Comscore Tracker

7 Pesona Wisata Bahari di Bulukumba, Kaki Pulau Sulawesi

Rasakan sensasi satu trip dengan berbagai pesona keindahan

Bulukumba merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan wisata bahari yang memukau. Daerah yang terletak di kaki pulau Sulawesi ini punya garis pantai sepanjang 128 kilometer. Pesona pantai yang ditawarkan Bulukumba menjadi tempat favorit para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Destinasi yang menjadi andalan Bulukumba saat ini yakni Pantai Tanjung Bira pasir putihnya yang eksotis. Gak hanya itu, rupanya Bulukumba memiliki begitu banyak keindahan alam bahari. Ada banyak pantai yang belum sepopuler pantai Bira namun punya pesona yang boleh diadu dengan pantai-pantai wisata daerah unggulan di Indonesia.

Destinasi wisata di Bulukumba banyak dilirik menjadi tempat yang cocok untuk bulan madu dan bersantai bareng keluarga. Intinya destinasi ini wajib kalian kunjungi jika ada waktu libur. Penasaran sekeren apa tempat-tempat tersebut? Simak sedikit ulasannya berikut ini.

1. Pantai Tanjung Bira  

7 Pesona Wisata Bahari di Bulukumba, Kaki Pulau Sulawesiinstagram.com/galihwwardhana

Tanjung Bira selain menawarkan keindahan pasir putih yang bisa dinikmati sepanjang pantai, yang dihiasi bebatuan karang.

Banyak orang datang ke sini untuk bermain di pasir, mandi di tepi laut, atau aktivitas lainnya. Bermain banana boat juga jadi salah satu wahana hiburan yang paling laku di pantai ini. Nikmati gemuruh ombak, semilir angin sepoi-sepoi, hingga matahari terbenam di sini. Untuk kamu yang senang berfoto, siapkan memori ekstra di gadget mu. Karena begitu banyak spot keren untuk berfoto.

Pantai Bira berjarak 188 kilometer dari Kota Makassar. Waktu tempuhnya sekitar empat hingga lima jam lewat darat. Cukup melelahkan, namun semua rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan pantai setibanya. Sepadan, bukan!

Untuk harga tiket masuk, kamu perlu siapkan Rp10 ribu hingga Rp20 ribu bagi wisatawan domestik (tarif bergantung hari normal atau libur). Untuk penginapan sendiri, di pantai Tanjung Bira ini kamu bebas memilih mau menginap dalam kawasan wisata atau di luar kawasan karena terdapat banyak pilihan. Tentu dengan tarif bervariasi dan terjangkau dari Rp300 ribu hingga Rp2 juta per malam. Pada musim liburan biasanya harga sewa kamar, vila, hotel, maupun resor naik.

Baca Juga: 9 Potret Pantai Marumasa, Surga Sunrise di Bulukumba

2. Pantai Bara 

7 Pesona Wisata Bahari di Bulukumba, Kaki Pulau Sulawesiinstagram.com/rezkaangraini

Tepat di samping pantai Bira, membentang pantai bernama pantai Bara. Kedua pantai ini dipisahkan oleh lekungan garis pantai dan air laut saat pasang. Jadi saat air surut kedua pantai ini kembali menyatu layaknya pantai kembar.

Sama dengan kembarannya, pesona yang ditawarkan pantai Bara ini adalah pasir putihnya. Pemandangan batu karang kurang terlihat di sini, namun sebagai gantinya berjejeran pohon kelapa yang menjulang tinggi menghiasi garis pantai.

Untuk menuju ke pantai ini, kamu cukup mengikuti papan petunjuk yang ada di jalur utama kawasan pantai Bira, karena keudanya masih satu kawasan. Bisa juga melalui jalur pantai jika air laut surut, atau lewat laut menggunakan speed boat yang ada di pantai Bira.

Untuk penginapan, di pantai Bara agak sedikit berbeda dari Pantai Bira. Di pantai ini kebanyakan menawarkan penginapan dengan model cottage dengan tarif bervariasi dan cukup terjangkau juga dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta per malam. Tapi ada spot untuk camping yang sudah disediakan pengelola dengan tarif Rp10 ribu hingga Rp100 ribu. Tapi itu cuma untuk tempat, sedangkan alat kamu siapkan sendiri.

3. Titik Nol Sulawesi

7 Pesona Wisata Bahari di Bulukumba, Kaki Pulau SulawesiInstagram.com/nyonk_ar

Ini merupakan titk nol pulau Sulawesi. Tempatnya masih dalam kawasan wisata pantai Bira. Jaraknya sekitar empat kilometer arah timur dari pantai Bira dan Bara.

Destinasi wisata ini merupakan objek baru. Ada dermaga dengan tangga menuruni tebing untuk menikmati suasana laut. Ada juga jalur pedestrian agar wisatawan bisa menikmati pemandangan laut lepas dari atas tebing.

Keunggulan tempat ini yaitu Boardwalk kacanya. Tempat yang satu ini paling cocok bagi yang gemar berfoto.

4. Pantai Panrang Luhu 

7 Pesona Wisata Bahari di Bulukumba, Kaki Pulau Sulawesiinstagram.com/rizaldy.pixel

Objek wisata yang satu ini juga kini santer dikunjungi wisatawan. Lokasinya sekitar 1 kilometer ke arah Utara dari Pantai Bira.

Kamu bisa masuk ke kawasan pantai ini dengan mengikuti papan penunjuk jalan sebelum memasuki gerbang wisata pantai Tanjung Bira. Untuk harga tiket masuk kamu perlu siapkan Rp5 ribu. Parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5 ribu, sedangkan untuk mobil Rp10 ribu.

Pantai Panrang Luhu ini juga menawarkan keindahan pasir putihnya. Bedanya di destinasi ini tak ada wahana seperti speed boat atau banana boat. Kamu menginginkan suasana tenang dengan pemandangan yang menakjubkan pada momen liburan mu? Tempat ini salah satu yang direkomendasikan.

Di kawasan pantai ini kamu juga bisa melihat proses pembuatan perahu pinisi. Jadi, selain berwisata, kamu sekaligus menambah wawasan.

5. Tebing Apparalang

7 Pesona Wisata Bahari di Bulukumba, Kaki Pulau Sulawesiinstagram.com/mutmainnahiin

Berlanjut ke kawasan Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari. Ada objek wisata bernama tebing Apparalang.

Apparalang menyajikan pemandangan laut lepas maupun bawah laut yang luar biasa. Kejernihan airnya mampu membuat makhluk hidup di dalam laut seperti ikan terlihat sampai daratan. Karang bawah laut juga tampak loh!

Keunggulan objek wisata ini ada pada deretan tebing tinggi yang membentang sepanjang garis laut. Ada tangga dari atas tebing untuk menjangkau jembatan di permukaan air. Tapi tidak direkomendasikan berenang di sini, karena ombaknya besar dan banyak tebing karang.

Untuk harga tiket masuknya sendiri, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp5 ribu. Dikenakan biaya tambahan sebesar Rp15 ribu bagi yang memiliki kendaraan pribadi.

6. Pantai Marumasa 

7 Pesona Wisata Bahari di Bulukumba, Kaki Pulau Sulawesiinstagram.com/andiathirah

Pantai satu ini paling cocok untuk pencinta foto. Letaknya juga tak jauh dari pantai Tanjung Bira, hanya sekitar 3 kilometer. Lokasinya di desa Darubiah, kecamatan Bonto Bahari.

Tempat ini, selain menawarkan pesona eksotis pasir putihnya, juga terdapat banyak spot untuk berfoto dari atas ketinggian tebing karang. Spot yang ditawarkan tentu sangat Instagramable. Kapan lagi bisa narsis sambil terpesona memandangi keindahan laut dari ketinggian puncak tebing.

Untuk harga tiket masuk, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp3 ribu plus biaya parkir. Rp5 ribu untuk motor dan Rp20 ribu untuk mobil. Ada beberapa spot berbayar yang disediakan pengelola untuk berfoto. Tapi kamu bisa berfoto gratis di area lainnya.

7. Pulau Liukang Loe 

7 Pesona Wisata Bahari di Bulukumba, Kaki Pulau Sulawesiinstagram.com/akbar_bebeto

Letaknya yang berseberangan dengan pantai Tanjung Bira, menjadikan Pulau Liukang Loe salah satu objek wisata populer yang juga sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk sampai di pulau eksotis yang juga berpasir putih ini, kamu harus menempuh jalur laut menggunakan speed boat dari pantai Bira dengan jarak tempuh sekitar 15 sampai 30 menit. Untuk tarif sewa Speedboat berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp400 ribu, tergantung kesepakatan bersama pemilik.

Beragam keseruan bisa didapatkan di pulau ini. Kamu bisa bersantai di pinggir pantai sambil bermain-main ombak di permukaan air laut yang biru. Kamu bahkan bisa menjelajah di bawah laut menikmati pemandangan terumbu karang dan biota laut lainnya dengan snorkeling dan diving.

Setelah puaskan hasrat bermain air, wisatawan juga bisa melihat penangkaran penyu di rumah apung. Cukup membayar Rp50 kamu berkesempatan melihat secara langsung penyu dengan berbagai ukuran. Tak hanya itu, berbagai kuliner laut juga bisa dinikmati di tempat ini dengan tarif terjangkau.

Untuk penginapan, tak beda jauh dari pantai tetangganya yakni berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp1 juta.

Demikian ulasan singkat rekomendasi tempat wisata yang super keren di ujung Selatan Sulawesi Selatan. Rekomendasi kamu kunjungi bersama keluarga, teman, ataupun do'i terkasih. Gimana, sudah siap berlibur?

Baca Juga: Resep Jagung Marning, Camilan Renyah Oleh-oleh Khas Bulukumba

Arnas Amdas Photo Community Writer Arnas Amdas

Menulis Fakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya