Comscore Tracker

5 Takjil Khas Makassar yang Jadi Menu Buka Puasa Populer

Kumpulan takjil khas Makassar yang nikmat dan mudah didapat

Makassar, IDN Times - Bulan Ramadan selalu menjadi bulan yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim di seluruh dunia. Salah satu hal yang menarik bagi umat muslim di Tanah Air ialah kegiatan berburu takjil pada sore hari.

Beragam menu makanan mulai dari yang manis hingga yang punya cita rasa asin kerap jadi buruan masyarakat untuk membatalkan puasa.

Nah, buat kamu yang belum tahu ini dia lima takjil khas Makassar yang populer sebagai menu buka puasa andalan. Selain rasanya yang nikmat, makanan tersebut juga mudah didapat. Ada makanan apa saja, ya? Yuk, cek di bawah ini!

Baca Juga: Resep 5 Menu Buka Puasa Olahan Pisang Khas Makassar

1. Es Pisang Ijo

5 Takjil Khas Makassar yang Jadi Menu Buka Puasa Populerinstagram.com/vsamperuru

Menu yang pertama ada Es Pisang Ijo. Popularitas Pisang Ijo tentu sudah gak perlu diragukan lagi. Bahkan, kita dapat menemukan makanan berbahan pisang ini di hampir seluruh wilayah Tanah Air.

Berbahan dasar pisang yang kemudian dilapisi dengan lapisan dadar hijau, rasanya makin nikmat dengan siraman saus seperti bubur sumsum yang manis. Es Pisang Ijo paling enak disajikan saat dingin. Dijamin bikin segar pas buka puasa!

2. Pallu Butung

5 Takjil Khas Makassar yang Jadi Menu Buka Puasa Populerinstagram.com/hanhanny ____________

Hampir mirip dengan menu sebelumnya, Pallu Butung jadi salah satu olahan pisang yang sangat cocok jadi menu buka puasa. Jika Pisang Ijo dilapisi dadar hijau di luarnya, maka tidak dengan Pallu Butung.

Makanan ini disajikan dengan pisang dan siraman saus bubur sumsum saja. Untuk menambah rasa manis, biasanya ditambahkan sirup stroberi di atasnya. Rasanya bikin pengen nambah terus!

3. Pallu Golla

5 Takjil Khas Makassar yang Jadi Menu Buka Puasa Populerinstagram.com/carikulinersolo

Pallu Golla adalah nama lain dari Kolak dalam Bahasa Makassar. Menu ini juga jadi  salah satu menu yang digemari saat berbuka puasa. Ada beberapa jenis Pallu Golla yang sering ditemui di Makassar. Ada yang terbuat dari pisang dan ada juga yang dibuat menggunakan labu.

Menu favorit buat jadi takjil ini bisa dinikmati saat masih hangat, tapi ada juga yang senang menikmati saat dingin dengan mencampur es batu.

4. Jalangkote

5 Takjil Khas Makassar yang Jadi Menu Buka Puasa PopulerIlustrasi makan. instagram.com/foodnotestories

Sekilas, jalangkote memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan pastel. Namun perbedaannya terletak pada kulitnya. Untuk Jalangkote, biasanya kulitnya dibuat lebih tebal.

Buat kamu yang ingin mencoba makanan denga cita rasa asin untuk berbuka, kamu bisa memilih Jalangkote. Makanan ini biasanya berisi irisan kentang, wortel, telur, tauge, bihun, daging sapi dan daging ayam. Jalangkote paling cocok dinikmati dengan sajian sambal cair.

5. Barongko

5 Takjil Khas Makassar yang Jadi Menu Buka Puasa Populerinstagram.com/angel_budiawan

Masih dengan sajian berbahan pisang, kali ini ada Barongko. Makanan khas Sulsel ini cukup mudah ditemui di berbagai toko kue ataupun kerap disajikan di acara-acara tertentu.

Barongko terbuat dari pisang yang dihaluskan lalu dicampur telur, santan, dan gula pasir. Lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Biar lebih nikmat, Barongko biasanya didinginkan terlebih dahulu di kulkas untuk mendapat sensasi manis dan segar dari Barongko.


Nah, itulah 5 makanan khas Makassar yang cocok jadi menu takjil buat berbuka puasa. Kelima menu di atas juga gak sulit dibuat kok. Jadi kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho.

Baca Juga: Resep Es Pisang Ijo Sulawesi Selatan, Anti Gagal dan Lezat Rasanya

Dewi Andini Photo Community Writer Dewi Andini

when life gives you lemons, sell them and be a billionaire!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya