Comscore Tracker

Dampak COVID-19, PSM Makassar Tambah Libur bagi Pemain

Pemain Juku Eja dianjurkan berlatih sendiri di rumah

Makassar, IDN Times - PSM Makassar memberlakukan penambahan waktu istirahat bagi seluruh pemainnya. Perpanjangan waktu libur latihan sebagai upaya mencegah penularan virus corona COVID-19.

Media Officer PSM Sulaiman Karim mengatakan, tim sedianya diagendakan kembali menjalani latihan pada Minggu (22/3) besok. Ferdinand Sinaga cs sudah libur sejak Senin (16/3) lalu.

"Imbas corona. Melihat situasi dan perkembangan di Makassar," kata Sulaiman kepada wartawan di grup percakapan WhatsApp, Sabtu (21/3).

Situasi yang disinggung adalah kasus positif terinfeksi virus corona. Hingga Jumat (20/3), pemerintah mengonfirmasi ada dua orang positif di Makassar, salah satunya sudah meninggal.

Baca Juga: Liga 1 Jeda Akibat Corona, PSM Makassar Liburkan Pemain Sementara

1. Libur diperpanjang hingga Rabu mendatang

Dampak COVID-19, PSM Makassar Tambah Libur bagi PemainDok. PSM Makassar/Ahmad Alia

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sebelumnya bersepakat menunda sementara kompetisi sepak bola domestik di musim 2020. Penundaan selama dua pean berlaku, baik level tertinggi Liga 1 hingga Liga 2.

Langkah penundaan diambil untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sejak liga dihentikan sementara, seluruh klub peserta meliburkan sementara pemainnya. Demikian pula PSM. Pemain Juku Eja masih akan libur setidaknya hingga tengah pekan depan.

"Tim masih diliburkan sampai Rabu tanggal (25/3)," ujar Sule, sapaan Sulaiman.

2. Seluruh pemain diimbau agar berlatih secara mandiri

Dampak COVID-19, PSM Makassar Tambah Libur bagi PemainDok. PSM Makassar/Ahmad Alia

Di masa libur panjang ini, pemain PSM diimbau agar tetap menjaga kondisi kesehatan sebaik mungkin. Mereka juga diingatkan untuk tetap latihan fisik seperti biasa, sebagaimana porsi yang diberikan pelatih.

"Jaga kondisi tubuh, diimbau tetap berlatih sendiri-sendiri. Yang paling penting adalah meminimalisir hal-hal yang bisa menyebabkan terpapar virus corona," Sule menerangkan.

3. Libur liga akibat corona ditetapkan sejak awal pekan lalu

Dampak COVID-19, PSM Makassar Tambah Libur bagi PemainPSSI, PT LIB dan klub dari LIga 1 dan Liga 2 dalam rapat di Hotel Fairmont, Senin (16/3). (Dok. PSSI)

Seiring merebaknya COVID-19 di Indonesia, PSSI mengambil sikap untuk turut menekan penyebaran virus tersebut. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengeluarkan keputusan meliburkan Shopee Liga 1 2020 terhitung mulai hari Senin (16/3) lalu.

"Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran virus Corona," ungkap Iriawan di sela-sela acara kick-offLiga 2 di Stadion Batakan Balikpapan, Kalimantan Barat pada hari Sabtu (14/3) kemarin, seperti dilansir oleh laman resmi PSSI.

Usai meladeni perlawanan Barito Putera pada Minggu (15/3) kemarin, PSM Makassar langsung mengambil jeda meliburkan pemain sementara waktu. Agenda libur, awalnya direncanakan manajemen berakhir hingga Jumat (20/3) kemarin.

Namun karena pertimbangan kondisi yang dianggap belum begitu kondusif, perpanjangan libur ditetapkan hingga empat hari ke depan.

Baca Juga: Imbas Virus Corona, PSSI Minta PT LIB Susun Jadwal Baru Liga 1 2020

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya