Kamu Ketahuigomuslim

Yang membedakan soto dengan coto adalah kerumitan rempahnya. Untuk membuat kuah coto, membutuhkan 40 macam rempah, dan inni bukanlah jumlah yang sedikit.

Banyaknya jenis rempah yang dipakai mengikuti selerang orang-orang Makassar saat itu yang senang membuat masakan yang kaya akan rempah.

4. Banyaknya rempah juga sebagai penawar jeroan

Jangan Cuma Taunya Makan, Ini Loh Sejarah Coto yang Perlu Kamu Ketahuimedium.com

Selain sebagai penyedap dan penyempurna rasa, penggunaan ke 40 rempah itu juga untuk penyeimbang dari dampak yang ditimbulkan oleh jeroan. Beberapa rempat yang dipilih dipercaya bisa menurunkan kolesterol.

5. Sumber inspirasi bagi soto Madura, soto Tegal, soto Betawi dan wilayah lainnya.

Jangan Cuma Taunya Makan, Ini Loh Sejarah Coto yang Perlu Kamu Ketahuiperutgendut.com

Keberadaaan berbagai soto di Indonesia diduga kuat terinspirasi dari pengaruh coto Makassar yang dibawa oleh para pelaut Bugis Makassar yang telah melanglang buana di seluruh penjuru negeri.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ihzanf di IDN Times Community dengan judul Ini 5 Fakta Coto Makassar, Hidangan Raja Gowa yang Nikmat Tak Terkira

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Just For You