Comscore Tracker

Dari Alam Hingga Dibuai Romansa, Yuk Kunjungi 8 Tempat di Sulsel Ini

Pesona alamnya sungguh menakjubkan

Kawasan Timur Indonesia semakin menggeliat dalam pembangunan nasional, termasuk Sulawesi Selatan (Sulsel). Provinsi ini memang menyimpan potensi yang telah diakui oleh wisatawan lokal dan asing.

Berikut ini delapan tempat wisata alam sampai romansa di Sulawesi Selatan yang harus dimasukkan dalam daftar tujuan wisata.

1. Pulau Pasi

Dari Alam Hingga Dibuai Romansa, Yuk Kunjungi 8 Tempat di Sulsel Iniinstagram.com/gaiabi__

Pulau ini terletak di Kecamatan Bontoharu, Distrik Kepulauan Selayar yang merupakan pulau terlayar dan tepat di sisi barat Pulau Selayar dengan jarak lebih dari 1 menit dari Sub-Distrik Benteng dan dapat ditarik dalam waktu sekitar 15 menit melalui jalur laut. Di pulau ini ada dua desa, yaitu Desa Bontoborusu dan Desa Kahu-Kahu.

Di Pulau Pasi ada pantai yang sangat menawan, sebut saja Pantai Dongkalang, Pantai Liang Kareta dan Pantai Liang Tarrusu. Di pulau ini juga umum dengan pemandangan tambak milik warga sekitar.

2. Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun

Dari Alam Hingga Dibuai Romansa, Yuk Kunjungi 8 Tempat di Sulsel Iniinstagram.com/rezkykhy

Monumen ini terletak di Jl. Karaeng Burane, Desa Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun dibuat untuk mengenang cinta Presiden RI ke-3, yaitu B.J. Habibie yang tetap setia kepada istrinya Hasri Ainun Besari dan untuk menginspirasi warga Parepare

Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun yang ramai dikunjungi pada malam akhir pekan, merupakan hadiah untuk Habibie di hari pernikahannya bersama Ainun. Dan peresmiannya bertepatan dengan hari jadi pernikahan Habibie dan Ainun yang ke-53.

3. Rammang-Rammang

Dari Alam Hingga Dibuai Romansa, Yuk Kunjungi 8 Tempat di Sulsel Iniinstagram.com/ciawardhana

Beralamat di Desa Salenrang, Sub-Distrik Bontoa, Maros, merupakan sebuah tempat wisata dengan gugusan pegunungan kapur / karst. Rammang-Rammang bisa dicapai via jalur darat dengan kendaraan bermotor sekitar 2 jam dari Kota Makassar (sekitar 40 kilometer). Tempat wisata ini mudah diakses, karena terletak beberapa meter dari jalan raya lintas provinsi.

Luas area Rammang-Rammang Limestone Forest kurang lebih 45.000 hektar dan merupakan kawasan karst terbesar ketiga di dunia, setelah Shilin di Cina dan Tsingy di Madagaskar. Kata "rammang" sendiri berasal dari Bahasa Makassar yang artinya awan atau kabut. Menurut kisah yang beredar, tempat ini diberi nama demikian, karena awan atau kabut selalu turun, utamanya di pagi hari atau ketika hujan.

Ada dua taman hutan batu yang kompleks di sini, yaitu di utara dan di selatan. Tempat-tempat menarik di Rammang-Rammang adalah Danau Bidadari, Desa Berua, Goa Bulu 'Barakka', Goa Pasaung, Goa Telapak Tangan, Sungai Pute dan Taman Hutan Batu Kapur.

4. Air Terjun Sarang Burung

Dari Alam Hingga Dibuai Romansa, Yuk Kunjungi 8 Tempat di Sulsel Iniinstagram.com/gagal_fokus1

Tempat wisata alam air ini masih alami dan asli. Di Air Terjun Sarang Burung terdapat sekitar tujuh air terjun yang dikelilingi oleh hutan alami juga asri. Berada di Desa Binuang, Sub-Distrik Balusu, Distrik Barru, aksesnya lumayan menguras tenaga dan butuh kehati-hatian yang ekstra, karena jalannya ekstrem.

Jika ingin ke Air Terjun Sarang Burung, disarankan datang pada waktu musim hujan, karena debit airnya besar. Namun, ketika datang pada musim kemarau, airnya sedikit bahkan jika memang belum beruntung hanya kekeringan yang bisa dinikmati.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantong

5. Kebun Raya Jompie

Dari Alam Hingga Dibuai Romansa, Yuk Kunjungi 8 Tempat di Sulsel Iniinstagram.com/wafiq_hidayah

Dulu, Kebun Raya Jompie yang berlokasi di Bukit Harapan, Kecamatan Soreang, Kota Parepare disebut dengan nama Hutan Jompie. Suasana sejuk dan seperti hutan kota, menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga yang dilengkapi dengan beberapa titik untuk berfoto yang menarik.

Fasilitas yang tersedia di antaranya ada area perkemahan, kolam renang dan tower / menara. Yang mau melakukan sesi foto pre-wedding di sini juga bisa banget!

6. Negeri Atas Awan To'Tombi

Dari Alam Hingga Dibuai Romansa, Yuk Kunjungi 8 Tempat di Sulsel Iniinstagram.com/endyallorante

Nama To'Tombi nggak asing lagi bagi para pemburu awan di Kecamatan Kapala Pitu, Toraja Utara. Karena, dikenal sebagai salah satu "Negeri Atas Awan" yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan dan merupakan salah satu tempat yang dipadati pengunjung di pagi hari untuk menyaksikan sunrise.

Selain menanti sunrise, pengunjung bisa juga menikmati sunset. Jika langit sedang cerah ceria, pengunjung akan dipuaskan dengan lanskap Kota Makale dan Rantepao. Di To'Tombi juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam dan menjajal paralayang. Ada juga cafe, cottage serta gazebo.

7. Pantai Marina

Dari Alam Hingga Dibuai Romansa, Yuk Kunjungi 8 Tempat di Sulsel Iniinstagram.com/ricky2828.rf

Pantai ini berada di perbatasan Bantaeng dan Bulukumba, tepatnya di Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang, Bantaeng. Pemandangan dari Pantai Marina sangat eksotis, indah, pasirnya putih dan banyak titik untuk berfoto yang ciamik.

Fasilitas yang ada di Pantai Marina antara lain area parkir yang luas, cafe, hotel, jogging track, masjid, keamanan tingkat tinggi, taman buah, tempat mancing dan banyak warung yang menjual makanan serta minuman.

Pemandangan sore harinya nggak kalah menarik dengan pantai lainnya yang ada di Sulawesi Selatan. Tempat ini sangat cocok jika dikunjungi bersama keluarga atau pasangan.

8. Pulau Kambing

Dari Alam Hingga Dibuai Romansa, Yuk Kunjungi 8 Tempat di Sulsel Iniinstagram.com/garybhaztara

Pulau kecil yang beralamat di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba, suasananya sepi dan berasa punya pribadi yang bisa dicapai dalam waktu sekitar 30 menit (berangkat dari Tanjung Bira). Pemandangan terumbu karang di Pulau Kambing super bagus dan memberikan pengalaman bawah laut yang indah dengan cara melakukan snorkeling.

Oh iya, meskipun bernama Pulau Kambing, sampai terbitnya tulisan ini nggak ada satu ekor-pun kambing terlihat di sini. Gugusan tebing yang ada di sekitarnya memberikan warna terpisah yang menawan.

Kapan mau ke Sulawesi Selatan dan tempat wisata di atas?

Baca Juga: 7 Pantai Indah di Sulawesi Selatan Ini Tak Kalah dari Maldives

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Riyan Sumarno di IDN Times Community dengan judul Dari Alam Sampai Romansa, Berikut 8 Tempat Wisata di SulSel yang Keren

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Just For You