Comscore Tracker

7 Menu Sarapan Khas yang Wajib Kamu Coba Bila Sedang di Makassar

Ada yang sekadar pengganjal perut hingga menu 'berat'

Memulai hari dengan sarapan banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, makan pagi juga bermanfaat sebagai 'bahan bakar’ untuk mengembalikan energi setelah bangun dari tidur malam.

Bagi warga Makassar, sejumlah daftar kuliner akrab jadi menu sarapan. Makanan ini biasanya banyak dijual dan mudah didapatkan di sekitar rumah. Dari menu ‘berat’ hingga yang sekadar pengganjal perut. Berikut beberapa di antaranya.

1. Nasi kuning

7 Menu Sarapan Khas yang Wajib Kamu Coba Bila Sedang di Makassarwarung-nasi-kuning-begadang-hj-teo-wasfah-latifah.business.site/

Menu ini memang makanan khas nusantara yang mudah ditemui di mana-mana. Di Makassar pun begitu. Terbuat dari beras yang dimasak dengan kunyit, santan, dan rempah-rempah, membuatnya lebih gurih dibandingkan nasi putih. Nasi kuning biasanya dipadukan dengan lauk ayam goreng, ikan goreng, telur, atau sambal goreng.

Ada beberapa tempat favorit warung nasi kuning di Makassar. Salah satunya di Nasi Kuning Ribura'ne, Jl Ribura'ne, Makassar. 

Baca Juga: 7 Ide Olahan Roti Tawar Praktis untuk Menu Sarapan, Bikin Semangat 

2. Bassang

7 Menu Sarapan Khas yang Wajib Kamu Coba Bila Sedang di Makassarinstagram.com/supirpete2

Kudapan ini jadi menu favorit keluarga, meski di zaman sekarang sudah relatif lebih sulit ditemui. Bassang identik dengan sejenis bubur yang terbuat dari jagung pulut. Terdiri dari campuran tepung terigu, air, gula, dan garam. Menu ini lebih baik dihidangkan dalam keadaan panas.

Penjual bassang terkadang 'berkeliaran' di gang dan lorong-lorong tiap pagi, dengan gerobak atau becak yang telah dimodifikasi. Meski ada juga yang membuka warung, salah satunya Warung Bassang Yosda, di Jl Yos Sudarso, Makassar.

3. Coto

7 Menu Sarapan Khas yang Wajib Kamu Coba Bila Sedang di Makassarinstagram.com/goestiwijoyo

Makan berlemak ini disajikan pagi, apa tidak salah? Sungguh tidak. Sebab jadi hal lumrah coto jadi menu kuliner sepanjang hari di Makassar. Mulai dari pagi, siang, bedagang, hingga ketemu pagi lagi. Coto termasuk kuliner terpopuler di Makassar, terbuat dari daging dan jeroan sapi yang direbus dengan bumbu racikan khusus.

Bahkan di wilayah utara Makassar, banyak warung coto yang hanya buka dari  pukul 07.00 pagi hingga 11.00 siang.

4. Songkolo

7 Menu Sarapan Khas yang Wajib Kamu Coba Bila Sedang di Makassarinstagram.com/cream240

Sebagian masyarakat Sulsel menyebut makanan ini dengan sokko’. Terbuat dari beras ketan putih atau hitam yang dikukus hingga matang. Umumnya dipadukan dengan ikan asin teri, telur, dan sambal tumis. 

Jika kamu sedang di Makassar, salah satu tempat makan songkolo yang cukup recommended, cobalah berkunjung di Warung Songkolo Timbang Antang, Jl Antang Raya, Makassar.

5. Pallubasa

7 Menu Sarapan Khas yang Wajib Kamu Coba Bila Sedang di Makassarphinemo.com

Sepintas, makanan ini persis belaka dengan coto. Sama-sama terbuat dari jeroan dan daging sapi atau kerbau. Namun terdapat perbedaan mencolok pada bumbu dan rempahnya. Coto, misalnya, berbahan dasar kacang tanah goreng yang dihaluskan dan direbus bersama daging. Sedangkan pallubasa menggunakan kelapa parut yang disangrai sehingga mengeluarkan wangi khas.

6. Buroncong

7 Menu Sarapan Khas yang Wajib Kamu Coba Bila Sedang di Makassarhttps://www.pinterest.com

Kue ini biasanya dijajakan dengan gerobak keliling di pagi hari. Terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan parutan kepala muda dan santan. Paling nikmat disajikan saat masih hangat. Ada lelucon yang menyebut buroncong sebagai kue terberat di dunia, karena saat diangkat dari pemanggang mesti menggunakan alat cungkil yang menyerupai galah atau gancu.

7. Taripang

7 Menu Sarapan Khas yang Wajib Kamu Coba Bila Sedang di Makassarinstagram.com/kuliner_makassar

Kue ini biasanya dijual bersama beragam kue tradisional lain. Banyak ditemukan di pinggir jalan maupun pada pedagang keliling. Bentuknya mencolok dengan warna merah kecokelatan. Terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat melonjong, digoreng dan dibaluri karamel dari lelehan gula merah. 

Nah, itu tadi menu sarapan yang bisa kamu cicipi jika sedang di kota Makassar. Mau mencoba yang mana dulu?

Baca Juga: Jangan Sarapan 10 Makanan Ini Kalau Gak Mau Ngantuk di Kantor

Topic:

  • Aan Pranata
  • M Gunawan Mashar

Just For You