Comscore Tracker

Ragam Kuliner Khas Sinjai yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh

Dari olahan ikan segar hingga manisnya madu campur susu

Sinjai menjadi daerah Sulawesi Selatan yang memiliki ragam macam tempat wisata yang sangat menarik untuk kita jelajahi. Terdapat berbagai destinasi wisata seperti pantai-pantai, air terjun dan sebagainya di Sinjai. 

Selain dari destinasi wisatanya, terdapat juga kuliner makanan oleh oleh khas sinjai yang sangat menarik dicipi. Pada info kali ini akan dibahas apa saja kuliner yang lezat dan khas dari Sinjai, berikut ini beberapa di antaranya.

Baca Juga: Super Menggiurkan, 5 Kuliner Khas Sinjai yang Bikin Penasaran

1. Lawa

Ragam Kuliner Khas Sinjai yang Bisa Dijadikan Oleh-olehLawa, salah satu kuliner tradisional khas Kabupaten Sinjai. (Instagram.com/marlinadgmabbate)

Lawa merupakan kuliner yang dibuat dengan bahan campuran kelapa dan ikan. Sebutan kuliner Lawa ini ada versi lain yaitu Laha’ Bete. Arti Laha’ yaitu berarti hidangan yang dicampur dengan kelapa, sedangkan istilah Bete merujuk kepada nama jenis ikan.

Ada pun ikan yang dipakai untuk pembuatan Lawa yaitu ikan mairo. Ikan ini khusus dipakai untuk Lawa karena memiliki kelebihan. Ikan tersebut kenyal dan memiliki postur yang kecil. Selain itu, tekstur daging ikan ini juga lembut dan tulangnya mudah untuk dicabut atau dihilangkan. Rasa Laha’ Bete nikmat dan kaya akan kandungan gizi serta protein dari ikannya itu sendiri.

2. Bikang doang

Ragam Kuliner Khas Sinjai yang Bisa Dijadikan Oleh-olehBikang doang, salah satu kuliner tradisional khas Kabupaten Sinjai. (Instagram.com/bentobento2020)

Selain Lawa, Bikang Doang juga termasuk kuliner khas Sinjai yang populer. Kalian dapat menemukan Bikang Doang lewat pasar-pasar tradisonal. Harga Bikang Doang pun terjangkau, cukup dengan Rp1000 hingga Rp2000 saja sudah dapat menikmati kuliner Bikang Doang ini.

Jika melihat bentuknya, maka Bikang Doang ini sangat familier. Dikarenakan Bikang Doang jika diterjemahkan mempunyai arti Bakwan Udang. Untuk cara membuat Bikang Doang pun sama dengan bakwan biasanya.

Soal rasa, Bikang Doang ini sangat nikmat dan lezat. Apalagi jika Bikang Doang dinikmati sembari minum kopi atau teh. Tentu saja juga untuk menikmati Bikang Doang tersebut tidak cukup hanya satu saja, kalian bisa beli banyak Bikang Doang ini untuk menjadi teman perjalanan saat di Sinjai.

3. Jalangkote

Ragam Kuliner Khas Sinjai yang Bisa Dijadikan Oleh-olehJalankote, salah satu kuliner tradisional khas Kabupaten Sinjai. (Instagram.com/bleszing.raima)

Kuliner satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan pastel. Tetapi Jalangkote ini memiliki kulit lebih tipis jika dibandingkan pastel-pastel biasanya. Hal yang bisa membuat Jalangkote berbeda lagi yaitu Jalangkote tersebut dinikmati dengan memakai sambal cair.

Sambal cair Jalangkote yaitu campuran cabai dan cuka, berbeda kalau dengan pastel karena dinikmati langsung memakai cabai. Untuk bisa mendapatkan Jalangkote juga tidak sulit, Jalangkote tersedia di berbagai pasar tradisional.

4. Gogos

Ragam Kuliner Khas Sinjai yang Bisa Dijadikan Oleh-olehGogos, salah satu kuliner tradisional khas Kabupaten Sinjai. (Instagram.com/beta.makan.terus)

Selanjutnya ada Gogos, kuliner khas Sinjai satu ini disebut juga dengan nama Gogoso. Gogos ini ialah makanan yang dibuat dengan nasi ketan dan dibungkus memakai daun pisang. Agar bisa mencicipi Gogos, bisa dibeli di pasar-pasar tradisional dengan harga Rp3500-Rp5000 saja per bungkus.

Ada pun ciri khas Gogos yaitu di bagian luarnya. Daun pisang Gogos yang dibakar hingga setengah hangus. Umumnya Gogos diisi memakai berbagai isian, ada yang original dan Gogos yang berisikan tuna pedas dan ayam.

5. Minas

Ragam Kuliner Khas Sinjai yang Bisa Dijadikan Oleh-olehMinas, salah satu kuliner tradisional khas Kabupaten Sinjai. (PemudaBulobulo.com)

Minas bukan merupakan makanan melainkan minuman khas dari Sinjai yang dibuat dengan campuran madu, tape, susu, air kelapa, telur, dan juga buah-buahan. Minas konon dibuat agar bisa menggantikan miras atau minuman keras di Sinjai. 

Untuk bisa mendapatkan Minas tersebut, cukup siapkan Rp20 ribu untuk sebotol Minas. Disarankan menyimpan Minas dengan kondisi suhu sejuk dan dingin. Hal tersebut dikarenakan minuman Minas ini tak tahan kalau dibiarkan terbuka saja dengan suhu panas.

Demikian daftar makanan dan kuliner khas Sinjai di Sulawesi Selatan. Semoga bisa menambah referensi bagi kalian yang doyan icip-icip makanan, ya.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel dan Penginapan Berkualitas di Pulau Selayar

Topic:

  • Irwan Idris
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya