Comscore Tracker

Ini 8 Menu Buka Puasa Khas Orang Sulsel, yang Gak Mudik Pasti Kangen!

Mulai dari pisang ijo, jalangkote sampai roko'-roko' unti

Bulan Ramadan 1441 H tahun 2020 berbeda dengan puasa di tahun-tahun sebelumnya. Ya, pandemik virus corona membuat aktivitas masyarakat di luar rumah sangat dibatasi agar tidak tertular COVID-19. Pun demikian dengan mereka yang tidak boleh mudik menjalani ibadah puasa bersama keluarga di kampung halaman.

Nah, bagi kalian yang berasal dari Sulawesi Selatan, ada begitu banyak menu buka puasa yang wajib ada di meja makan saat kamu berada di kampung halaman. Ada yang memiliki rasa manis, gurih sampai camilan dengan isi beragam.

Agaknya, makanan-makanan tersebut kini dirindukan oleh kalian yang terpaksa tak bisa pulang ke Sulawesi Selatan pada Ramadan tahun ini. Apa saja ya?

1. Pisang Ijo

Ini 8 Menu Buka Puasa Khas Orang Sulsel, yang Gak Mudik Pasti Kangen!instagram.com/miaoctavia

Pisang ijo wajib masuk dalam daftar ini. Es berkuah kental dengan pisang ijo ini menggunakan kulit adonan berwarna hijau sebagai penutup pisang, bubur sumsum, sirup, dan serutan es batu. Beberapa bahan tambahannya adalah seperti susu kental manis atau sirup pisang ambon.

Kamu bisa membuat atau menemukan pisang ijo dijual di kota lain. Akan tetapi, rasanya tidak semantap jika pewarna merah pada kuahnya berasal dari sirop DHT asli Makassar. Benar kan?

2. Jalangkote

Ini 8 Menu Buka Puasa Khas Orang Sulsel, yang Gak Mudik Pasti Kangen!instagram.com/cookiesnonanona

Jalangkote acap kali disebut sebagai kembaran pastel. Yang jadi pembeda hanya kulitnya lantaran lebih tebal. Jalangkote punya banyak variasi isi seperti potongan kentang, wortel, telur, tauge, bihun, daging sapi dan daging ayam. Tambahkan sambal cair pedas asam agar lebih mankyus.

3. Pallu Butung

Ini 8 Menu Buka Puasa Khas Orang Sulsel, yang Gak Mudik Pasti Kangen!Instagram.com/hamnahanwarnew

Sekilas pallu batung ini memang mirip dengan pisang ijo. Tetapi yang jadi perbedaan adalah pisangnya tak dibungkus kulit adonan. Potongan pisang langsung dicampur dengan bubur sumsum, sirop, dan serutan es batu. Semakin lengkap dengan susu kental manis atau sirop pisang ambon.

4. Dadar Gulung

Ini 8 Menu Buka Puasa Khas Orang Sulsel, yang Gak Mudik Pasti Kangen!Instagram.com/merrytan_tuwendi

Ada dua cara menyantap dadar gulung yang biasa menjadi sajian takjil. Pertama, dadar gulung berisi campuran kelapa parut dan gula merah. Dadar gulungnya bisa langsung dimakan. Atau kalau mau beda, tuangkan santan, bubur sumsum dan sirop. Jadinya, mirip dengan cara menyantap pisang ijo.

Baca Juga: Catat! Tempat Beli 5 Kuliner Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang 

5. Saggara' Balanda

Ini 8 Menu Buka Puasa Khas Orang Sulsel, yang Gak Mudik Pasti Kangen!Instagram/lira_saltandsugar

Kebiasaan masyarakat Sulawesi Selatan menggunakan pisang sebagai bahan baku makanan khas turut berlanjut pada sanggara balanda. Bentuknya adalah pisang raja goreng yang dibelah secara memanjang. Belahan kosong kemudian diisi dengan saos kacang giling atau parutan keju.

6. Barongko

Ini 8 Menu Buka Puasa Khas Orang Sulsel, yang Gak Mudik Pasti Kangen!Instagram.com/wahdini_soetomo

Adonan barongko terbuat dari bahan baku buah pisang. Beberapa buah pisang dihaluskan kemudian dicampur telur, santan, gula pasir, vanili dan garam. Lalu adonannya dibungkus daun pisang sebelum dikukus. Lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan dingin.

7. Buroncong

Ini 8 Menu Buka Puasa Khas Orang Sulsel, yang Gak Mudik Pasti Kangen!Instagram.com/surdat_khomeiny

Buroncong memang mirip dengan pukis, namun bentuknya sedikit lebih panjang dan agak tipis. Permukaannya pun agak keras. Terbuat dari campuran tepung terigu, santan, gula serta parutan kelapa muda. Rasanya manis dan renyah di mulut.

8. Roko'-roko' Unti

Ini 8 Menu Buka Puasa Khas Orang Sulsel, yang Gak Mudik Pasti Kangen!instagram.com/dapurtata

Dari luar memang terlihat seperti bantal, tapi isinya adalah jajanan yang kini sudah jarang ditemui. Roko'-roko' Unti ini berbahan dasar tepung terigu dan potongan pisang matang sebagai isinya. Di Pulau Jawa, kue ini biasa disebut sebagai nagasari.

Jika kamu sedang jauh dari Makassar dan Sulawesi Selatan, cobalah berburu makanan-makanan tersebut di kota domisilimu sekarang.

Baca Juga: 5 Resep Kuliner Khas Makassar Ala Yummy App, Favorit Semua Deh!

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya