Comscore Tracker

Tips Aman Menyimpan Stok Daging di Kulkas

Agar daging tetap aman dan lezat saat dikonsumsi

Pada momen hari raya Idul Adha, umat muslim biasanya menyembelih hewan untuk kurban. Nah, biasanya di masa-masa seperti ini kita turut kebagian dan membuat stok daging sapi atau kambing melimpah dibanding biasanya.

Jika disimpan dengan betul, daging bisa bertahan lama untuk dikonsumsi di kemudian hari. Tapi sebagian orang belum paham cara membuat daging awet. Cara menyimpannya di kulkas juga belum tentu tepat.

Berikut ini sejumlah tips dari australianbeef.com.au yang bisa kamu praktikkan agar daging yang kamu simpan bisa bertahan lama dan tetap lezat saat dimasak.

Baca Juga: Bosan Gulai dan Satai? 5 Inovasi Olahan Daging Kurban yang Tahan Lama

1. Keluarkan dari bungkusan plastik

Tips Aman Menyimpan Stok Daging di KulkasANTARA FOTO/Arnas Padda

Saat kamu berencana menyimpan daging berhari-hari di kulkas, pindahkan dari wadah plastik ke nampan. Ini membuat sirkulasi udara pada daging tetap terjaga dan tidak 'berkeringat'. Tidak apa menggunakan wadah plastik jika sirkulasinya bagus.

2. Perhatikan rak penyimpanan daging

Tips Aman Menyimpan Stok Daging di Kulkaspixabay.com/id/mohamed_hassan

Sebaiknya letakkan daging sapi pada rak paling bawah kulkas. Ini untuk menghindari cairan dari daging menetes ke makanan lain. Pisahkan juga antara daging mentah dengan yang matang pada kompartemen berbeda.

3. Perhatikan masa kedaluwarsa

Tips Aman Menyimpan Stok Daging di Kulkasunsplash/ @wesual

Jika membeli daging di pasar swalayan atau supermarket, perhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Jika sudah melewati tanggal itu, daging biasanya tetap terlihat segar dan tidak berbau, tapi belum tentu aman dikonsumsi.

Jika kamu mendapatkan daging kurban atau membelinya dari pasar tradisional, sebaiknya konsumsi segera dan jangan menaruhnya lebih dari satu pekan di kulkas.

4. Segera masak daging setelah dikeluarkan dari pembeku

Tips Aman Menyimpan Stok Daging di KulkasReader's digest

Memasukkan daging pada kompartemen freezer bisa menambah daya tahan daging. Menyimpan daging pada suhu -18 derajat celcius juga bisa meminimalisir risiko penyakit.

Tapi kamu harus memerhatikan beberapa hal. Pertama, saat mencairkan daging dari freezer, sebaiknya jangan dibiarkan lama alias langsung dimasak. Sebab jika dibiarkan bisa memicu timbulnya bakteri. 

Baca Juga: 9 Manfaat Kesehatan Santap Daging Sapi  saat Iduladha

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya