Comscore Tracker

Taka Bonerate, Taman Bawah Laut Selayar yang Bikin Cinta Indonesia

Kekayaan alam bawah laut yang jadi buruan turis luar

Keindahan alam Indonesia tidak ada habisnya. Tak terkecuali keindahan bawah lautnya. Keindahan bawah laut merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung.

Salah satu taman laut yang layak dikunjungi adalah kawasan Taman Nasional Taka Bonerate di wilayah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Di tempat itu kamu bisa melihat langsung bagaimana keindahan serta betapa kayanya alam bawah laut kita.

Berikut ini sejumlah informasi tentang TN Taka Bonerate yang mungkin perlu kamu ketahui jika ingin berkunjung ke sana.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Selayar yang Memanjakan Liburanmu

1. Lokasi

Taka Bonerate, Taman Bawah Laut Selayar yang Bikin Cinta Indonesiainstagram.com/yoyokijonk

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Taman Nasional Taka Bonerate berada di perairan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 300 kilometer dari Makassar, ibu kota Sulsel. 

Kamu bisa mencapai tempat ini dengan pesawat dari Makassar ke Benteng, ibu kota Selayar. Bisa juga dengan menempuh jalur perahu penyeberangan dari Bira, Bulukumba.

2. Daya tarik Taka Bonerate

Taka Bonerate, Taman Bawah Laut Selayar yang Bikin Cinta Indonesiainstagram.com/hendripan

Taman Nasional Taka Bonerate merupakan taman laut dengan kawasan atol terbesar ketiga di dunia, setelah Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa . Hamparan atol ini terbentang sekitar 220 ribu hektare, dengan sebaran terumbu karang hingga 500 kilometer persegi.

Ada 15 pulau di wilayah TN Taka Bonerati, yang jadi tujuan favorit untuk menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya. Topografi kawasan sangat unik dan menarik, di mana atol yang terdiri dari kelompok pulau-pulau karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan banyak yang cukup banyak.

Di sela pulau-pulau gosong karang, terdapat selat-selat sempit yang dalam dan terjal. Sedangkan pada proses permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada masa air surut terendah, terlihat dengan jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil.

Di kawasan Taka Bonerate terdapat setidaknya 244 jenis moluska dan banyak nudibranch atau yang sering disebut dengan siput telanjang. Kawasan itu  juga merupakan rumah untuk penyu. Setidaknya terdapat empat jenis penyu, yakni seperti penyu sisik, penyu tempayan, penyu hijau, dan penyu lekang.

3. Ada puluhan spot diving

Taka Bonerate, Taman Bawah Laut Selayar yang Bikin Cinta IndonesiaInstagram.com/terokanusantara

Taman Laut Taka Bonerate menjadi surga bagi para pecinta diving. Terdapat 43 spot diving di sini. Salah satu spot yang biasa dikunjungi adalah spot mercusuar. Spot ini memiliki karakteristik lokasi yang berupa karang tepi, dengan suhu 27 derajat dan juga pola arus yang berupa arus susur pantai. Spot mercusuar ini memiliki kedalaman sekitar 5 hingga 8 meter, dengan kecepatan arus 0,25 meter per detik serta kecerahan perairan yang mencapai 10 meter. Kondisi karang hidup disini berkisar 30 hingga 70 persen. 

Jinato Wall Paradise adalah spot diving selanjutnya yang lebih spesial. Dengan kedalaman hingga 15 meter dan kecerahan yang mencapai 15 sampai 20 meter. Spot ini didominasi oleh softcoral dan hardcoral. Kondisi terumbu karangnya cukup bagus dengan kondisi karang hidup disini mencapai 57 hingga 83 persen.

Itu tadi informasi tentang Taman Laut Taka Bonerate yang mungkin berguna buat kamu yang tertarik berkunjung.

Baca Juga: 10 Bukit Tepi Pantai Indonesia yang Berbatasan dengan Laut, Cantik!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya