Comscore Tracker

5 Pantai dengan Pemandangan Laut dan Pasir Indah di Pinrang 

Ada yang masih terpencil, ada juga yang sudah dikelola

Sebagai wilayah dengan daerah pesisir, Kabupaten Pinrang punya puluhan pantai. Ada yang terpencil dan alami, ada juga yang sudah dikelola secara profesional dengan segala fasilitasnya.

Wajar tempat-tempat kayak gitu selalu ramai. Pantai gak pernah gagal memberi pengalaman liburan menyenangkan. Sensasi menikmati semilir angin dengan lembut pasir di kaki susah dilupakan. Membuat pengunjung selalu ingat dan ingin datang kembali.

Nah, IDN Times memilih 5 pantai di Pinrang yang terbilang populer bagi warga Bumi Lasinrang dan Sulawesi Selatan (Sulsel) secara umum.

Baca Juga: 6 Jajanan Khas Kabupaten Pinrang yang Siap Bikin Lidah Bergoyang!

1. Pantai Lowita

5 Pantai dengan Pemandangan Laut dan Pasir Indah di Pinrang Pemandangan Pantai Lowita, salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Pinrang (Sulawesi Selatan). (Dok. Zulkifli - Instagram.com/flaspacker)

Membuka daftar ini adalah Pantai Lowita yang terletak di Kelurahan Tasiwalie, Kecamatan Suppa, yang berbatasan langsung dengan Kota Parepare. Belakangan, Pantai Lowita memang jadi salah satu destinasi favorit warga Sulsel.

Tak jauh dari pasir pantai terdapat lapangan hamparan rumput hijau yang menjadi tempat bermain voli atau bahkan sepak bola. Pengunjung juga bisa menggunakan gazebo, dengan harga sewa antara Rp100 ribu hingga Rp300 ribu. Pengin berkemah? Bisa juga, kok.

Fasilitas di Pantai Lowita selain gazebo antara lain ruangan bilas, toilet serta musala. Dari Kota Pinrang, perlu waktu tempuh 1 jam lebih perjalanan darat. Sedang dari Parepare hanya setengah jam. Tiket masuknya murah banget, cuma Rp10 ribu per orang, dengan biaya parkir Rp5 ribu.

2. Pantai Harapan Ammani

5 Pantai dengan Pemandangan Laut dan Pasir Indah di Pinrang Pemandangan Pantai Harapan Ammani, salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Pinrang (Sulawesi Selatan). (Dok. Faradini Fahrul - Instagram.com/faradini_fahrul)

Selanjutnya ada Pantai Harapan Ammani yang berada di Desa Mattiro Tasi, Kelurahan Mattirosompe. Tempat ini jadi salah satu tujuan favorit keluarga di akhir pekan, atau bahkan sekadar nongkrong bersama teman-teman.

Pantai ini sendiri baru dibuka pada 2015 silam, hasil usaha swadaya masyarakat Dusun Ammani. Yang menarik, di sekitarnya terdapat sekitar 70 restoran seafood. Alhasil, pengunjung gak perlu khawatir kalau gak sempat bawa bekal makanan dari rumah. Harnya bervariasi, bisa menyesuaikan dengan anggaran liburan.

Kisaran sewa gazebo di Pantai Harapan Ammani antara Rp150 ribu hingga Rp300 ribu. Selain itu pengunjung bisa menggunakan banana boat, perahu tradisional serta wahana permainan tradisional yang disediakan pihak pengelola. Biayanya mulai dari Rp25 ribu.

Harga tiket masuknya dibagi berdasarkan kendaraan yang digunakan pengunjung. Untuk mobil yakni Rp15 ribu, sedang motor wajib bayar Rp10 ribu. Dari Kota Pinrang, butuh sejam perjalanan darat ke arah selatan untuk menuju Pantai Harapan Ammani.

3. Pantai Kappe

5 Pantai dengan Pemandangan Laut dan Pasir Indah di Pinrang Pemandangan Pantai Kappe, salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Pinrang (Sulawesi Selatan). (Dok. Aldy Rinaldi Dg Sirua - Instagram.com/aldy_rinaldi_dg.sirua)

Pantai Kappe terletak di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, utara Kabupaten Pinrang. Meski fasilitasnya masih sederhana, tempat ini menawarkan pengalaman menyatu dengan alam.

Berada di daerah pedesaan, pengunjung harus lebih dulu melalui area pertambakan dan rumah-rumah panggung khas Sulsel. Begitu tiba, pengunjung langsung disambut hamparan rumput serta pepohonan yang menambah sejuk suasana pantai. Gak lupa, dari kejauhan ada lanskap pegunungan nan memanjakan mata.

Untuk mencapai Pantai Kappe, perlu waktu berkendara sekitar setengah jam dari Kota Pinrang. Pengunjung gak dipungut biaya, tetapi mereka bisa berbelanja di warung-warung milik warga di sekitar pantai.

4. Pantai Lawere

5 Pantai dengan Pemandangan Laut dan Pasir Indah di Pinrang Pemandangan Pantai Lawere, salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Pinrang (Sulawesi Selatan). (Dok. Ahmad Zaki Saifullah)

Pantai Lawere memang baru beroperasi pada September 2020, tapi sudah digadang jadi destinasi wisata Pinrang terbaru. Letaknya sendiri gak jauh dari Pantai Lowita, hanya terpaut 6 kilometer saja.

Nah, pantai ini juga sama keren dengan tetangganya. Fasilitas Pantai Lawere terbilang lengkap, loh. Sejumlah gazebo disewakan untuk pengunjung, serta deretan kursi pantai jika ingin leluasa melihat laut bebas. Turut pula banana boat, donut boat ditambah wahana permainan anak.

Laper? Ada sejumlah tenant makanan yang nyediain berbagai makanan. Pengen nambah isi akun media sosial? Ada banyak titik keren untuk swafoto di sini.

Pantai Lawere berada di Kelurahan Lotang Salo, Kecamatan Suppa. Nah, untuk masuk areanya, pengelola membanderol tarif masuk senilai Rp7 ribu. Murah banget, kan?

5. Pantai Kanipang

5 Pantai dengan Pemandangan Laut dan Pasir Indah di Pinrang Pemandangan Pantai Kanipang, salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Pinrang (Sulawesi Selatan). (Dok. Ashary Sungre - Instagram.com/azhary17)

Nah, Pantai Kanipang ini termasuk hidden gem. Meski letaknya tak jauh dari Jalan Trans Sulawesi (Sulsel-Sulbar), mencapainya harus melewati jalan akses berupa tepian tambak miik warga.

Begitu sampai, pengunjunng langsung disambut hamparan pasir bersih dan teduh pohon kelapa. Suasananya alami, cocok buat kamu yang mencari suasana tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. Dan juga, dijamin sejuk.

Ke sini bareng keluarga? Boleh. Sama teman-teman atau tongkrongan? Cocok, kok. Termasuk juga acara komunitas atau organisasi. Terlebih gak ada tiket masuk ditarik lantaran tempat ini masih belum dikelola.

Pantai Kanipang berada di Kelurahan Sabbang Paru, Kecamatan Lembang, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Barat. Jaraknya dari Kota Pinrang mencapai 24 kilometer, atau setengah jam perjalanan darat.

Penasaran dengan salah satu dari lima pantai ini? Langsung mi kunjungi, cika'. Tapi tetap ki patuhi protokol kesehatan, dan jaga kebersihan.

Baca Juga: 7 Pantai Indah di Makassar yang Menantimu setelah Pandemik Berlalu

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya