Comscore Tracker

Rasanya Ngangenin, 10 Kuliner Makassar yang Harus Banget Dicobain

Kuliner Makassar top markotop!

Salah satu kelebihan Kota Makassar adalah aneka macam kulinernya yang enak-enak. Tidak cukup hanya dengan satu macam makanan saja, harus disantap semua jika berkunjung ke sana!

Kalau kamu berkesempatan ke Makassar, belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi 10 kuliner khas ini.

1. Coto Makassar

scoopsofjoy.com

Makanan khas paling terkenal dari Makassar adalah Coto Makassar, makanan daging berkuah dengan bumbu rempah yang menggoda selera. Coto Makassar biasanya dimakan dengan ketupat atau buras. Tak sulit mencari warung yang menjual makanan mantap ini. Biasanya, seporsi coto Makassar dibanderol Rp 10 ribu.

2. Jalangkote

maxmanroe.com

Mungkin di tempat lain, makanan ini disebut pastel, tapi tidak di Makassar. Di Makassar, makanan ini disebut jalangkote. Isian wortel, kentang, telur, dan daun bawang inilah yang membedakan jalangkote dengan pastel lainnya.

3. Es pisang ijo

pergikuliner.com

Siapa yang tidak mengenal es pisang ijo? Es dengan pisang kepok yang dilapisi tepung beras berwarna hijau, kemudian disajikan dengan es serut dan sirup berwarna merah. Tampilan es ini sangat menggugah rasa, terutama saat siang hari yang panas.

4. Pisang epe

jendelakuliner.com

Makanan berbahan dasar pisang ini juga menjadi makanan khas Makassar yang digemari semua kalangan. Pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang dibakar. Pisang epe disajikan dengan gula merah yang dicampur air daun pandan, ditambah durian rebus kental.

Semuanya itu disiram di atas pisang yang telah dibakar. Pisang epe banyak dijual di pinggir jalan, sepanjang Pantai Losari yang bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp 6.000.

5. Sop konro

igasapibathok.com

Makanan berkuah lainnya yang menjadi khas makanan Makassar adalah sop konro. Bahan dasarnya iga sapi yang dimasak dengan kayu manis, asam Jawa, dan bumbu rempah lainnya. Tak ketinggalan pula campuran buah kluwak di dalamnya. Di Makassar, harga satu porsi sop konro adalah sekitar Rp 38 ribu.

Baca juga: 14 Jenis Es Paling Segar Khas Nusantara, yang Mana Favoritmu?

6. Barongko

sajiansedap.com

Barongko merupakan jajanan khas Makassar yang terbuat dari pisang, dicampur dengan telur, gula, garam, dan susu bubuk. Kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Sudah pernah coba?

7. Pallu basa

airasia.com

Satu lagi makanan berkuah yang menjadi makanan khas Makassar, pallu basa namanya. Jika dilihat sekilas, pallu basa hampir mirip dengan coto Makassar. Namun, bedanya adalah penggunaan santan kental dan kelapa parut sangrai di dalamnya, juga penambahan telur.

8. Mie titi

wartatimur.com

Ternyata ada makanan berbahan dasar mie yang menjadi makanan khas Makassar. Ciri khas makanan ini adalah menggunakan mie kuning kriting yang kering, seafood, sayuran, dan bumbu rempah. Mie titi ini bisanya disantap pada malam hari.

9. Kapurung

fanyfebriany.com

Kapurung adalah makanan khas Makassar yang terbuat dari tepung sagu dengan ayam rebus suwir, potongan terong ungu, serta sayuran hijau seperti kangkung, pakis atau daun katuk.

10. Sarabba

jamuhomeremedy.com

Sarabba adalah jenis minuman khas dari Makassar. Makanan ini merupakan minuman sehat yang penuh khasiat. Terbuat dari campuran jahe, gula merah, kuning telur, santan, pala, dan kayu manis. Rasa hangat yang diberikan sarabba bisa menjaga stamina tubuh dan mengusir masuk angin. 

Sekarang sudah tahu, kan mau makan apa saja kalau ke Makassar? Mana dulu nih yang mau kamu cobain?

Baca juga: 7 Makanan Khas Ambon yang Selalu Bikin Rindu, Enak Banget Sih!

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Just For You