Comscore Tracker

5 Jajanan Khas Malam Hari di Pesisir Pantai Talise Teluk Palu

Pedagang hanya jualan di malam hari

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang bisa dinikmati dengan mudah dengan harga yang relatif terjangkau. Termasuk di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Para pedagang kerap berjualan camilan khas di sepanjang pesisir Teluk Palu, tepatnya di Jalan Rajamoli. 

Jika melancong ke Palu, coba deh singgah di Pantai Talise pada sore hingga malam hari. Jejeran pedagang dengan senyum ramah bakal menyapa. Rata-rata mereka yang berdagang adalah korban bencana gempa bumi dan tsunami 28 September 2018 lalu.

Penasaran apa saja jajanan enak di sepanjang Pantai Talise, pesisir Teluk Palu? Disimak ya.

1. Tabaro Dange

5 Jajanan Khas Malam Hari di Pesisir Pantai Talise Teluk PaluPedagang Tabaro Dange di kawasan Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah. IDN Times/Kristina Natalia

Tabaro Dange merupakan kuliner tradisional khas Suku Kaili. Bahan dasar makanan ini adalah sagu dengan tambahan parutan kelapa. Cara masaknya pun masih tradisional menggunakan belanga tanah di atas tungku kayu berukuran kecil.

Biasanya Tabaro Dange akan disajikan bersama gula merah atau rono (ikan kecil) yang dimasak saus pedas.

2. Pisang Gepe

5 Jajanan Khas Malam Hari di Pesisir Pantai Talise Teluk PaluPisang gepe yang dijajakan di Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah. IDN Times/Kristina Natalia

Pisang Gepe termasuk jajanan yang cukup banyak diminati saat bersantai di Teluk Palu. Pisang ini dibikin dengan cara dibakar menggunakan bara api kemudian digeprek.

Biasanya, Pisang Gepe akan disajikan bersama gula merah cair dan parutan kelapa. Jika ingin lebih mantap, banyak orang menambahkan taburan kacang tanah yang telah ditumbuk kasar.

3. Jagung rebus dan jagung bakar pedas manis

5 Jajanan Khas Malam Hari di Pesisir Pantai Talise Teluk PaluSeorang pedagang di Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah membakar jagung untuk pelanggan. IDN Times/Kristina Natalia

Selain pisang gepe, olahan jagung juga juara di kawasan kuliner Teluk Palu. Kamu bisa menyantap jagung rebus yang aromanya wangi banget. Juga ada jagung bakar yang tak kalah sedapnya.

Masyarakat Palu biasanya menikmati jagung rebus bersama dengan gami yang terbuat dari parutan kelapa dicampur cabai rawit. Sementara jagung bakar akan sajikan dengan bumbu pedas manis.

4. Kacang rebus

5 Jajanan Khas Malam Hari di Pesisir Pantai Talise Teluk PaluKacang rebus menjadi salah satu jajanan yang paling banyak ditemui di Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah. IDN Times/Kristina Natalia

Berikutnya ada jajanan yang juga laris manis sejak dulu. Ya, kacang rebus. Meski tergolong sederhana, kacang rebus sangat diminati pengunjung yang ingin nongkrong di sekitar Pantai Teluk Palu.

Baca Juga: Resep Ayam Panggang Biromaru, Kuliner Khas Kota Palu yang Legendaris

5. Sarabba

5 Jajanan Khas Malam Hari di Pesisir Pantai Talise Teluk Paluinstagram.com/ibee_khalifah

Saraba merupakan minuman tradisional yang diolah dengan rempah khas Sulawesi. Minuman ini disajikan dalam keadaan hangat.

Sarabba terbuat dari sari jahe dan beberapa jenis rempah yang dicampurkan dengan susu kental manis dan gula merah.

5 Jajanan Khas Malam Hari di Pesisir Pantai Talise Teluk PaluSuasana Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah pada malam hari. IDN Times/Kristina Natalia

Baca Juga: 6 Potret Serunya Akhir Pekan di Hutan Kota Kaombona Palu, Bikin Betah

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya