Comscore Tracker

5 Kedai Kopi Mungil Makassar untuk Bersantai saat Weekend

Nongkrong dalam mode sederhana, biar interaksi makin akrab!

Sering banget jadi pertanyaan, mau menghabiskan akhir pekan di mana? Ngumpul bareng temen bisa jadi pilihan.

Tapi kadang kamu perlu suasana yang lebih akrab dan dekat. Gak perlu tempat mewah, tempat sederhana sudah cukup kok.

Nah, bagi kamu yang tinggal di Makassar, IDN Times memilih 5 kedai kopi mungil yang cocok dengan deskripsi di atas. Masing-masing punya ciri khas, loh. Langsung disimak ya, guys!

Baca Juga: 6 Kafe Berkonsep Minimalis - Industrial di Makassar, Instagramable!

1. Plus Minus Coffee

5 Kedai Kopi Mungil Makassar untuk Bersantai saat WeekendSuasana area pengunjung Plus Minus Coffee, salah satu kedai kopi dan tempat nongkrong berukuran kecil di Kota Makassar. (Instagram.com/plusminus.coffee)

Alamat : Jl. Urip Sumoharjo No. 176, Kel. Sinrijala, Kec. Panakkukang

Membuka daftar ini adalah Plus Minus Coffee yang letaknya tepat di tepi fly over Jalan Urip Sumoharjo. Dari luar, suasana terasnya sederhana. Tapi yang menarik justru di bagian dalam. Ke empat sisi dinding dipenuhi grafiti keren, menyiratkan kesan kalau tempat ini memang "anak muda banget."

Sebagai teman para pengunjung bercengkerama, Plus Minus Coffee mengandalkan olahan kopi. Mulai dari cappucino, caffe latte, Vietnam drip hingga kopi susu. Ada juga minuman nyegerin kayak red velvet, green tea, thai tea serta taro. Harga menunya juga cocok di kantong, kisaran harga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. Oke banget, kan?

2. Colabs House

5 Kedai Kopi Mungil Makassar untuk Bersantai saat WeekendSuasana area pengunjung Colabs House, salah satu kedai kopi dan tempat nongkrong berukuran kecil di Kota Makassar. (Instagram.com/colabshouse)

Alamat : Jl. Monginsidi No. 35, Kel. Maricayya Baru, Kec. Makassar

Colabs House (biasa ditulis co•labs) baru beroperasi sejak 2020, tapi tempatnya cozy banget. Dengan desain interior minimalis dan dinding yang didominasi warna putih, tempat ini cocok untuk ngerjain tugas atau sekadar me time.

Seperti namanya, kafe juga jadi tempat kolaborasi dengan beberapa pemilik usaha. Ada barber, kios merchandise serta coworking space.

Oh iya, Colabs House punya beberapa minuman yang oke punya. Ada iced chocolate, ice koja dengan rasa kopi creamy, citarasa esksotis dalam avocado coffee, serta si biru butterfly pea fresh.

3. Tanah Tua Coffee & Space

5 Kedai Kopi Mungil Makassar untuk Bersantai saat WeekendSuasana area pengunjung Tanah Tua Coffee & Space, salah satu kedai kopi dan tempat nongkrong berukuran kecil di Kota Makassar. (Instagram.com/tanahtuacoffee)

Alamat : Jl. Onta Lama No. 108, Kel. Mandala, Kec. Mamajang

Selanjutnya ada Tanah Tua Coffee & Space yang beroperasi sejak Oktober 2020. Cuma nyediain enam meja, tapi daya tarik mereka ada di musik yang jadi denyut suasana. Gak cuma poster sebagai interior dinding, mereka punya koleksi buku tentang band yang bisa dibaca pengunjung. Ada juga beberapa vinyl lawas diletakkan di jendela.

Dari menu, mereka punya andalan yakni Es Kopi Toa, Es Kopi Manuntungi dan Susuku Regaloman. Kemudian ada juga Kon-Tiki, paduan soda dan sirup leci. Harganya juga terjangkau, kok. Antara Rp12 ribu sampai Rp24 ribu.

4. Ambara

5 Kedai Kopi Mungil Makassar untuk Bersantai saat WeekendSuasana area pengunjung Ambara, salah satu kedai kopi dan tempat nongkrong berukuran kecil di Kota Makassar. (Instagram.com/ambara_id - Instagram.com/cafemakassar)

Alamat : Jl. Bonto Langkasa No. 9, Kel. Mannuruki, Kec. Tamalate

Dengan warna biru yang menghiasi dinding bagian luar, Ambara pengin ngasih suasana hari yang indah bagi para pengunjungnya. Ini seolah bersinonim dengan namanya, yang dalam bahasa Bali berarti "langit."

Untuk membuat hari para pengunjungnya ceria, Ambara punya beberapa olahan kopi nan unik. Mulai dari Es Kopi Susu Ujung Pandang, Es Kopi Aren Tamalate, Avocado Coffee Mariso serta Es Banana Coffee Macchiato.

Oh iya, mereka juga menyediakan kreasi teh, jus buah dan susu yang dijamin nyegerin. Selain itu Ambara juga punya menu camilan sebagai teman santai. Ada dessert box, spaghetti brulee, tiramisu cake, choco pie sampai kue bluder. Enak!

5. Sudut Senja 1.0

5 Kedai Kopi Mungil Makassar untuk Bersantai saat WeekendSuasana area pengunjung Sudut Senja, salah satu kedai kopi dan tempat nongkrong berukuran kecil di Kota Makassar. (Instagram.com/sudutsenja.id)

Alamat : Jl. Durian No. 33, Kel. Losari, Kec. Ujung Pandang

Wajah baru outlet pertama Sudut Senja usai renovasi tetap memancarkan kesederhanaan. Berada di tengah pemukiman, kedai kopi yang sudah beroperasi sejak 2018 ini jadi salah satu spot ngumpul anak muda Makassar terutama saat weekend.

Mau duduk nikmatin kopi di dalam? Oke, kok. Ngobrol bareng teman-teman di pinggir jalan? Sabi juga. Ademnya pun alami berkat pepohonan yang tumbuh di sekitar arena kedai.

Sudut Senja 1.0 punya sejumlah kopi signature. Seperti long black, piccolo serta caffe latte. Tapi yang jadi andalan adalah sajian bottle khas yakni cold white, nutella mocha, milky way dan white caramel.

Kalau misalnya kosong ki di akhir pekan, bisalah coba nongki di salah satu kedai kopi di atas.

Baca Juga: 5 Kafe Keren di Daerah Tamalanrea Makassar, Nyaman buat Nongkrong

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya