Comscore Tracker

5 Kafe Keren di Makassar untuk Kamu Jajal di Akhir Pekan

Masing-masing punya keunikan, dari tema hingga sajian menu

Makassar, IDN Times - Akhir pekan dan libur jadi waktu yang tepat untuk bersantai. Tapi kalau kamu bosan diam dalam rumah saja, nongkrong di kafe bisa menjadi pilihan kamu menghabiskan waktu luang. Entah bareng teman-teman, pasangan dan bahkan keluarga.

Bagi kamu yang tinggal di Makassar, IDN Times sudah menyiapkan daftar pendek 5 kafe keren. Konsepnya beragam, loh. Mulai dari nuansa alam nan tenang, rumah kolaborasi kreatif sampai suasana klasik ala 1960-an. Penasaran? Langsung disimak, ya!

Baca Juga: Informasi Pulau Kodingareng Keke Makassar: Lokasi, Rute, dan Aktivitas

1. SS Coffee Space

5 Kafe Keren di Makassar untuk Kamu Jajal di Akhir PekanSuasana area pengunjung SS Coffee Space, salah satu tempat nongkrong di Kota Makassar. (Instagram.com/sscoffeespace)

Alamat : Jl. Sunu (Depan SMK Negeri 5 Makassar), Kel. Lembo, Kec. Tallo

Waktu buka : Setiap hari, 8.00 - 22.00 WITA

Berada cukup jauh dari pusat kota, tapi SS Coffee Space selalu ramai pengunjung. Daya tarik utamanya ada di bangunan utama yang masih bergaya 1980-an, dengan konter pemesanan berupa jendela kamar. Furnitur klasik pun menghiasi beberapa sudut area indoor, seperti dua vespa antik, bersama puluhan karya pelukis lokal.

Area indoor-nya mirip banget galeri lukisan. Ini gak lepas dari status SS Coffee Space sebagai salah satu tempat ngumpul seniman Makassar. Gak heran, karena mereka mengusung tagline "House of Expression" dan "Rumah Kolaborasi."

Daya tarik utama kafe yang berdiri pada 18 Maret 2019 ini juga berada area outdoor alias teras rumah. Teduh pepohonan membuat suasana interaksi dengan teman, pasangan, keluarga atau kolega jadi kian akrab. Dijamin oke, deh!

Nah, beberapa minuman yang ditawarkan SS Coffee Space antara lain Es Kopi SS, Avocado Coffee, Es Lemon Tea, Es Kopi Milo, Orange Punch dan Es Taro. Untuk makanan dan camilan sendiri ada rice bowl, nasi daging, roti bakar dan kentang goreng, ubi goreng chicken wings yang jadi andalan pengunjung. Harga seluruh menu berkisar antara Rp17 ribu sampai Rp30 ribu.

2. Bohemian Shelter

5 Kafe Keren di Makassar untuk Kamu Jajal di Akhir PekanSuasana area pengunjung Bohemian Shelter Kopi, salah satu tempat nongkrong di Kota Makassar. (Instagram.com/boho.kopi)

Alamat : Jl. Macan No. 17, Kel. Bonto Biraeng, Kec. Mamajang

Waktu buka : Setiap hari, 6.00 - 22.00 WITA

Bohemian Shelter jadi salah satu tempat nongkrong asyik dengan daya tarik sendiri. Bayangkan kamu nongkrong di bekas rumah tua, tapi berasa aesthetic lantaran dipugar habis-habisan. Kafe yang biasa disebut Boho Kopi tersebut layak dijajal kalau kamu senang dengan desain minimalis.

Suasana klasik begitu terasa baik di area indoor dan outdoor. Pada dalam ruangan, aksen ubin lama meningkatkan nuansa lawas, ditambah puluhan lukisan yang terpasang di setiap dinding. Dan pada area teras, pengunjung bisa memilih duduk di deretan bangku yang tersedia atau malah lesehan.

Beberapa minuman andalan mereka adalah Boho Kopi Putu Menangis (paduan kopi dan pandan), Kopi Boho Gula Aren dan Boho Kopi Biskop. Ingin yang segar? Mereka punya Boho Smoothies rasa stroberi dan bluberi, Teh Es Lemon, Boho Es Matcha dan lain-lain.

Dari kategori makanan yakni Nasi Ayam Karage, Mie Pangsit Ayam, Chicken Wings Korean Spicy, Nachos Bolognaise, Egg Tart Cheese plus Kue Soes. Rentang harga menunya berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp35 ribu.

3. Kopiriolo

5 Kafe Keren di Makassar untuk Kamu Jajal di Akhir PekanSuasana area pengunjung Kopiriolo, salah satu tempat nongkrong di Kota Makassar. (Instagram.com/kopiriolo.id)

Alamat : Jl. Beruang No. 19, Kel. Mamajang Luar, Kec. Mamajang

Waktu buka : Senin-Jumat, 9.00 - 22.00 WITA

Lagi hobi nongkrong di kafe bernuansa klasik? Kopiriolo wajib masuk dalam daftar kamu. Aslinya, bangunannya adalah rumah tua yang dipugar total oleh sang pengelola. Pilihan daun jendela, pintu, furnitur hingga hiasan dinding, semuanya demi mencuatkan suasana 1960-an. Pokoknya, seolah terlempar ke masa lalu deh.

Yang istimewa ada di menu kopi mereka. Kopi lokal bermutu tinggi jadi andalan. Mulai dari Sapan (Toraja), Kahayya (Bulukumba), Manipi (Sinjai) sampai Kalosi (Enrekang). Semua tertuang dalam minuman andalan seperti Kopi Gula Aren, Kopi Susu Jahe Panas dan Kopi Susu. Menu V60 mereka pun terbagi jadi Nusantara dan Sulawesi. Oke, kan?

Lagi lapar? Kopiriolo menyediakan makanan dan camilan tradisional. Sebut saja sanggara balanda, barongko, bayao pannyu, taripang, lemet, songkolo, sop ubi dan lain-lain. Semua menu, baik makanan dan minuman, dihidangkan dalam piring-cangkir jadul. Nostalgic! Banderolnya juga terjangkau, antara Rp5 ribu hingga Rp35 ribu.

4. Mark Trees Cafe

5 Kafe Keren di Makassar untuk Kamu Jajal di Akhir PekanSuasana area pengunjung Mark Trees Cafe, salah satu tempat nongkrong di Kota Makassar. (Instagram.com/marktreescafe)

Alamat : Jl. Gunung Batu Putih No. 2, Kel. Mangkura, Kec. Ujung Pandang

Waktu buka : Setiap hari, 9.00 - 23.00 WITA

Mark Trees sangat unik sebab berkonsep suasana alam, dan sangat sedikit kafe di Makassar yang berani melakukannya. Mulai dari pintu masuk hingga area dalam, beragam jenis tumbuhan menyambut pengunjung. Warna hijau rumput, putih pada dinding dan pemilihan ornamen ala pantai menambah suasana tenang bahwa kafe yang beroperasi sejak 2014 ini. Cocok banget kalau kamu lagi mencari tempat refreshing.

Area pengunjung terbagi menjadi empat. Antara lain semi terbuka dekat pintu masuk yang berkapasitas maksimal 22 orang, area utama yang ditumbuhi pohon, area tertutup untuk kamu kalau datang bareng temen-temen, serta smoking room.

Menu minuman Mark Trees di antaranya Hot Chocolate, Matcha Latte, Black Coffee, English Breakfast, Vanilla Regal, Ice Choco Dinosaur, Mango Juice, Milky Strawberry Jelly, Sunkist Orange dan lain-lain. Dari panas sampai dingin, pokoknya pilih sesuai selera.

Untuk makanan, andalan mereka yakni croffle dengan berbagai varian rasa, Nasi Goreng Hongkong, Roti Bakar Kaya, Ayam Geprek Sambal Matah, Beef Yakiniku, Croissant Braid, Tahu Walik Crispy dan Mac and Cheese. Rentang harga menu antara Rp22 ribu hingga Rp52 ribu.

5. Floom Space

5 Kafe Keren di Makassar untuk Kamu Jajal di Akhir PekanSuasana area pengunjung Floom Space, salah satu tempat nongkrong di Kota Makassar. (Instagram.com/floomspace)

Alamat : Jl. Onta Lama No. 70, Kel. Bonto Biraeng, Kec. Mamajang

Waktu buka : Setiap hari, 10.00 - 21.00 WITA

Sebagai penutup adalah Floom Space, kafe yang sudah beroperasi sejak Juni 2020. Tema industrial dengan kesan unfinished pada dinding dipilih oleh sang pengelola. Kesan langit-langit ekspos pada ruangan utama menambah kesan minimalis. Lagi butuh udara segar? Gak usah khawatir. Tersedia pula ruang terbuka untuk kamu tongkrongi bareng teman-teman atau si dia.

Floom Space belakangan turut menyelenggarakan beberapa acara seni. Area terbuka dipilih sebagai salah satu galeri pameran Makassar Biennale 2021. Pusakata, moniker musisi Muhammad Istiqamah Djamad, juga melakukan penampilan solo di tempat tersebut pada Januari 2022.

Untuk minuman, mereka mengandalkan berbagai olahan kopi. Ada Hot Kopi Sarabba', Ice Coffee Pache, Ice Coffee Rum, Ice Coffee Susu Float dan Ice Americano. Kamu nyari yang bikin adem? Pilih aja Orange Floom, Ice Limoonada serta Ice Green Tea.

Makanannya dijamin enak, manjain lidah yang hobi menyantap kuliner olahan dari laut. Mulai dari Seafood Spaghetti, Fish Mentai, Fishball Satay, Rice Tuna Omelettes, Crispy Shrimp Rice Bowl hingga Tuna Steak. Dengan rentang harta dari Rp25 ribu sampai Rp65 ribu, semuanya siap bikin kamu happy tummy.

Ada yang penasaran ingin kamu kunjungi? Segera susun agenda, ya. Dan jangan lupa cek akun media sosial mereka untuk promo menarik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Takjil di Makassar, Jajanannya Lengkap!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya