Comscore Tracker

Kebun Teh dan 5 Taman Wisata Populer di Gowa

Daftar ini cocok jadi tempat melepas penat di akhir pekan

Apa destinasi wisata yang terlintas saat mendengar nama Kabupaten Gowa? Puncak Malino, sudah pasti. Tak ketinggalan hutan pinus Lembanna dan Lembah Ramma.

Kalau gak mau yang gak jauh dari Kota Makassae, ada Bendungan Bili-Bili yang memadukan lanskap perbukitan dan hutan rimbun.

Namun, spot keren Gowa gak cuma tempat-tempat tadi. Ada banyak tujuan melancong yang cocok cocok bagi kamu jika ingin mencari kesegaran atau kembali ke alam.

Berikut IDN Times memilih lima taman wisata di Gowa yang patut kamu jajal.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Gowa yang Menggugah Selera, Rasanya Juara!

1. Wisata Kebun Gowa

Kebun Teh dan 5 Taman Wisata Populer di GowaWisata Kebun Gowa, salah satu taman wisata yang ada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (Google Maps - Dok. Ruang Edhelpher)

Alamat : Jl. Poros Malino Km. 20, Desa Bontomanai, Kec. Bontomarannu

Jam buka : 8.00 - 17.00 WITA

Tiket masuk : Rp15.000 (hari kerja), Rp25.000 (akhir pekan dan hari raya)

Membuka daftar pendek ini adalah Wisata Kebun Gowa yang berada di Jalan Poros Malino. Berdiri sejak 2008, pengunjung langsung disambut suasana sejuk dari kebun-kebun dan pepohonan yang berada di dalam area tempat ini.

Seperti namanya, Wisata Kebun Gowa punya banyak koleksi buah-buahan. Mulai dari rambutan, kelapa, jeruk, mangga, durian hingga buah naga. Banyak yang dibiarkan tumbuh merambat di rangka kanopi. Dijamin makin adem!

Jika datang bersama keluarga, ada beberapa fasilitas yang sudah disediakan pihak pengelola. Antara lain kolam renang, kolam pemancingan, gazebo, musala, food court hingga permainan anak.

2. Rainbow Garden Gowa

Kebun Teh dan 5 Taman Wisata Populer di GowaRainbow Garden Gowa, salah satu taman wisata yang ada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (Instagram.com/gclintonmale)

Alamat : Jl. Dato Rippanggentungang, Kel. Tamarunang, Kec. Somba Opu

Jam buka : 8.00 - 18.00 WITA

Tiket masuk : Rp10.000

Berjarak 11 kilometer (setengah jam perjalanan) dari pusat Kota Makassar, ada Rainbow Garden Gowa yang jadi salah satu spot populer baru. Beroperasi sejak akhir tahun 2019, tempat ini menawarkan pemandangan kebun bunga di daerah urban dan berdampingan dengan area persawahan milik penduduk sekitar.

Mereka punya beberapa jenis koleksi bunga. Antara lain boroco (Celosia argentea), matahari (Helianthus annuus), kenikir (Cosmos caudatus) dan kenop (Globe amaranth).

Beberapa fasilitas yang disediakan pihak pengelola antara lain gazebo, toilet dan warung. Pengunjung biasanya baru datang di sore hari, mereka matoritas ingin menyaksikan senja di Rainbow Garden Gowa. Romantis!

3. Taman Bunga Marigold Songkolo

Kebun Teh dan 5 Taman Wisata Populer di GowaKebun Bunga Marigold Songkolo, salah satu taman wisata yang ada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (Google Maps - Dok. Jonathan Leman)

Alamat : Dusun Songkolo, Lingkungan Cambayya, Kel. Bontomanai, Kec. Bontomarannu

Jam buka : 7.00 - 17.00 WITA

Tiket masuk : Rp5.000

Pada Maret 2020 lalu, penduduk Dusun Songkola dihebohkan dengan munculnya "kolam susu" yang jadi pemandian. Hanya dalam kurun waktu satu tahun, penduduk sekitar menyulap area sekitar kolam menjadi spot wisata sederhana berisi taman bunga marigold (Tagetes) dan wahana bermain anak.

Berjarak sekitar 30 menit perjalanan darat dari Makassar, beberapa fasilitas yang ada di Taman Bunga Marigold Songkolo yakni gazebo untuk bersantai dan warung. Akses jalan masunya sendiri terbilang sempit, hanya muat satu mobil saja.

4. Taman Bunga Malino

Kebun Teh dan 5 Taman Wisata Populer di GowaTaman Bunga Malino, salah satu taman wisata yang ada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (Dok. Muh. Arman Dahlan - Instagram.com/muharmandahlan

Alamat : Jl. Poros Malino, Kel. Malino, Kec. Tinggimoncong

Jam buka : 8.00 - 17.00 WITA

Tiket masuk : Rp10.000

Berada tak jauh dari kawasan hutan pinus, terdapat Taman Bunga Malino yang sudah lebih dulu kesohor. Koleksi mereka terbilang lengkap. Ada krisan (Chrysanthemum morifolium), kenikir, kenop, termasuk beberapa varietas anggrek seperti Coelegyne celebensis yang endemik Sulawesi, Vanda celebica plus jenis Grammatophyllum stafefeliforum.

Beberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjung antara lain musala, toilet dan warung. Gak lupa, ada pula sejumlah spot swafoto kece. Baik di dalam area Taman Bunga Malino atau di area pintu masuk yang dinaungi pepohonan pinus. Cocok banget untuk weekend bareng temen-temen, keluarga hingga pasangan.

5. Kebun Teh Malino Highland

Kebun Teh dan 5 Taman Wisata Populer di GowaKebun Teh Malino Highland, salah satu taman wisata yang ada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (Dok. Chendy Ariswan Latief - Instagram.com/endislatief)

Alamat : Kel. Pattapang, Kec. Tinggimoncong

Jam buka : 8.00 - 17.00 WITA

Tiker masuk : Rp50.000 untuk dewasa, Rp25.000 untuk anak-anak

Suhu dingin memang jadi tempat ideal bagi tanaman teh untuk tumbuh. Tapi gak perlu jauh-jauh ke Jawa Barat atau Jawa Tengah, kamu bisa berjalan-jalan di tengah kebun teh di daerah Malino. Sepintas memang mirip banget dengan pemandangan daerah Puncak, Bogor.

Sudah beroperasi sejak tahun 2015, Malino Highland sendiri merupakan kawasan yang menawarkan banyak hal selain kebuh teh. Ada taman bunga, kuda yang disewakan pada pengunjung, mini zoo hingga kafe yang berada tepat di puncak bukit area perkebunan teh.

Bagaimana? Apa kamu berminat mengunjungi salah satunya? Atau malah udah mendatangi semua tempat di atas?

Baca Juga: 8 Kebun Teh Aestetik dan Instagramable di Indonesia, Termasuk Malino

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya