Goyang Lidah dengan Sop Lidah Khas Makassar

Kuliner khas Makassar bukan hanya Coto

Makassar identik dengan masakan daging berkuah. Seperti Coto Makassar, Sop Saudara, Konro dan Pallubasa. Selain makanan khas Makassar yang sudah lama terkenal ini, ada menu lain yang tidak kalah enaknya. 

Namanya Sop Lidah. Tidak banyak tempat di Makassar yang menjual makanan ini. Di Makassar, yang terkenal dengan menu Sop Lidah, hanya Sop Lidah Lamuru. Merek Lamuru adalah penanda bahwa warung yang menjual Sop Lidah di jalan Lamuru. 

1. Warung Sop Lidah sudah ada sejak tahun 1960-an

Goyang Lidah dengan Sop Lidah Khas MakassarIDNTimes/Abdurrahman

Menurut Ibu Rina Wati, pemilik warung Sop Lidah Lamuru, warung pertama Sop Lidah di jalan Lamuru didirikan oleh bapak angkatnya, Angko Jon sekitar tahun 1960-an. Setelah itu resep rahasia menurun ke Ibu Rina dan saudara-saudaranya. Awalnya warung Sop Lidah model warung tenda saja. Sekarang sudah menempati ruko dan memiliki 3 cabang, yaitu di jalan Rusa, jalan Cendrawasih dan jalan Irian. Warung Sop Lidah Lamuru buka tiap hari dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. 

“Sop Lidah khas jalan Lamuru tidak bisa didapatkan di tempat lain, ini resep rahasia turun temurun keluarga kami,” tutur Ibu Rina.

 

Baca Juga: Bukan Cuma Coto, 4 Makanan asal Sulsel Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler

2. Sop Lidah terbuat dari daging lidah sapi pilihan

Goyang Lidah dengan Sop Lidah Khas MakassarIDNTimes/Abdurrahman

Yang khas dari Sop Lidah ini, bahan baku dagingnya adalah lidah sapi pilihan yang masih segar. Selain lidah, pelanggan bisa memilih daging lainnya, seperti daging pipi Sapi yang lunak, paru dan daging has. 


Dibandingkan kuah Coto atau Sop Saudara, kuah Sop Lidah lebih bening dan dicampur dengan daun seledri, bawang goreng dan bihun. Selain dimakan dengan nasi, pelanggan Sop Lidah juga  bisa memesan menu tambahan, perkedel kentang yang bisa bikin tambah kenyang. 

Semangkuk Sop Lidah Lamuru ini dijual Rp 35 ribu, belum termasuk tambahan nasi dan perkedel kentang. Selain bisa makan di tempat, Sop Lidah juga bisa dibawa pulang ke rumah atau pesan lewat kurir ojek daring. 

3. Sop Lidah Lamuru langganan orang terkenal

Goyang Lidah dengan Sop Lidah Khas MakassarIDNtimes/Abdurrahman

Selain disukai warga biasa, menu Sop Lidah Lamuru ini juga langganan keluarga orang penting di Makassar. Contohnya, Sop Lidah Lamuru sering dipesan khusus oleh keluarga Wapres Jusuf Kalla. Selain itu, mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo juga langganan setia Sop Lidah Lamuru.

“Kami sering dipanggil khusus ke rumah Pak JK membawa masakan kami di setiap acara Open House habis lebaran, Sop Lidah Lamuru jadi menu andalan untuk tamu-tamu penting Pak JK,”    ungkap Ibu Rina.

Baca Juga: Jangan Cuma Taunya Makan, Ini Loh Sejarah Coto yang Perlu Kamu Ketahui

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Just For You